WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Pakar Tafsir Pejuang Keluarga


Pakar Tafsir Pejuang Keluarga
Roem Rowi | Majalah Tokoh Indonesia 28

Pembaca yang budiman. Nomor ini bisa dianggap sangat spesifik, karena menampilkan seorang pakar tafsir Al Qur'an tamatan Universitas Al Azhar.

Meski tak terlalu relevan dengan kejadian belakangan ini; gelombang protes umat Islam di seluruh dunia, termasuk Indonesia, atas pemuatan 12 kartun yang menghina Nabi Muhammad SAW di sebuah harian Denmark--Prof. DR. Roem Rowi, MA, paling tidak, mengedepankan kehidupan spiritual yang toleran.

Memang telah terjadi aksi protes dan kekerasan di sejumlah negara. Tetapi, Syukur Alhamdulillah, umat Islam Indonesia memperlihatkan sikap yang lebih dewasa lewat demonstrasi-demonstrasi damai di berbagai daerah. MAJALAH TOKOH INDONESIA 28 ? TOKOH UTAMA: Prof Dr HM Roem Rowi, MA, Penyelami Rahasia Al-Qur'an = Membentuk Karakter di Gontor = KISAH HIDUP: Tukang Cuci Piring di Belanda = Bersahaja Ala Mesir = WAWANCARA: Al-Zaytun Patut Dicontoh = Allah Membuat Segalanya Plural = KAPUR SIRIH: Pakar Tafsir Pejuang Keluarga = SURAT: Sultan Ternate Muaffarsyah, dll.Meskipun bangkit kembali di Pakistan dan India, protes semacam itu di Indonesia cepat mereda. Seorang pakar etiket AS memberi nasihat: "Kalau tidak ingin terjadi sesuatu, jangan bicarakan (mencela) agama."

Sosok Roem, seorang pejuang bagi keluarga-ibu, dan sembilan adiknya yang ditinggalkan oleh ayahnya ketika mereka masih kecil. Roem harus pulang ke Indonesia setelah menyelesaikan program S-2-nya. Sepulang dari Kairo tahun 1974, dia harus mengajar di IAIN Sunan Ampel, Surabaya, mengumpulkan uang untuk mengentas pendidikan adik-adiknya agar mereka mandiri.

Setelah berjuang untuk keluarganya, Roem kembali ke Universitas Al Azhar tahun 1987, meraih gelar doktor tafsir Al Qur'an, tahun 1989. Roem kembali mengajar di IAIN Sunan Ampel, tetapi malah dipindahkan dari Ketua Jurusan Fiqih ke Adab (sastra Arab). Tahun 1994, Roem dipercaya memimpin program S-2 (Fiqih) sampai tahun 2005. Namun dia masih mengajar Ilmu Fiqih pada program S-2.

Roem, anggota Dewan Pertimbangan MUI Pusat, sahabat kental Syaykh Al Zaytun AS Panji Gumilang, ketika bersama-sama menempuh pendidikan di Pondok Pesantren Gontor, Jombang Jawa Timur. Roem juga bergerak di dunia pendidikan; menjabat Ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Al Hikmah yang menyelenggarakan sekolah sehari penuh (full one day) dari tingkat TK sampai SLTA di Waru, Surabaya.

Pembaca tentu bertanya: Apa alasan Tokoh Indonesia menampilkan Roem Rowi? Pertimbangannya; kepakaran dan kesahajaan Roem bisa menjadi model bagi pengembangan kehidupan spiritual yang belakangan ini tergerus oleh kehidupan material (kebendaan).

Pernah ketika mengajar mata kuliah khusus, Roem dihadapkan dengan sebuah pertanyaan aneh dari seorang mahasiswa S-2-nya. Roem agak tersentak tatkala sang mahasiswa tersebut menyampaikan pendapat dan keyakinannya; Al-Qur'an bukan lagi kitab suci, hanya karena alasan; tidak sistematik dan banyak sekali pengulangan.

Masih penasaran, Roem menjawab: "Menurut Anda, sistematik itu adalah bab satu, dua, tiga dan seterusnya, kesimpulan, saran-saran, dan daftar pustaka. Kalau sistematika Al-Quran harus begitu, berarti Anda meminta Allah SWT belajar pada Anda." Mahasiswa itu pun terheran-heran. Maka tak salah jika kami menggelarinya: Pakar Penyelami Rahasia Al Quran. Jakarta, Maret 2006 * Redaksi ? Kapur Sirih, Majalah Tokoh Indonesia 28


Ditayangkan oleh cross  |  Dibuat 01 Mar 2006  |  Pembaharuan terakhir 11 Aug 2012
Strategi Pembagunan Berbasis Sumberdaya Lokal Nilai Tambah Sda Untuk Kesejahteraan Rakyat

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Tito Karnavian

Tokoh Monitor

Buku Pilihan

thumb
Pemikiran Islam di Kanvas Peradaban.
KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: