Wikipedia

Kompas

Tempo

Antara

YouTube

WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOWONGAN: TokohIndonesia.com yang berkantor di Jakarta membuka kesempatan kerja sebagai Account Executive. Lamaran dikirimkan ke sdm at tokohindonesia.com

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com if you CARE

Berita Tokoh Monitor

KPK-Hukum

Bisnis-Entrepreneur

Internet-Social Media

Budaya-Sastra

Mancanegara

Olahraga

Gaya Hidup

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia
Bukan Buku Teks Manajemen Kebanyakan

Teori Manajemen Komprehensif Integralistik


Teori Manajemen Komprehensif Integralistik
Teori Manajemen Komprehensif Integralistik

Buku ini menambah pemahaman kita bahwa rentang ilmu manajemen sangatlah luas, mengikuti perkembangan zaman dan menyentuh berbagai bidang kehidupan.

Saat ini, para manajer dihadapkan pada tantangan yang semakin rumit dengan lingkungan yang sarat ketidakpastian. Pemahaman tentang fungsi-fungsi manajemen yang konvensional tidak lagi memadai dalam menjawab tantangan dan perubahan zaman. Ilmu manajemen bahkan kini sudah melebur dengan ilmu-ilmu lain seperti ilmu kesehatan, teknologi informasi, intelijen, dan sebagainya.

Hal ini mendorong Rektor Universitas Timbul Nusantara, Prof. Dr. Laurence A Manullang, untuk menulis sebuah buku yang bisa mengupas tuntas ilmu manajemen kontemporer dan kontekstual serta adaptif terhadap perubahan zaman. Bukunya berjudul 'Teori Manajemen Komprehensif Integralistik' dan sudah terbit sejak pertengahan tahun 2013 lalu. Selain diisi dengan teori dan referensi, bobot buku manajemen ini diperkuat oleh pengalaman Prof Laurence sebagai seorang pemimpin yang pernah menjadi top executive (Finance Director) di perusahaan multinasional, pemimpin beberapa organisasi kelas dunia, Guru Besar dalam Ilmu Akuntansi, Rektor Perguruan Tinggi dan pengalaman pendidikan strategis intelijen di Lemhannas.

Laiknya buku teori manajemen kebanyakan, Prof Laurence juga menggali perkembangan teori-teori manajemen secara kronologis dalam bab 2 berjudul Teori Manajemen Patah Tumbuh Hilang Berganti. Namun ada beberapa hal yang membuat buku ini berbeda dan menarik bila dibandingkan dengan buku-buku teori manajemen kebanyakan.

Pertama, buku ini meninggalkan pakem buku teori manajemen lama (buku teks) yang mengedepankan empat fungsi manajemen yaitu planning, organizing, actuating, dan controlling. Dalam bukunya, Prof Laurence mengedepankan 7 fungsi manajemen yaitu planning, organizing, staffing, leading, motivating, communicating, dan controlling. Ke tujuh fungsi manajemen ini diulas lengkap dalam bab tersendiri (Bab 3-11).

Kedua, Prof Laurence mengulas teori dan fungsi manajemen dengan pendekatan kontemporer dan kontekstual. Prof Laurence misalnya menganalisis kepemimpinan a la SBY (Presiden Republik Indonesia Keenam (2004-2014)
Presiden Republik Indonesia Keenam (2004-2014)
Susilo Bambang Yudhoyono
) dan pendekatan manajerial a la Menteri BUMN (2011-2014)
Menteri BUMN (2011-2014)
Dahlan Iskan
. Prof Laurence juga memetik pengalaman pemimpin-pemimpin perusahaan dunia seperti Jack Welch (General Electric), Bill Gates (Microsoft), dan sebagainya. Tidak lupa diulas gebrakan-gebrakan yang dibuat oleh pelaku manajerial lewat GE Model, Toyota Way, balanced score card, dan metode Malcolm Baldrige yang sering digunakan perusahaan BUMN.

Prof Laurence mengulas teori dan fungsi manajemen dengan pendekatan kontemporer dan kontekstual. Prof Laurence misalnya menganalisis kepemimpinan a la SBY (Presiden Republik Indonesia Keenam (2004-2014)
Presiden Republik Indonesia Keenam (2004-2014)
Susilo Bambang Yudhoyono
) dan pendekatan manajerial a la Menteri BUMN (2011-2014)
Menteri BUMN (2011-2014)
Dahlan Iskan
. Prof Laurence juga memetik pengalaman pemimpin-pemimpin perusahaan dunia seperti Jack Welch (General Electric), Bill Gates (Microsoft), dan sebagainya.

Biasanya, manajemen strategi disuguhkan hanya sekilas dalam buku-buku teks manajemen. Namun dalam buku ini, Prof Laurence mengupas manajemen strategi lebih mendalam dengan menawarkan beberapa alternatif strategi. Pada Bab 5 berjudul Art of War (Seni Perang), pembaca disuguhkan pengetahuan tentang Tiga Belas (13) pasal Seni Perang Sun Tzu, perkembangan dan paradigma dunia intelijen termasuk kisah para pelakunya, strategi Kaizen dan sebagainya.

Sementara pada Bab 12 diulas strategi manajemen memberantas korupsi. Pembaca bisa mengenal lebih jauh tentang fenomena dan jenis-jenis korupsi serta cara menanggulanginya dari kacamata good governance, reformasi birokrasi, e-government, dan sebagainya. Prof Laurence memandang bahwa strategi manajemen memberantas korupsi perlu sungguh-sungguh dilakukan demi menyongsong suksesnya MPE3I (Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Indonesia 2011-2025). Tidak luput pula proses management information system dan management decision making diulas dalam Bab 12 dan Bab 13.

Hal menarik lainnya ditulis dalam Bab 15 berjudul Management by Proactive. Dalam buku terbitan Salemba Empat ini diuraikan strategi jangka panjang dalam menyiapkan para manajer bahkan sejak mereka masih dalam kandungan ibunya. Prof Laurence mengangkat penelitian yang dilakukan oleh Dr. Stephen Corr Leon untuk disertasi Ph.D-nya berjudul “Why the Jews So Smart?” (Mengapa Yahudi Begitu Pintar?). Terinspirasi dari penelitian Dr. Stephen Corr Leon itu dan kisah Yakub dalam Alkitab, Prof Laurence membuat istilah ‘Jacob Way’ (Jacob’s Formula) sebagai nama strategi dalam Management by Proactive.

Menurut hasil penelitian Dr. Stephen Corr Leon itu, ternyata, bila seorang Lihat Daftar Tokoh Perempuan
Lihat Daftar Tokoh Perempuan
wanita
Yahudi hamil, maka sang ibu segera meningkatkan aktivitas membaca, menyanyi, bermain piano dan mendengarkan musik klasik. Setelah anak lahir, sang ibu lebih banyak makan kacang, korma dan susu. Mereka juga hidup dalam keyakinan bahwa merokok itu tabu. Dalam bab ini juga dicantumkan daftar nama orang-orang Yahudi yang terkenal di dunia.

Buku ini ditutup pada Bab 16 berjudul Management by Care (MBC). Bab ini menekankan pentingnya menjaga kesehatan. Sebagai planner, organisator, staffer, leader, motivator, communicator, controller, dan decision maker, para manajer perlu mengetahui dan mengantisipasi kendala-kendala manajerial dari segi kesehatan. Sedikitnya ada 22 pembunuh manajer di antaranya stres, stroke, hipertensi, jantung, liver, diabetes, kanker, asam urat, nikotin, alkohol, dan sebagainya. Dua puluh dua pembunuh ini diurai lebih lanjut dalam sub judul tersendiri dan diakhiri dengan cara-cara praktis untuk menghindarinya. Prof Laurence menggunakan puluhan sumber/referensi termasuk NEW START yang dipopulerkan oleh Dr. Neil Nedly, MD dalam bukunya How to Reliably Combat Desease and Achieve Health Through Nutrition and Lifestyle.

Meski ditujukan sebagai buku pegangan kuliah untuk mata kuliah manajemen, buku teori manajemen ini sangat cocok untuk berbagai kalangan karena sifatnya yang komprehensif integralistik. Hal lain yang menarik dari buku ini adalah selingan foto-foto kegiatan Prof Laurence di dalam dan luar negeri yang disusun sesuai dengan tema dari bab-bab yang ada. TokohIndonesia.com | cid, red

 

Teori Manajemen: Komprehensif Integralistik

DATA BUKU

  • Judul: Teori Manajemen Komprehensif Integralistik
  • Penulis: Prof. Dr. Laurence A. Manullang, DA
  • Tahun: 2013
  • Penerbit: Salemba Empat
  • ISBN: 978-979-061-401-7
  • Berat: 2.16 kg
  • Ukuran: 19 x 26
  • Halaman: 680 hal

 

HIGHLIGHTS

  • Fungsi manajemen telah berkembang dari empat fungsi menjadi tujuh, yaitu: Planning, Organizing, Staffing, Leading, Motivating, Actuating, dan Controlling dibahas secara panjang lebar. Fungsi manajemen ada empat, yaitu: Planning, Organizing, Actuating, Controlling telah diabadikan di semua buku teks (text books) selama ini.
  • Manajemen telah bergeser dari “doing things right” menjadi “doing the right things”.
  • Badan usaha atau negara harus dilihat sama seperti tumbuh manusia yang terbangun merupakan suatu kesatuan, dan diperlukan manajemen komprehensif integralistik dalam mengelolanya.
  • Setiap orang adalah leader berpikir strategis, memimpin, dan melakukan.
  • Manajemen berfokus pada pelanggan, jadi susunan pelaku harus berorientasi pada pelayanan yang efektif dan efisien.
  • Paradigma pelayanan di pemerintahan harus bergeser dari rasio 65 : 35 (administratif : inovatif) menjadi 30 : 70 (administratif : inovatif) dengan bantuan E-Government.
  • Korupsi memiliki dampak yang sangat signifikan dalam menghambat investasi dan pertumbuhan ekonomi. Kenaikan 2% IPK dapat mendorong investasi 4% dan kenaikan GDP 3,4%. Oleh sebab itu, pemimpin haruslah bisa jadi leader sekaligus manajer yang mampu mendiagnosis, memengaruhi, dan memotivasi orang banyak mencapai hasil kesejahteraan yang ditentukan oleh konstitusi.
  • Demokrasi bisa solid 18 tahun bila GNP per kapita mencapai US$ 6.600 per tahun (p.a).
  • Manajer Genius bisa direncanakan secara genetikal memakai Jacob’s Formula (management by proactive).
  • Menghindari 22 hal pembunuh manajer (management by care).

 

DAFTAR ISI

  • Bab 1 Manajemen
  • Bab 2 Teori Manajemen Patah Tumbuh Hilang Berganti
  • Bab 3 Planning
  • Bab 4 Manajemen Strategis
  • Bab 5 Art of War (Seni Perang)
  • Bab 6 Organizing - Implementasi Strategi
  • Bab 7 Staffing - Implementasi Strategi
  • Bab 8 Motivating - Implementasi Strategi
  • Bab 9 Leading - Implementasi Strategi
  • Bab 10 Communicating - Implementasi Strategi
  • Bab 11 Controlling - Implementasi Strategi
  • Bab 12 Strategi Manajemen Memberantas Korupsi
  • Bab 13 Management Information System
  • Bab 14 Pengambilan Keputusan bagi Manajer (Management Decision Making)
  • Bab 15 Bonus Strategi Jangka Panjang Management by Proactive Jacob’s Formula
  • Bab 16 Management By Care (MBC)

 

FITUR-FITUR BUKU

  • Dilengkapi dengan gambar dan tabel
  • Terdapat kutipan - kutipan dari tokoh-tokoh terkenal, penulis buku, maupun para pemimpin dalam buku Teori Manajemen (Komprehensif Integralistik)

 

SASARAN PEMBACA

Mahasiswa akuntansi manajemen, dosen, eksekutif manajer, para pimpinan


Ditayangkan oleh redaksi  |  Dibuat 28 Jan 2014  |  Pembaharuan terakhir 28 Jan 2014

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Sponsorship

Jika Anda merasa terbantu/senang dengan keberadaan situs ini, mohon dukung kami dengan membeli paket sponsorship. Semua dana yang kami terima akan digunakan untuk memperkuat kemampuan TokohIndonesia.com dalam menyajikan konten yang lebih berkualitas dan dukungan server yang lebih kuat. Dukungan Anda juga memungkinkan kami membuka konten seluas-luasnya kepada publik. Silakan beli paket sponsor dengan aman via paypal (kartu kredit). Bila Anda ingin mentransfer via bank, silakan lihat informasi rekening kami di halaman kontak.

Sponsor Bronze
Sponsor Bronze: US$50
Sponsor Silver
Sponsor Silver: US$250
Sponsor Gold
Sponsor Gold: US$500


Nama para Sponsor akan kami tempatkan di halaman khusus 'Sponsor'. Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi kami via Telp/SMS ke 0852-15333-143 atau e-mail ke sponsor@tokohindonesia.com.
Beri Komentar
 

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: