Kata Slamet Rahardjo Soal Kasus Suap MK

2013-10-13T21:00:02+00:00

Tempo.co | ?Ini yang kena langsung kepala rumah tangga, jadi lebih dahsyat dari apapun,&" kata Slamet prihal suap yang melibatkan Akil Mochtar.

TEMPO.CO , Yogyakarta:Aktor senior sekaligus sutradara Slamet Rahardjo Djarot geram bukan kepalang dengan terbongkarnya kasus dugaan suap yang melibatkan Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar.

Pria yang berperan sebagai tokoh Zulkarnaen dalam film Laskar Pelangi (2008) itu sudah terlanjur percaya penuh dengan Mahkmah Konstitusi, lembaga yang ia anggap paling prestisius dan terpercaya di birokrasi pemerintahan.

MK itu bagi saya seperti Komisi Akhirat, semua keputusannya termasuk pemilihan presiden pun ditangan dia dan tak bisa ditolak-tolak lagi. Eh, lha kok malah ikutan masuk angin (terkena kasus korupsi),¯ kata Slamet kepada Tempo di Yogyakarta, Jumat 11 Oktober 2013 malam.

Sutradara film Marsinah (2001) itu pun lebih menyesalkan keterlibatan ketua MK, Akil Mochtar yang baru beberapa bulan saja dilantik. Ini yang kena langsung kepala rumah tangga, jadi lebih dahsyat dari apapun. Kalau bapakya sudah tak bisa dipercaya mau percaya siapa?¯ kata dia.

Dengan mencuatnya kasus Akil pandangan Slamet tentang MK sontak berubah. Bahwa lembaga yang menurutnya superbodi itu malah kehilangan kewibaan akibat ulah internal. Menggambarkan kejengkelannya, Slamet mengaku kesulitan menemukan karakter dalam tokoh wayang yang sekiranya cocok untuk Akil Mochtar.

Mulanya aktor yang bermain dalam film Ketika Cinta Bertasbih dan Sang Pencerah itu mengumpamakan Akil pada sosok Dursasana dalam cerita Mahabarata. Dursasana merupakan tokoh antagonis dalam Kurawa, musuh kaum Pandawa. Tapi Dursasana ini masih punya malu. Kalau yang ini (Akil) malah mesam-mesem (sering senyum) di televisi, jadi kurang cocok,¯ kata kakak politikus Eros Djarot itu.

Setelah agak lama berpikir, Slamet pun menuturkan, bahwa tokoh wayang yang cocok untuk menggambarkan Akil adalah sosok buto (raksasa) yang biasanya muncul paling akhir dalam sebuah lakon wayang. ‚ Buto ini muncul akhir. Tapi baru keluar sebentar langsung mati karena memang sudah saatnya mati sebelum cerita selesai,¯ kata dia.

PRIBADI WICAKSONO

Topik Terhangat

Ketua MK Ditangkap | Dinasti Banten | Dolly Riwayatmu | Info Haji | Pembunuhan Holly

Berita Terpopuler

Lolos ke Piala Asia, Indra Kembali Blusukan
Dinasti Atut Berkuasa Karena Punya Akar Rumput‚
Indra Sjafri: Kita Nikmati Kemenangan Timnas U-19
Muchlis, Dari Tarkam Hingga Timnas U-19



Ensiklopedi Tokoh Indonesia
   Berita Lainnya
  1. Olla Ramlan Malas Timbang Badan - 2014-08-30T02:13:00+00:00
  2. KPAI Akan Sidak Rumah Ben Kasyafani - 2014-08-30T01:17:00+00:00
  3. Darius Sinathrya, Bayi Gede Korban Flu - 2014-08-30T00:23:00+00:00
  4. KPAI Terus Pantau Pengasuhan Anak Marshanda-Ben Kasyafani - 2014-08-29T23:54:00+00:00
lazada
   Topik Terhangat
TV Online
Live Streaming