WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Bangsa Maritim


Bangsa Maritim
Rokhmin Dahuri | Majalah Tokoh Indonesia 07

Sudah lama bangsa ini hidup terlena di darat. Orientasi kegiatan dan pembangunan terkonsentrasi di darat. Padahal sejak doeloe bangsa ini tahu bahwa negerinya yang disebut tanah-air justru lebih luas lautan daripada daratan. Dua per tiga wilayah Indonesia berupa laut dengan panjang garis pantai sekitar 81.000 km dan terdiri dari sekitar 17.506 pulau.

Tokoh Terkait

Daftar Publikasi
 
Daftar Publikasi
 

Apalagi, sesungguhnya bukti historis juga menunjukkan bahwa sejak kerajaan Sriwijaya (683 M-1030 M) bangsa ini telah menampakkan eksistensinya sebagai bangsa maritim, walaupun masih terbatas pada pemanfaatan laut sebagai sarana penghubung antarpulau maupun antarnegara.

Kesadaran yang tinggi tentang eksistensi dan kedaulatan bangsa maritim mencuat mencapai puncak ketika Perdana Lihat Daftar Menteri
Lihat Daftar Menteri
Menteri
Ir. Djoeanda, mendeklarasikan kepada dunia bahwa laut Indonesia adalah termasuk laut di sekitar, di antara, dan di dalam Kepulauan Indonesia, yang dikenal sebagai "Deklarasi Djoeanda" pada 13 Desember 1957. Deklarasi Indonesia sebagai Archipelagic State ini setelah melalui perjuangan panjang, akhirnya diterima dan ditetapkan di dalam konvensi hukum laut PBB (UNCLOS, 1982).

Namun, anehnya, setelah itu bangsa ini seperti menelantarkan potensinya sebagai negara kepulauan itu. Kekayaan yang terkandung di laut dan sepanjang garis pantai tak termanfaatkan dengan semestinya. Bahkan bangsa asing begitu leluasa menjarah ikan dan kekayan laut dan pulau-pulau kecil Indonesia. Pulau Sipadan dan Ligitan pun terlepas dari pangkuan ibu pertiwi. Sementara nelayan-nelayan kita pun terpinggirkan dan terbelenggu dalam kemiskinan.

Syukur, reformasi membuahkan peningkatan kesadaran bangsa ini atas eksistensi jati dirinya sebagai bangsa maritim. Ditandai dengan lahirnya Departemen Kelautan dan Perikanan dan ditetapkannya Hari Nusantara 13 Desember. Adalah Presiden KH. Presiden Republik Indonesia Keempat (1999-2001)
Presiden Republik Indonesia Keempat (1999-2001)
Abdurrahman Wahid
pada tahun 1999 yang pertama kali mencanangkannya dan kemudian, Presiden Presiden Republik Indonesia Kelima (2001-2004)
Presiden Republik Indonesia Kelima (2001-2004)
Megawati Soekarnoputri
menetapkannya melalui Surat Keputusan Presiden Nomor 126 Tahun 2001, tertanggal 11 Desember 2001 bahwa tanggal 13 Desember dinyatakan sebagai Hari Nusantara, dan resmi sebagai hari perayaan Nasional.

Majalah Digital Tokoh Indonesia
Majalah Digital Tokoh Indonesia
Majalah Tokoh Indonesia
07 TOKOH UTAMA: Menteri Kelautan dan Perikanan RI (2001-2004)
Menteri Kelautan dan Perikanan RI (2001-2004)
Rokhmin Dahuri
= TOKOH MAESTRO: Proklamator, Presiden Republik Indonesia Pertama (1945-1966)
Proklamator, Presiden Republik Indonesia Pertama (1945-1966)
Bung Karno
, Berdikari = SANG JUARA: Pemain Bulutangkis Pelatnas (1971-1986)
Pemain Bulutangkis Pelatnas (1971-1986)
Christian Hadinata
= TOKOH PILIHAN: Jaya Suprana = SELEBRITI: Arnold Schwarzene-gger dan Produser dan sutradara film
Produser dan sutradara film
Mira Lesmana
= WAWANCARA: Menteri Kelautan dan Perikanan RI (2001-2004)
Menteri Kelautan dan Perikanan RI (2001-2004)
Rokhmin Dahuri
= TOKOH DUNIA: Gloria Macapagal-Arroyo.
Kini perhatian mulai dipusatkan ke arah potensi kelautan Nusantara. Presiden Presiden Republik Indonesia Kelima (2001-2004)
Presiden Republik Indonesia Kelima (2001-2004)
Megawati Soekarnoputri
mencanangkan Gerbang Mina Bahari, di Teluk Tomini, 11 Oktober 2003 lalu. Gerakan Nasional Pembangunan Kelautan dan Perikanan, ini diharapkan mampu mempersatukan seluruh komponen bangsa untuk mendayagunakan sumberdaya kelautan dan perikanan bagi kemajuan, kemakmuran dan kemandirian bangsa ini.

Sehingga tak berlebihan bila hal ini disebut menjadi trade mark keberhasilan Presiden Republik Indonesia Kelima (2001-2004)
Presiden Republik Indonesia Kelima (2001-2004)
Kabinet Gotong Royong
. Depatemen Kelautan dan Perikanan diharapkan sebagai armada pengendali, penggerak dan pelaksana utama. Departemen ini dinakhodai seorang yang berkompeten di bidangnya. Orang yang sepanjang hidup dan keahliannya menyatu dengan kelautan. Dia, Menteri Kelautan dan Perikanan RI (2001-2004)
Menteri Kelautan dan Perikanan RI (2001-2004)
Rokhmin Dahuri
yang pantas digelari sebagai ‘pejuang kelautan dan perikanan' yang profil dan pemikirannya kami tampilkan pada edisi ini. Jakarta, Desember 2003 *Redaksi Kapur Sirih, Majalah Digital Tokoh Indonesia
Majalah Digital Tokoh Indonesia
Majalah Tokoh Indonesia
Edisi 07


Ditayangkan oleh cross  |  Dibuat 01 Dec 2003  |  Pembaharuan terakhir 11 Aug 2012
Tokoh Negarawan Kembalikan Fungsi Mpr

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Majalah Tokoh Indonesia Edisi 43

Tokoh Monitor

Buku Pilihan

thumb

Apakah kamu pencinta wisata kuliner yang rindu akan makanan khas daerah asal? Atau mungkin kamu ingin merasakan berbagai makanan khas daerah Nusantara?

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: