WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Lebih Lengkap, Lebih Berisi


Lebih Lengkap, Lebih Berisi
e-ti | rpr

Buku yang diluncurkan bertepatan dengan Satu Abad Kebangkitan Nasional, 28 Mei 2008 ini mengulas lengkap sosok Pahlawan Perintis Kemerdekaan Indonesia, Mangaradja Hezekiel Manullang (1887-1979). Buku ini ditulis cukup tebal karena merangkum berbagai sumber informasi baik dari buku asing dan lokal, artikel-artikel di berbagai media hingga wawancara dengan para kerabat MH Manullang.

Tokoh Terkait
Skip TOC

Article Index

  1. Lebih Lengkap, Lebih Berisi current position
  2. Tuan Manullang Malayarkan Perahu

Yang membuat buku ini berbeda dengan buku yang pernah mengulas MH Manullang, adalah penulisannya lebih condong pada perpektif gereja serta digunakannya sumber catatan-harian sang tokoh sendiri dan sumber-sumber lain yang belum pernah digunakan oleh para penulis lain. Selain itu, buku ini juga mendapat apresiasi lewat kata pengantar dari Prof. Dorodjatun Kuntjoro-Jakti (Fakultas Ekonomi Universita Indonesia), Drs. Maddin Sihombing, M.Si, Bupati Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, dan sebagainya.

Buku ini dibagi dalam 10 Bab. Bab 1-2 mengulas kondisi tanah Batak sebelum dan sesudah invasi kaum Padri, masuknya agama Kristen dan kisah hidup ayahanda MH Manullang, Ompu Singal Manullang. Bab 3-4 menceritakan masa-masa pendidikan MH Manullang hingga ke Singapura, menjadi guru di Pulau Jawa dan bergaul dengan para pendiri Syarikat Islam. Bab 5-6 menjadi pusat kisah perjuangannya melawan penjajah Belanda. Ia mendirikan organisasi politik ‘Hatopan Kristen Batak', menerbitkan surat kabar Soeara Batak yang mengecam penindasan penjajah Belanda terhadap rakyat Indonesia.

Bab 7 menceritakan perjalanan hidup MH Manullang setelah dipenjara karena gugatannya terhadap insiden Pansoer Batu di Soeara Batak. Bab 8-9 menceritakan pelayanannya sebagai pendeta dan perjuangannya untuk mewujudkan gereja yang mandiri, lepas dari kontrol dan dominasi orang Eropa pada zaman itu. Ia bersama rekan-rekannya, 1 Mei 1927, mendirikan Huria Christen Batak (HChB) sebagai gereja yang berdiri sendiri. HChB tahun 1950 berubah menjadi HKI (Huria Kristen Indonesia) yang berkantor pusat di Pematang Siantar. Sedangkan Bab 10 lebih bersifat ulasan tambahan untuk memperkuat pengenalan pembaca akan pribadi MH Manullang.

Hasil kerja keras sang penulis buku ini, Dr. PTD. Sihombing, M.Sc., S.Pd sudah sepatutnya kita hargai. Tidaklah mudah menulis kisah seorang tokoh yang sumber-sumbernya tergolong langka dan sulit didapat. Meski sarat kelebihan, buku ini masih kurang bersahabat bagi para pembacanya. Alangkah baiknya, kalau di akhir setiap bab disertakan ringkasan, intisari atau summary dari uraian dalam bab tersebut.

Dengan begitu, pembaca bisa langsung mendapat informasi penting tanpa harus membaca satu bab secara utuh. Selain itu, pada bagian-bagian tertentu dari buku ini masih terdapat alur cerita yang terkesan melompat-lompat sehingga membuat pembaca bingung. Mungkin pada edisi revisi nanti, kisah MH Manullang ini dibuat lebih mengalir dan menyatu sebagai satu kesatuan cerita. Kekurangan yang terakhir dan sayang sekali tidak disertakan dalam buku ini adalah Curiculum Vitae (CV) atau Riwayat Hidup Singkat dari MH Manullang.

Dengan melihat CV atau Riwayat Hidup, pembaca bisa tahu ‘sekaliber' apakah tokoh yang diulas dalam buku ini. Pembaca tidak perlu membaca buku ini secara utuh untuk mengetahui bahwa MH Manullang adalah tokoh perjuangan dari suku Batak yang tidak kalah dengan Lihat Daftar Pahlawan Nasional
Lihat Daftar Pahlawan Nasional
pahlawan
-Lihat Daftar Pahlawan Nasional
Lihat Daftar Pahlawan Nasional
pahlawan
nasional lainnya. Terlepas dari beberapa kekurangannya ini, buku ini layak dibaca dan terpajang dalam rak buku di perpustakaan Anda.

Judul:

Tuan Manullang
Subjudul:Pendeta Mangaradja Hezekiel Manullang
Lihat Daftar Pahlawan Nasional
Lihat Daftar Pahlawan Nasional
pahlawan
Perintis Kemerdekaan Bangsa Indonesia & Pelopor Semangat Kemandirian Gereja di Tanah Batak
Penulis:Dr. PTD. Sihombing, M.Sc., S.Pd
Penerbit:Albert-Orem Ministry bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan
Cetakan:Edisi Pertama, Mei 2008
Halaman:XXXIX + 398 halaman

 

ti/mangatur l paniroy

***TokohIndonesia DotCom (Ensiklopedi Tokoh Indonesia)
 

Page 1 of 2 All Pages

  • «
  •  Prev 
  •  Next 
  • »


Ditayangkan oleh redaksi  |  Dibuat 05 Jun 2008  |  Pembaharuan terakhir 11 Aug 2012
Keluarbiasaan Peninjauan Kembali Jangan Berhenti Membangun Diri

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Majalah Tokoh Indonesia Edisi 42

Tokoh Monitor

Buku Pilihan

thumb

Kontradiksi Radikal yang Memotori Kesuksesan di Pabrikan Terbaik Dunia.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!