WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Bobot Kepemimpinan


Bobot Kepemimpinan
Syaukani HR | Majalah Tokoh Indonesia 29

Siapakah yang layak disebut tokoh Indonesia dan apa kriterianya? Pertanyaan ini sering kami terima dari berbagai kalangan. Termasuk pertanyaan klise dari para tokoh: "Apakah saya sudah layak disebut tokoh Indonesia?" Jawaban kami sederhana: Tokoh Indonesia itu ialah semua pemimpin formal dan informal Indonesia tanpa pembatasan tingkatan. Sebab seorang kolonel bisa mengukir prestasi yang oleh seorang jenderal belum tentu bisa (pernah) melakukannya.

Tokoh Terkait

Maka, seandainya pun misalnya dilakukan pembatasan, pasti tidak dilihat dari tinggi rendahnya jabatan, melainkan lebih kepada bobot kepemimpinan atau keahliannya yang dilihat dari berbagai aspek: visi, wawasan, kreatifitas, prestasi, keberhasilan, kemampuan menghadapi tantangan dan lain-lain.

Berkaitan dengan itu, berdasarkan pengalaman kami, seorang pejabat, profesional, manajer atau pengusaha yang tidak punya bobot kepemimpinan atau keahlian, cenderung tidak punya nyali untuk kami wawancara. MAJALAH TOKOH INDONESIA 29 ? TOKOH UTAMA: Syaukani Hasan Rais: Berkapasitas Kepemimpinan Nasional = Profesor Pertama dari PTS Bumi Etam = Dilahirkan Sebagai Pemimpin = Pemimpin Seteguh Batu Karang ? WAWANCARA: Daerah Kuat, NKRI Kukuh ? DEPTHNEWS: Keagungan Kutai Kartanegara ? PERSPEKTIF: Gerbang Dayaku Menuju Kutai Emas = Kutai Kartanegara ‘Emas' Bagi Investor ? PARIWISATA: Kukar, Surga Bagi Wisatawan ? BUDAYA: Kekayaan Budaya Dayak dan Kutai = Kesultanan Kutai Kartanegara ? PENDIDIKAN: Unikarta Lahirkan Profesor ? LEGISLATIF: Bachtiar Effendi: Mengubah Budaya ‘Penonton' = DPRD Kutai Kartanegara = Profil Anggota DPRD Kukar 04-09 ? IN HEADNEWS: APBD Kukar 2006 Rp 3,795 Triliun ? KAPUR SIRIH: Bobot Kepemimpinan ? BERITA: Deklarasi Sempekat Keroan Kutai = Peringatan Maulid Nabi di Kukar.Apalagi jika seseorang pejabat atau manejer itu hanya berkemampuan mengikuti prosedur standar operasi yang sudah baku dalam bidangnya, dia akan cenderung berlindung di balik prosedur itu.

Sebagai gambaran, ada seorang Dirjen yang membalas surat kami menyatakan belum pantas disebut tokoh dengan tembusan surat kepada menterinya. Bagi kami, Sang Dirjen, itu justru sedang menunjukkan siapa dirinya. Pasti dia bukan Dirjen yang berbobot! (Terutama terlihat dari tembusan suratnya itu, lho!) Padahal, menurut hemat kami, profil semua pejabat publik dalam semua tingkatan, wajib dikenal publik. Halmana sarananya, secara khusus kami sediakan di majalah ini terutama di website TokohIndonesia DotCom.

Sehingga publik tahu sejauh mana bobot kepemimpinan (dalam arti luas) seseorang itu. Dan manakala ditanya, siapa dan pemimpin seperti apakah yang dibutuhkan saat ini, publik bisa mengapresiasinya dengan baik, sekaligus menentukan pilihan.

Berkaitan secara langsung atau tidak langsung dengan hal itu, kali ini, untuk pertama kali, kami menampilkan profil seorang bupati. Prof Dr H Syaukani HR, SE, MM, Bupati Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Setelah mewawancarai dan meninjau daerahnya dalam beberapa hari, kami mengapresiasinya sebagai seorang bupati yang berkapasitas dan berwawasan kepemimpinan tingkat nasional.

Kepemimpinannya jauh melampaui tantangan tugasnya sebagai bupati. Dia bupati yang punya visi besar, jelas dan berani serta mampu mengimplementasikannya, yang oleh seorang gubernur, menteri bahkan presiden, belum tentu memiliki kemampuan melakukannya. Dia pemimpin berkarakter seteguh batu karang, berpengabdian laksana lilin dan memiliki integritas bak lebah.

Kami melihat, sosok pemimpin nasional seperti dia sangat dibutuhkan, terutama pada masa ‘gonjang-ganjing' belakangan ini. Pemimpin yang mampu merumuskan realita multidimensi bangsanya secara akurat, serta memilih dan mengartikulasikan visi dan misi yang mampu menjawab penderitaan dan harapan rakyat. Berani membuka telinga dan mata hati, berani bertindak, tanpa ragu-ragu, kendati menghadapi perlawanan. Karena dia yakin apa yang dilakukannya memang untuk kepentingan rakyat, bangsa dan negara. Jakarta, Mei 2006 * Redaksi ? Kapur Sirih, Majalah Tokoh Indonesia 29


Ditayangkan oleh cross  |  Dibuat 18 May 2006  |  Pembaharuan terakhir 11 Aug 2012
Bibit Permasalahan Papua Parpol Dua Koalisi Saja

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Tito Karnavian

Tokoh Monitor

Jual Buku-buku Pilihan

Buku Pilihan

thumb

Inilah buku yang siap memandu Anda menjadi dokter anak di rumah Anda sendiri. Di dalamnya, dipaparkan segudang informasi tentang bagaimana menangani penyakit yang kerap menyerang anak, seperti flu, demam, batuk, DBD, diare, cacar air, campak, dan lain-lain.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: