WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Pemimpin Kereta Api


Pemimpin Kereta Api
Soemino | Majalah Tokoh Indonesia 32

Salah satu kebijakan pemerintahan Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono dan Wapres Jusuf Kala (Kabinet Indonesia Bersatu) yang amat strategis dan langsung menyentuh kebutuhan rakyat banyak adalah perhatiannya yang serius membenahi perkeretaapian. Kebijakan itu diawali secara strategis dengan membentuk Direktorat Jenderal Perkeretaapian, Departemen Perhubungan. Hatta Rajasa yang dipercayakan menakhodai Dephub itu adalah menteri yang dengan cepat melihat urgensi pembentukan Ditjen Perkeretaapian itu serta memilih orang yang tepat pula memimpinnya.

Berbagai pihak menilai Menhub Ir H Menko Perekonomian (2009-2014)
Menko Perekonomian (2009-2014)
Hatta Rajasa
sangat jeli memilih Ir H Soemino Eko Saputro, MM, memimpin Direktorat Jenderal Perkeretaapian itu. Soemino is the right man on the right place (figur yang tepat di tempat yang tepat). Sebab, sedari awal—tak lama setelah memegang ijazah insinyur sipil di ITS Surabaya—Soemino menjatuhkan pilihan pada Perum Kereta Api. Majalah Digital Tokoh Indonesia
Majalah Digital Tokoh Indonesia
Majalah Tokoh Indonesia
32 ? TOKOH UTAMA: Soemino Dirjen yang Tak Pernah Tidur = Memilih Kereta Api, Bukan Pertamina = Ini Medan Bung! = ‘Tak Pernah Tidur' di Padang = Masa Jaya Kereta Api = ‘Diparkir' dan Jualan Nasi = Dirjen KA Pertama ? Lihat Daftar Tokoh Pengusaha
Lihat Daftar Tokoh Pengusaha
bisnis
: Cyber Hair Youth Salon ? KISAH HIDUP: Anak Petani dari Delanggu = Pecinta Gatotkoco ? WAWANCARA: Inginkan KA Unggulan Transportasi Massal ? PERSPEKTIF: Revitalisasi Kereta Api = KA Perkotaan, Bandara Soetta, Antarkota dan Barang = Keselamatan Angkutan KA = KA Tulang Punggung Angkutan Darat ? SEJARAH: Sejarah Perkeretaapian Indonesia ? IN HEADNEWS: Menhub Menko Perekonomian (2009-2014)
Menko Perekonomian (2009-2014)
Hatta Rajasa
: Buka Pintu Masuk Swasta dan Pemda dalam Lihat Daftar Tokoh Pengusaha
Lihat Daftar Tokoh Pengusaha
bisnis
KA ? KAPUR SIRIH: Pemimpin Kereta Api ? SURAT: Belajar dari Pejuang
Walaupun saat itu, dia masih mempunyai dua pilihan yang ‘lebih' menggiurkan, di PT Pertamina dan PT Semen Gresik.

Sekali menjatuhkan pilihan, Soemino mengabdi all out (habis-habisan) pada tugas yang dipercayakan kepadanya. Dia siaga 24 jam sehari, hampir tak pernah tidur, dalam bekerja menangani permasalahan yang muncul di lapangan. Sampai dia menjabat Lihat Daftar Direktur
Lihat Daftar Direktur
Direktur
Utama Perum KA dengan prestasi terbaik, sejak perusahaan jasa angkutan massal itu ditangani republik.

Kepemimpinan Soemino berhasil mengangkat kembali citra sarana angkutan milik negara itu dari titik nadir. Dia memba-ngun kereta api sebagai pelayan jasa angkutan massal, mulai rakyat jelata sampai kalangan VIP (very important person). Sayang, Soemino keburu diganti sebagai Dirut Perum KA, sebelum misinya rampung. Dia pun sempat ‘diparkir' di Dephub.

Dulu, jasa angkutan darat peninggalan Belanda itu, menjadi alat angkut primadona yang biasa digunakan oleh para bangsawan dan petinggi penjajah ketika mereka bepergian. Peranan kereta api masih cukup penting pada masa revolusi dan awal kemerdekaan. Masuk era 1960-an, peranan kereta api sebagai sarana angkutan penumpang dan barang, surut sedikit demi sedikit, tersisih oleh bus, truk dan pesawat terbang. Kereta api mulai ditinggalkan karena citranya identik dengan sarana angkutan rakyat jelata akibat prasarana dan sarana serta pelayanannya makin merosot.

Kini, setelah Soemino dipercayakan kembali mengurusi perkeretaapian, dalam jabatan yang lebih strategis, sebagai Lihat Daftar Direktur
Lihat Daftar Direktur
Direktur
Jenderal yang pertama, dia pun bekerja secara cekatan, kreatif, inovatif dan hampir tak kenal lelah. Dia kembali siaga 24 jam untuk membenahi perkeretaapian Indonesia. Grand Strategy Perkeretaapian Indonesia pun dirampungkan dengan cepat dan komprehensif.

Dengan dukungan Menhub dan pemerintah, Soemino bertekad menjadikan kereta api sebagai alat transportasi massal andalan. Awal tahun depan, sebagian dari programnya sudah akan bisa dinikmati oleh pengguna jasa kereta api, antara lain KRL ber-AC dengan tiket elektronik di Jabodetabek.

Itulah yang mendorong kami, menyajikan perjalanan hidup dan karirnya dalam Web Site dan Majalah Digital Tokoh Indonesia
Majalah Digital Tokoh Indonesia
Majalah Tokoh Indonesia
secara lengkap, di bawah judul utama: Dirjen (Pemimpin) yang Tak Pernah Tidur. Barangkali terminologi ini bisa dianggap berlebihan. Tetapi jika disimak fakta dan maknanya, barangkali akan dipahami ketepatan julukan itu. Jakarta, September 2006 * Redaksi ? Kapur Sirih, Majalah Digital Tokoh Indonesia
Majalah Digital Tokoh Indonesia
Majalah Tokoh Indonesia
32


Ditayangkan oleh cross  |  Dibuat 10 Sep 2006  |  Pembaharuan terakhir 11 Aug 2012
Seolah Saya Ini Orang Paling Jahat Politisi Abdi Negara

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Majalah Tokoh Indonesia Edisi 43

Tokoh Monitor

Jual Buku Al-Zaytun Sumber Inspirasi

Buku Pilihan

thumb

Dalam buku ini, Mien R. Uno memaparkan kiat-kiat awet mudanya, yang menurutnya bukanlah hal yang istimewa dan perlu dirahasiakan bahkan banyak dari kiat-kiat tersebut telah kita ketahui, hanya saja kita mengabaikannya seperti selalu bersyukur, berpikir positif, dan menjaga kesehatan.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: