WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Sang Pemimpin Bangsa


Sang Pemimpin Bangsa
Zaenal Soedjais | Majalah Tokoh Indonesia 12

Suwardi Suryaningrat atau lebih terkenal sebagai Ki Hajar Dewantara, lahir di Yogyakarta 2 Mei 1889, pendiri Taman Siswa pada tanggal 3 Juli 1922, Bapak Pendidikan Nasional yang kemudian hari kelahirannya 2 Mei ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), mengajarkan kepemimpinan kepada bangsa untuk tut wuri handayani, ing madyo mangun karso, dan ing ngarso sung tulodo. Artinya, kepemimpinan itu di belakang memberi dorongan, di tengah membangun prakarsa, dan di depan memberi teladan.

Mantan Presiden RI, KH Abdurrahman Wahid menyebutkan arti seorang pemimpin bagi Islam, dia adalah pejabat yang bertanggungjawab tentang penegakan perintah-perintah Islam dan mencegah larangan-larangan-Nya, atau, Amar Ma'ruf Nahi Munkar.

Seorang pemimpin, seperti halnya Gajah Mada, George Washington, Mahatma Gandhi, Napoleon Bonaparte, Billy Graham, Martin Luther King Jr, dan sederet nama lain memiliki tugas, kewajiban dan tanggungjawab bukan hanya berpikir tentang hak mereka sebagai pemimpin. Pemimpin disebut cakap dan luar biasa bila dia tidak sekedar memiliki visi dan melaksanakan visinya. Melainkan, ini yang terutama, dia bisa mengimpartasikan visinya itu kepada orang lain.

MAJALAH TOKOH INDONESIA 12 ? TOKOH UTAMA: Zaenal Soedjais, CEO Bermata Elang = Bangun Komunitas Masyarakat Baru = Kiat Kendalikan "Si Jumbo" Pusri ?DEPTHNEWS: Adu Janji Para Capres-Cawapres = Wiranto-Wahid = Mega-Hasyim = Amien Siswono = Susilo-Kalla = Hamazah-Agum ?TOKOH PILIHAN: Franz Magnis-Suseno SJ ?SELEBRITI = Deddy Mizwar ?KAPUR SIRIH: Sang Pemimpin Bangsa ?SURAT: Panji Gumilang dst. Kali ini kami mengapresiasi proses penampilan pemimpin bangsa melalui Pemilu Presiden 2004 yang menawarkan lima pasangan capres-cawapres. Referensi kepemimpinan di muka kata sekapur sirih ini kami maksudkan untuk memperkaya pemahaman kita akan pemimpin yang hendak dipilih. Inilah kesempatan pertama rakyat Indonesia memilih langsung pemimpinnya. Ini adalah sebuah nikmat yang Tuhan karuniakan kepada bangsa. Karena itu kali ini layak disebut suara rakyat adalah suara Tuhan.

Siapapun pemimpin yang nanti akan terpilih dia adalah pemimpin yang kita pilih, dialah pemimpin yang nanti akan kita urapi. Sebaliknya, pemimpin itulah nanti yang akan menyampaikan visi Tuhan kepada bani Indonesia. Dialah yang akan menerjemahkan dan mewujudkan apa rencana Tuhan atas Indonesia. Yaitu rencana damai sejahtera.

Sebagai tokoh utama, kali ini kami mengangkat Zaenal Soedjais, dia adalah chief executive officer PT Pupuk Sriwijaya Palembang membawahi banyak anak perusahaan. Berlatar pendidikan sarjana akuntansi dan manajemen bisnis, Zaenal Soejais kami sebut "Sang CEO Bermata Elang" karena kejeliannya memimpin perusahaan raksasa sekelas PT Pusri. Sebagai CEO bak seekor elang, Zaenal Soedjais sangat menyukai tantangan dan bahaya, dan kreatif mewujudkan visi dan misinya membangun komunitas yang sehat.

Kami menampilkan Prof. Dr. Franz Magnis-Suseno, SJ seorang "Kasman" atau bekas Jerman, kini Direktur Program Pasca Sarjana STF Driyarkara, sebagai tokoh pilihan. Jakarta, Juli 2004 *Redaksi Kapur Sirih, Majalah Tokoh Indonesia 12

*** TokohIndonesia DotCom (Ensiklopedi Tokoh Indonesia)


Ditayangkan oleh cross  |  Dibuat 01 Jul 2004  |  Pembaharuan terakhir 11 Aug 2012
Tidak Mudah Jadi Presiden Jadi Wartawan Enakkah

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Tito Karnavian

Tokoh Monitor

Jual Buku Sutiyoso Sang Pemimpin

Buku Pilihan

thumb

Buku ini memuat delapan cerita rakyat yang berasal dari negara-negara Arab. Cara penyajiannya menarik dan sederhana sehingga dinikmati tak hanya anak-anak tetapi guru dan orang tua.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: