WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Pengusaha Negarawan


Pengusaha Negarawan
e-ti

Pembaca yang budiman! Apakah seorang pengusaha memungkinkan disebut negarawan? Pertanyaan ini dimunculkan sehubungan anggapan yang mengemuka di tengah masyarakat bahwa hanya para pejabat negaralah yang layak disebut negarawan. Sementara para pengusaha hanya dipandang sebagai orang-orang yang mencari keuntungan yang sebesar-besarnya. Mereka, para pengusaha, itu nyaris tak pernah dipandang sebagai warga negara yang berjasa dan berbakti kepada kepentingan rakyat, bangsa dan negara.

Padahal pengusaha sangat berjasa dalam membangun ekonomi bangsa, kemandirian bangsa, terutama dalam membuka lapangan kerja. Bahkan ada banyak pengusaha Indonesia yang bersikap dan bertindak sebagai negarawan yang meletakkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan bisnisnya. Walaupun hal ini sering kali sulit mengemuka akibat tersumbatnya kesempatan bagi pengusaha untuk terlibat langsung dalam proses pengambilan keputusan.

Reformasi, memang, telah membuka kesempatan dan melahirkan beberapa politisi yang berlatar belakang pengusaha. Umumnya mereka ingin mengabdikan diri melalui lingkaran kekuasaan (pengambil keputusan, baik di legislatif maupun eksekutif) yang sebelumnya sangat sulit mereka jangkau.

Walaupun tidak semua politisi yang berlatar belakang pengusaha itu bertujuan murni mengabdikan diri demi kepentingan rakyat, bangsa dan negara, melainkan demi kepentingannya sendiri. Kelompok terakhir ini, tetap berorientasi profit dalam posisinya sebagai politisi. Bahkan tidak jarang, sejak semula, telah bermaksud (motivasi) memanfaatkan posisinya di lingkaran kekuasaan untuk mendukung bisnisnya, mencari keuntungan sebesar-besarnya. Tanpa peduli pada kepentingan publik. Mereka tergolong pengusaha hitam, sama buruknya dengan pejabat negara yang korup.

Namun, kita tidak sedang membahas pengusaha hitam atau pejabat yang korup. Melainkan kita ingin membuka mata dan hati untuk melihat betapa berjasanya para pengusaha dalam proses pembangunan bangsa dan negara ini. Bisakah kita bayangkan bagaimana jadinya bangsa ini tanpa peran aktif para pengusaha?

Pertanyaan ini, salah satunya, telah mendorong kami untuk menyajikan sosok seorang pengusaha sukses yang ingin lebih mengabdikan diri dengan turun gunung ke dunia politik, sebagai bagian dari elit pengambil keputusan. Sebab, dengan masuk dalam jalur politik (proses pengambilan keputusan) akan lebih mudah untuk mewujudkan pengabdiannya kepada rakyat, bangsa dan negara.

Pengusaha dimaksud adalah HM Aksa Mahmud, pendiri kelompok usaha Bosowa. Aksa hanyalah salah seorang dari sejumlah pengusaha yang tidak sekadar mencari keuntungan perusahaannya, melainkan juga demi kepentingan rakyat dan bangsanya.

Dia seorang pengusaha pejuang yang kemudian bertekad mengabdi sebagai politisi negarawan. Setelah berjuang dengan kerja keras membangun imperium bisnis Bosowa Group, HM Aksa Mahmud, bertekad mengabdikan diri sebagai negarawan, baik dalam posisi politisi sebagai Anggota DPD (Dewan Perwakilan Daerah) dari Sulawesi Selatan maupun pejabat lembaga tinggi Negara sebagai wakil Ketua MPR (Majelis Permusyawaratan Rakyat) periode 2004-2009, serta dalam posisi pelayan sosial sebagai filantropi melalui beberapa yayasan yang didirikannya. Tentu saja, Aksa bukanlah manusia sempurna. Dia juga manusia biasa yang juga punya kelebihan dan kekurangan.

Demikian pembaca! Selamat membaca! Redaksi  mti

*** TokohIndonesia DotCom (Ensiklopedi Tokoh Indonesia)


Ditayangkan oleh redaksi  |  Dibuat 27 Mar 2007  |  Pembaharuan terakhir 11 Aug 2012
Parpol Dua Koalisi Saja Kekuatan Moral

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Tito Karnavian

Tokoh Monitor

Buku Pilihan

thumb

Dengan membaca buku ini, Anda diajak untuk selalu merenungi, mengintrospeksi, dan memperbaiki diri sendiri untuk kemudian hijrah menuju pribadi yang lebih manusiawi.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: