WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Tantangan bagi KSAD Baru


Tantangan bagi KSAD Baru
Kiki Syahnakri | © TokohIndonesia.com | AG

Oleh Letjen TNI (Purn) Kiki Syahnakri | Kendati ada kerikil politis pada pengangkatan Pramono Edhie, kini secara legal-formal ia telah jadi KSAD. Maka, seyogianya semua pihak—tanpa mengurangi sikap kritis-korektif—dapat menerima keputusan itu dengan jiwa besar serta mendukungnya sepanjang ia berada dalam garis Sapta Marga dan Sumpah Prajurit. Ini demi KSAD baru itu dapat melaksanakan tugasnya dengan maksimal demi kepentingan TNI, bangsa, dan negara.

Spekulasi yang cukup lama beredar tentang siapa yang akan menjadi KSAD menggantikan Jenderal George Toisutta akhirnya terjawab dengan dilantiknya Letjen Kepala Staf TNI-AD
Kepala Staf TNI-AD
Pramono Edhie Wibowo
pada Kamis, 30 Juni lalu. Sebenarnya pengangkatan ini sudah diperkirakan banyak kalangan: Pramono Edhie ada kaitan dengan Presiden Presiden Republik Indonesia Keenam (2004-2014)
Presiden Republik Indonesia Keenam (2004-2014)
Susilo Bambang Yudhoyono
. Namun, tak sedikit pula yang semula memprediksi—termasuk saya sendiri—bahwa demi citra, SBY tidak akan mengangkat adik iparnya sebagai KSAD.

Opini Publik

Berbagai opini telah muncul. Mulai dari tanggapan positif, tuntutan agar KSAD baru menuntaskan masalah hak asasi manusia dan Lihat Daftar Tokoh Pengusaha
Lihat Daftar Tokoh Pengusaha
bisnis
TNI sampai dengan tuduhan nepotisme. Rupanya masih besar perhatian publik terhadap TNI, khususnya TNI AD. Ini juga sinyal positif dalam berdemokrasi sepanjang tanggapan itu berada dalam apa yang disebut Samuel Huntington sebagai "koridor kontrol sipil obyektif" serta tak memasuki ranah kewenangan teknis dan otonomi militer.

Apa pun tanggapan yang dilontarkan para Lihat Daftar Aktivis
Lihat Daftar Aktivis
Aktivis
, Lihat Daftar Tokoh Politisi
Lihat Daftar Tokoh Politisi
politisi
, ataupun kaum intelektual, sesungguhnya Pramono Edhie memang seorang prajurit lapangan yang cukup andal dan berkarakter.

Apa pun tanggapan yang dilontarkan para Lihat Daftar Aktivis
Lihat Daftar Aktivis
Aktivis
, Lihat Daftar Tokoh Politisi
Lihat Daftar Tokoh Politisi
politisi
, ataupun kaum intelektual, sesungguhnya Pramono Edhie memang seorang prajurit lapangan yang cukup andal dan berkarakter.

Saya mengenalnya sejak ia berpangkat letnan dua saat penugasan di Timor Timur: tergabung dalam Satgas Nanggala-Kopassus di bawah pimpinan Mayor Marsigit Modjo (alm), rekan saya satu angkatan. Saya sendiri sebagai Wakil Komandan Batalyon 744—organik Timor Timur—yang ketika itu bergerak bersama-sama di Sektor Timur.

Dalam gerakan itu sempat terpantau keandalannya melakukan tugas lapangan atau lebih tepatnya tugas tempur. Setahu saya, dalam mengembangkan karier selanjutnya, Pramono Edhie lebih banyak bertugas di lapangan bersama-sama prajurit Kopassus sampai dengan pangkat kolonel.

Tapak kinerja berikutnya cukup bagus. Setelah terpilih dari sekian banyak perwira menengah menjadi ajudan Wakil Presiden/Presiden Presiden Republik Indonesia Kelima (2001-2004)
Presiden Republik Indonesia Kelima (2001-2004)
Megawati Soekarnoputri
, kemudian menduduki berbagai jabatan strategis di lingkungan TNI AD sebagai Wakil Komandan Jenderal Kopassus, Kasdam-IV/Pemimpin Perang Diponegoro
Pemimpin Perang Diponegoro
Diponegoro
, Komandan Jenderal Kopassus, Pangdam III Siliwangi, dan terakhir Pangkostrad, ia memenuhi syarat diangkat sebagai KSAD.

Tantangan

Kendati ada kerikil politis pada pengangkatan Pramono Edhie, kini secara legal-formal ia telah jadi KSAD. Maka, seyogianya semua pihak—tanpa mengurangi sikap kritis-korektif—dapat menerima keputusan itu dengan jiwa besar serta mendukungnya sepanjang ia berada dalam garis Sapta Marga dan Sumpah Prajurit. Ini demi KSAD baru itu dapat melaksanakan tugasnya dengan maksimal demi kepentingan TNI, bangsa, dan negara.

Sesuai dengan fungsi utama TNI AD, tugas pokok KSAD adalah secara berkesinambungan melakukan pembinaan kesiapan tempur satuan jajarannya serta pembinaan teritorial. Oleh karena itu, merupakan keharusan bagi seorang KSAD menguasai seluk-beluk pembinaan satuan yang meliputi aspek doktrin, personel, materiil, perlengkapan, keuangan, dan lain-lain.

Bagi TNI AD, pembinaan personel merupakan penjuru paling utama. Maka, tugas terdepan KSAD adalah membentuk, memelihara, dan meningkatkan jati diri prajurit sebagai "tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional, dan tentara profesional".

Ciri pertama sampai tiga merupakan karakter dan roh yang senantiasa harus hidup dalam setiap prajurit TNI. Sebagai tentara rakyat, ia harus berjuang bersama-sama rakyat dan untuk kepentingan rakyat. Oleh karena itu, setiap tindakan arogan apalagi menyakiti hati rakyat pada hakikatnya bukan hanya penyimpangan dari jati diri TNI. Lebih dari itu, hal itu merupakan pengkhianatan terhadap bangsa dan negara.

Sebagai tentara pejuang, ia harus mendahulukan tugas demi kepentingan bangsa dan negara ketimbang kepentingan diri sendiri ataupun keluarga. Sebagai tentara nasional, ia harus senantiasa berorientasi pada tugas negara, tidak boleh partisan, apalagi mendukung kepentingan politik suatu golongan.

Untuk menjadikan prajuritnya sebagai tentara profesional, atau dengan kata lain mewujudkan kesiapan tempur satuan jajarannya, KSAD harus menguasai manajemen pembinaan doktrin, pendidikan, dan latihan. Siklus pendidikan dan latihan militer mulai dari tingkat perseorangan, satuan, demikian pula uji keterampilan perseorangan/jabatan sampai dengan uji siap tempur satuan sesuai dengan tingkatannya harus ngelotok di luar kepala seorang KSAD.

Selanjutnya pengisian pengetahuan dan keterampilan prajurit tentang hak asasi manusia, atau lebih spesifik lagi tentang hukum humaniter yang secara universal mengatur etika bertempur, merupakan hal yang amat penting.

Untuk itu, pada 1997 telah dibentuk gugus kerja permanen antara TNI AD dan Komite Palang Merah Internasional (ICRC). Hasilnya antara lain perubahan kurikulum pada semua strata pendidikan dengan menambahkan muatan pengetahuan hukum humaniter yang cukup signifikan serta metode latihan yang diarahkan pada keterampilan membedakan antara kombatan dan nonkombatan menghadapi gerilya ataupun terorisme.

Menghadapi laju perkembangan teknologi, terutama sejak revolusi sibernetika/teknologi informasi berkembang, prajurit TNI dituntut mengikutinya secara berkesinambungan. Peran teknologi amat menentukan perkembangan teknik, taktik, dan strategi militer di masa depan.

Menyangkut tugas pembinaan teritorial, tujuan utamanya mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat dalam konteks pertahanan, bukan politik, serta terbangunnya prasarana pertahanan yang dibutuhkan bagi operasionalisasi satuan TNI.

Contoh konkretnya pembangunan jaring-jaring jalan raya di Kalimantan yang punya arti taktis atau dapat digunakan sebagai jalan pendekat bagi pengerahan satuan infanteri, kavaleri, dan artileri yang ada di sana. Tindakan koordinasi-sinkronisasi dengan pemerintah daerah serta keLihat Daftar Menteri
Lihat Daftar Menteri
Menteri
an terkait untuk pembangunan prasarana tersebut termasuk dalam lingkup tugas pembinaan teritorial TNI AD.

Tulisan ini dilatari spirit untuk berbagi serta memberikan masukan bagi KSAD baru: hanya demi kemajuan almamater tercinta TNI AD. Selamat bertugas, Jenderal. Opini TokohIndonesia.com | rbh

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA

Oleh Kiki Syahnakri, Letjen TNI (Purn), mantan Wakasad, Ketua Dewan Pengkajian Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat. Pernah diterbitkan di Harian Kompas, Selasa, 05 Juli 2011


Ditayangkan oleh redaksi  |  Dibuat 15 Jul 2011  |  Pembaharuan terakhir 17 May 2013
Pelayanan Publik Makin Mahal Ketika Elit Politik Menomorduakan Rakyat

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Jusuf Kalla

Tokoh Monitor

Buku Pilihan

thumb

PAKET EKSPEDISI KOMPAS (Laporan Jurnalistik): Bengawan Solo, Anjer-Panaroekan, Ciliwung, Tanah Papua

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: