WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Memuji Tuhan Lewat Keroncong

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Memuji Tuhan Lewat Keroncong
e-ti | majalahpraise.com

Sepanjang karirnya di dunia tarik suara, ia telah menelurkan belasan album rohani maupun sekuler baik berbahasa Indonesia maupun Jawa. Jenis musik yang diusungnya pun beraneka ragam mulai dari pop, keroncong, campur sari, hingga dangdut.

Penyanyi Keroncong
Lihat Curriculum Vitae (CV) Anastasia Astutie

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Anastasia Astutie

QR Code Halaman Biografi Anastasia Astutie
Bio Lain
Click to view full article
Angelique Widjaja
Click to view full article
Maad
Click to view full article
Addie MS
Click to view full article
Ida Bagus Tilem
Click to view full article
Serang Dakto
Click to view full article
Priyo Budi Santoso
Click to view full article
Aberson Marle Sihaloho

Anastasia Astutie lahir di Solo pada 5 April 1954. Karir menyanyi Lihat Daftar Tokoh Perempuan
Lihat Daftar Tokoh Perempuan
wanita
berpembawaan anggun dan keibuan ini diawali dari keikutsertaannya dalam beragam ajang lomba nyanyi yang digelar di kota kelahirannya. Dari tahun 1967 hingga 1969, ia selalu tampil sebagai juara pertama. Di awal tahun 1980, ia hijrah ke Jakarta. Di ibukota, kesempatan untuk mengasah bakat menyanyinya kian terbuka lebar dan hal itu tidak disia-siakan olehnya. Selain mengikuti kursus vokal pada Bina Vokalia, ia juga belajar tentang penguasaan panggung dan menyanyi di depan penonton dengan bergabung di organisasi musisi Geronimo pimpinan Dr.Anton Issoedibyo.

Sebagai Lihat Daftar Penyanyi
Lihat Daftar Penyanyi
penyanyi
, ia telah menghasilkan belasan album baik rohani maupun sekuler yang berbahasa Indonesia maupun berbahasa Jawa. Sebutan sebagai Lihat Daftar Penyanyi
Lihat Daftar Penyanyi
penyanyi
serba bisa rasanya tak berlebihan disematkan pada Anastasia Astutie. Ia tak hanya piawai menyanyikan salah satu jenis musik. Selain genre pop, Anastasia juga pandai menyanyikan lagu-lagu berirama keroncong, campur sari bahkan dangdut.

Namun belakangan, ia lebih memfokuskan karirnya sebagai Lihat Daftar Penyanyi
Lihat Daftar Penyanyi
penyanyi
rohani meski masih menyanyikan lagu-lagu sekuler. Pada 11 November 2009, bertempat di Hotel Nikko Jakarta, saat dunia musik Indonesia tengah dilanda demam musik berirama Melayu, Anastasia meluncurkan sebuah album rohani terbarunya yang dikemas dengan alunan musik keroncong bertajuk Dia Mengerti. Lihat Daftar Direktur
Lihat Daftar Direktur
Direktur
Jenderal Nilai Budaya Seni dan Film Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, Drs Tjetjep Suparman, MSi dan beberapa tokoh gereja hadir dalam peluncuran album ini.

Untuk menambah warna baru di albumnya, ia menggaet musisi lain. Awalnya, Anastasia ingin berkolaborasi dengan Penyanyi
Penyanyi
Mus Mulyadi
, penyanyi keroncong yang terkenal dengan lagu Rek Ayo Rek-nya. Namun karena suami penyanyi Helen Sparingga itu tengah terbaring sakit, ia pun mengurungkan niat tersebut. Padahal ia sudah lama ingin berduet dengan Penyanyi
Penyanyi
Mus Mulyadi
. Sebagai gantinya, ia menggandeng adik kandung Penyanyi
Penyanyi
Mus Mulyadi
yakni Mus Mujiono. Anastasia sendiri merasa tidak menemui kesulitan saat berduet dengan pria yang kerap dijuluki sebagai George Benson Indonesia itu.

Album yang mengandalkan lagu berjudul sama, Dia Mengerti ciptaan musisi Isaac Arief ini diproduseri, Eddy Soesanto dari Hosana Record. Selain Dia Mengerti, masih ada 9 lagu yang meramaikan album ini, seperti, Sentuh Hatiku, Indah Rencanamu, Di Doa Ibuku, Derek Dewi Maria, Katakan Yesus Terbesar, Sabar & Saya Mau Iring Yesus, Yesus Sobat yang Setia, Pertolongan Hanya Yesus & Zaman Sekarang Berjagalah, serta Tuhan Pasti Buka Jalan.

Dalam kesempatan peluncuran album tersebut, penganut Katolik taat ini berharap agar albumnya bisa memberkati banyak orang tapi juga menjadi suatu catatan prestasi lagi yang dapat memberi nilai-nilai positif bagi anak-anak Tuhan dan juga dalam seni budaya bangsa Indonesia. Karena musik keroncong dapat diselaraskan dengan aliran musik lain.

Sebagai penyanyi, ia telah menghasilkan belasan album baik rohani maupun sekuler yang berbahasa Indonesia maupun berbahasa Jawa. Sebutan sebagai penyanyi serba bisa rasanya tak berlebihan disematkan pada Anastasia Astutie. Ia tak hanya piawai menyanyikan salah satu jenis musik. Selain genre pop, Anastasia juga pandai menyanyikan lagu-lagu berirama keroncong, campur sari bahkan dangdut.

Meski wajahnya sudah jarang terlihat di layar kaca, Anastasia masih sibuk melayani permintaan manggung para penggemarnya yang sudah kangen mendengar suara merdunya. Tak jarang ia juga beberapa kali mendapat undangan menyanyi ke luar negeri. Misalnya pada awal April 2010, Anastasia Astutie sempat diundang untuk menjadi salah satu pengisi acara dalam Trade Tourism Invest yang dihelat di Denhaag, Belanda.

Segala persiapan menjelang keberangkatannya pun telah disiapkannya dengan baik. Kepergian Anastasia ke Negeri Kincir Angin itu tak sendiri melainkan bersama 11 orang lainnya. Karena banyak diantara orang-orang di rombongannya itu yang belum memiliki paspor, Anastasia tak segan mengurus pembuatan paspor rekan-rekan satu rombongannya itu. Sementara untuk lagu, ia pun telah menyiapkan beberapa lagu berbahasa Belanda, Inggris, Jawa dan remake lagu duetnya bersama Mus Mujiono. Namun manusia hanya bisa berencana dan keputusan akhir tetap berada di tangan Tuhan. Pada detik-detik menjelang keberangkatan, kesehatan suaminya semakin menurun hingga akhirnya diputuskan untuk masuk kamar operasi.

Anastasia pun urung hadir dalam acara tersebut lantaran harus mengurus sang suami tercinta. "Saya tidak jadi pergi karena suami akan dioperasi. Peredaran darah suami tersumbat di lengan dan paha sebelah kanan serta kiri. Sebagai istri, saya tidak boleh berat ke karir, saya lebih memilih menemani suami," ujarnya.

Menurut Lihat Daftar Tokoh Perempuan
Lihat Daftar Tokoh Perempuan
wanita
berkulit putih ini, sang suami memang telah mengidap penyakit gula, darah tinggi, jantung dan stroke sejak tahun 2005. Akibat rongrongan komplikasi penyakit tersebut, suaminya harus menjalani tiga kali cuci darah dalam seminggu.

Meski tak mudah, Anastasia akhirnya merelakan kesempatan untuk tampil di luar negeri itu pergi begitu saja. Sebelumnya, ia sempat gundah, terlebih lagi jika mengingat kesempatan tour ke luar negeri tak datang dua kali. Tapi, ia harus cepat mengambil keputusan. Dengan bulat, ia membatalkan keberangkatan. Anastasia segera memberitahu rombongan dan pihak Kedutaan Besar Indonesia untuk Belanda yang mengundangnya bahwa ia berhalangan hadir.

Anastasia sadar, setenar apapun posisinya, dia tetap tak dapat mengelak dari kodratnya sebagai istri, ibu rumah tangga, yang harus menomorsatukan keluarganya.

Meski gagal berangkat ke Belanda, ia tak perlu menghabiskan waktunya berlarut-larut dengan rasa kecewa. Ia tetap menerima kejadian tersebut dengan lapang dada dan ikhlas. Sebagai hamba Tuhan yang beriman, ia hanya bisa mengambil hikmahnya bahwa sebagai ibu rumahtangga, ia harus menomorsatukan kepentingan suami dan anak. Hikmah lain yang dipetik Lihat Daftar Tokoh Perempuan
Lihat Daftar Tokoh Perempuan
perempuan
yang pernah bermain di sinetron Opera Tiga Zaman ini adalah tawaran menyanyi ke berbagai daerah seperti Batam, Bojong Indah, Kudus, Lawang, Solo dan Bali.

Batal tampil di luar negeri sebenarnya bukan hal yang pertama yang dialaminya. Sebelumnya, persisnya pada tahun 2008, ia batal tampil di Vatikan dalam rangka peringatan Paskah. "Bukan sembarang orang lho yang bisa menyanyi di sana, dan aku satu-satunya dari Indonesia," ujarnya.

Anastasia dipilih karena ia merupakan salah satu penyanyi Katolik yang masih tetap eksis. Namun, lagi-lagi karena kondisi kesehatan sang suami yang tak memungkinkan, ia pun batal terbang ke Vatikan. "Yah... kalau Tuhan berkehendak, kita kan nggak bisa apa-apa," ucap Anastasia dengan bijak. eti | muli, red

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 19 Apr 2011  -  Pembaharuan terakhir 23 Feb 2012
Mengasah Mutiara Dalam Dirinya Top Eksekutif Keuangan Dunia

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Majalah Tokoh Indonesia Edisi 43

Tokoh Monitor

KPK Observer

Buku Pilihan

thumb

Kontradiksi Radikal yang Memotori Kesuksesan di Pabrikan Terbaik Dunia.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: