WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Sejahtera Petani, Sejahtera Indonesia


Sejahtera Petani, Sejahtera Indonesia
Siswono Yudo Husodo | TokohIndonesia.com - Atur

WAWANCARA SISWONO: Sekitar 51 persen populasi masyarakat Indonesia adalah petani, maka sejahteranya petani adalah sejahteranya Indonesia. Ketua Umum HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia), Dr. (Hc) Ir. Siswono Yudohusodo menegaskan hal itu dalam wawancara dengan Wartawan TokohIndonesia.Com Ch. Robin Simanullang. Menurutnya, bangsa dengan etos ekonomi mandiri tidak membelanjakan devisa yang diperoleh dengan susah payah itu untuk membeli bahan pangan selama produk itu dapat diproduksi sendiri.

Siswono, seorang anak bangsa yang tergolong bersih KKN itu mengatakan negara yang bersemangat membangun masa depan, kebanyakan menggunakan devisanya untuk menambah physical asset dan kegiatan pendidikan, dan tidak menggunakannya untuk konsumsi. Bangsa yang bersemangat mandiri akan meningkatkan produksi sebagai solusi kekurangan kebutuhannya, dan bukan dengan cara gampang mengimpornya.

Kemandirian, katanya, adalah salah satu unsur penting berbangsa yang memberikan kebanggaan pada warga negaranya, dan itulah hal yang sementara ini hilang dari diri kita. Dengan kemandirian itulah eksistensi bangsa dan standar kesejahteraan yang tinggi dari setiap warga negara dapat dijamin pencapaiannya.

Membangun Kemandirian Bangsa juga memiliki arti meningkatkan integritas dan kapabilitas bangsa untuk dapat secara cerdas menentukan pilihan dan mewujudkan cita-cita membangun negara modern"Membangun Kemandirian Bangsa juga memiliki arti meningkatkan integritas dan kapabilitas bangsa untuk dapat secara cerdas menentukan pilihan dan mewujudkan cita-cita membangun negara modern, yang bertumpu pada kemampuannya sendiri, seraya mewujudkan dirinya sebagai bagian dari dunia internasional yang dihormati oleh bangsa dan negara-negara lain. Kemandirian dengan semangat globalisasi dan modernisasi," ujarnya

Berbagai hal dibicarakan dalam wawancara ini, di antaranya tentang kesediaannya dicalonkan pada Pemilu Presiden 2004. Ia mengaku bukan seorang pemimpi. "I'm not a dreamer," ujarnya. Namun dia menegaskan tidak akan bersedia dicalonkan menjadi Presiden bila tidak memiliki peluang.

Juga dibicarakan tentang pentingnya penggalian potensi ekonomi Indonesia di darat dan di laut. Maka, menurutnya, pemerintahan yang akan datang perlu memiliki visi entrepreneurial, bukan hanya presidennya tapi juga anggota kabinetnya, di samping memiliki kemampuan administrasi negara (public administration).

Sebagai bangsa yang paternalistik, menurut Siswono, masalah bangsa kita bisa menjadi sederhana jika hadir pemimpin yang dapat memberi ketauladanan, dan mampu memobilisir potensi yang ada, serta merumuskan langkah yang tepat. Berikut kami sajikan petikan percakapan dengan Dr. (Hc) Ir. Siswono Yudohusodo di rumah kediamannya, Jl. H. Abd. Majid No. 48, Cipete, Jakarta Selatan, Minggu 14 Maret 2004:

M-TI: Anda seorang independen, nonpartisan, profesional tani, Lihat Daftar Tokoh Pengusaha
Lihat Daftar Tokoh Pengusaha
pengusaha
, cukup populer sebagai salah satu tokoh berpengaruh, dan mantan pejabat bersih KKN, apa yang melatar belakangi keinginan Anda menjadi Calon Lihat Daftar Presiden Republik Indonesia
Lihat Daftar Presiden Republik Indonesia
Presiden RI
2004?

SIS (Siswono): Perlu saya klarifikasi bahwa sejak awal saya tidak pernah berambisi untuk menjadi seorang presiden dengan cara mencalonkan diri sendiri. Sikap politik saya bersama banyak kawan-kawan yang lain di MPR dari berbagai golongan beberapa bulan setelah penggantian Presiden Presiden Republik Indonesia Keempat (1999-2001)
Presiden Republik Indonesia Keempat (1999-2001)
Gus Dur
kepada Ibu Megawati Soekarnoputeri, adalah meneliti para tokoh nasional untuk mencari seorang calon presiden yang paling mampu dan paling tepat untuk memimpin negara yang amat saya cintai ini melalui Pemilu 2004. Saya akan mendukung penuh tokoh tersebut, dengan segala akses yang saya punyai, walaupun misalnya tokoh tersebut adalah orang yang secara pribadi paling tidak saya sukai.

Dalam upaya mencari tokoh nasional tersebut, tanpa saya perkirakan sebelumnya, saya menerima banyak sekali pernyataan yang disampaikan oleh perseorangan, para tokoh nasional, kelompok-kelompok masyarakat, organisasi-organisasi sosial kemasyarakatan dan beberapa partai politik baik secara lisan (langsung) dan telpon maupun pernyataan tertulis, SMS, fax dan lain-lain yang menginginkan saya menjadi Lihat Daftar Presiden Republik Indonesia
Lihat Daftar Presiden Republik Indonesia
Presiden RI
melalui Pemilu 2004.

Pernyataan-pernyataan tersebut datang dari berbagai daerah, dari Propinsi NAD, petani-petani di tanah Karo, petani-petani kelapa sawit di Riau, Jambi, tokoh-tokoh masyarakat di Sumatera Selatan, Lampung, Raja Gowa ke-16, dinobatkan pada tahun 1653
Raja Gowa ke-16, dinobatkan pada tahun 1653
Sulawesi Selatan
, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, seluruh propinsi di Jawa, Bali, NTB, Kalimantan Barat, Pemimpin Perang Banjar
Pemimpin Perang Banjar
Kalimantan Selatan
, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, juga tokoh-tokoh masyarakat di Papua.

Sungguh, saya merasa memperoleh kehormatan yang amat tinggi atas berbagai pernyataan itu. Organisasi Sosial Kemasyarakatan yang telah secara terbuka mancalonkan diri saya adalah HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia) dan beberapa organisasi sosial kemasyarakatan lokal. SOKSI dan KOSGORO 1957 juga mencalonkan saya untuk ikut menjadi capres melalui konvensi partai Ketua Dewan Pembina Partai Golkar
Ketua Dewan Pembina Partai Golkar
Golkar
.

Sampai 13 Januari 2004, Partai Sarikat Indonesia (PSI), Partai Politik Peserta Pemilu 2004 secara resmi telah mencalonkan saya sebagai calon presiden. Juga beberapa partai peserta Pemilu 2004 lain yang menominasikan saya sebagai calon presiden di antara calon-calon presiden lainnya seperti Partai Penegak Demokrasi Indonesia (PPDI), PKP Indonesia, PNI Marhaenis dan lain-lain. Selain itu, beberapa partai politik yang tidak lulus verifikasi KPU, juga tetap mendukung saya sebagai capres, yaitu Partai PDKB, PNI-BK 1927, dan Partai Kongres Pekerja Indonesia (PKPI).

Sebagai seorang warga negara biasa, yang kurang dikenal rakyat, saya sungguh menyadari tugas berat yang terbentang di depan saya untuk menjadi seorang calon Presiden. Sejak harus memperkenalkan diri pada para pemilih yang jumlahnya lebih dari 130 juta orang yang tersebar di wilayah yang sangat luas. Terutama tugas berat seorang presiden untuk dapat memenuhi harapan rakyat, mengatasi berbagai persoalan berat yang sedang dihadapi negara kita.

Antara lain berupa ancaman disintegrasi bangsa, tingkat pengangguran yang tinggi, pertumbuhan ekonomi yang relatif rendah, hutang negara yang sangat besar & APBN yang sangat terbatas, maraknya penyelundupan, korupsi dan money politic, maraknya konspirasi pelanggar hukum dengan penguasa, kriminalitas dan terorisme yang menyebar, berkembangnya etnosentrisme, terkurasnya SDA, berkurangnya investasi, meningkatnya impor pangan dan lain-lain. (Bersambung) ?tsl/ht

*** TokohIndonesia.Com (Ensiklopedi Tokoh Indonesia)

 

Page 1 of 5 All Pages

  • «
  •  Prev 
  •  Next 
  • »

Ditayangkan oleh sira  |  Dibuat 14 Mar 2004  |  Pembaharuan terakhir 11 Aug 2012
Mari Lihat Dengan Jernih Saya Satu Satunya Konglomerat Yang Kembali Saat Kerusuhan Mei 1998

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Majalah Tokoh Indonesia Edisi 42

Tokoh Monitor

Buku Pilihan

thumb

Kontradiksi Radikal yang Memotori Kesuksesan di Pabrikan Terbaik Dunia.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: