WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Peran Terakhir Mak Nyak

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Peran Terakhir Mak Nyak
e-ti | kapanlagi.com

Lima puluh enam tahun ia berkarya di panggung seni. Sedikitnya ada 60-an judul film yang telah ia bintangi. Di masa senjanya, daya tariknya sebagai aktris kaya pengalaman masih bisa dinikmati lewat perannya sebagai Mak Nyak di serial Si Doel Anak Sekolahan.

Aktris
Lihat Curriculum Vitae (CV) Aminah Cendrakasih

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Aminah Cendrakasih

QR Code Halaman Biografi Aminah Cendrakasih
Bio Lain
Click to view full article
Nursyahbani Katjusungkana
Click to view full article
Iwan Tirta
Click to view full article
Maraden Panggabean
Click to view full article
Donny Gahral Adian
Click to view full article
Subrata
Click to view full article
Akbar Tandjung
Click to view full article
Rieke Diah Pitaloka
BERITA TERBARU

Aminah Cendrakasih lahir di Magelang pada 29 Januari 1938 dari pasangan Wolly Sutinah alias Mak Wok dan Husin Nagib. Ayahnya berdarah Arab sedangkan sang ibu yang juga berprofesi sebagai aktris, berdarah Cina dan Jawa. Bakat akting Mimin, demikian Aminah akrab disapa, boleh jadi diwarisinya dari sang ibu. Sepanjang karir hingga akhir hayatnya, Mak Wok telah membintangi ratusan judul film. Ia adalah aktris paling berpengaruh di dunia film sebelum kehadiran Aktris, Produser Film
Aktris, Produser Film
Christine Hakim
. Tak heran sejak kecil, anak ketiga dari lima bersaudara ini telah akrab dengan dunia film hingga akhirnya ia memutuskan untuk mengikuti jejak ibundanya.

Pada tahun 1951, ia memulai debutnya sebagai aktris dengan bermain dalam film drama berjudul Rindu. Masih di dekade 50-an, ia kembali berakting dalam sejumlah film lainnya seperti Pak Prawiro, Tjambuk Api, Asrama Dara, Anakku Sajang, Konsepsi Ajah, dan Sebatang Kara.

Setelah drama, pada tahun 70-an, ia mulai bermain dalam Sutradara
Sutradara
film komedi
bersama seniman Aktor, Seniman
Aktor, Seniman
Betawi
serba bisa, Aktor, Seniman
Aktor, Seniman
Benyamin S
ueb, dalam film Benyamin Raja Lenong dan Betty Bencong Selebor. Selain film layar lebar, Aminah juga menjadi pemeran pendukung dalam serial Rumah Masa Depan yang tayang di TVRI Jakarta di tahun 80-an. Serial itu juga mendapuk Mak Wok sebagai salah satu pemainnya.

Selain itu, Aminah pernah menjadi pemeran pendukung dalam film drama musikal bertajuk Penasaran yang dibintangi Raja Dangdut, Penyanyi dangdut
Penyanyi dangdut
Rhoma Irama
. Lihat Daftar Tokoh Perempuan
Lihat Daftar Tokoh Perempuan
perempuan
berwajah oriental ini juga beberapa kali terlihat saat membintangi Sutradara
Sutradara
film komedi
berjudul Pokoknya Beres dan Atas Boleh Bawah Boleh yang dibintangi trio Warkop DKI.

Di awal tahun 90-an, saat dunia perfilman tengah mati suri, karirnya sebagai aktris film pun perlahan surut. Namun ia masih menjumpai para penggemarnya dengan berakting di sinetron Si Doel Anak Sekolahan (SDAS). Untuk kesekian kalinya, ia beradu akting dengan alm. Aktor, Seniman
Aktor, Seniman
Benyamin S
ueb, kali ini pasangan aktris dan aktor gaek itu bermain sebagai suami istri. Dalam sinetron produksi Karnos Film itu, Aminah berperan sebagai Lela, ibu Si Doel yang diperankan aktor Wakil Gubernur Banten (2012-2017)
Wakil Gubernur Banten (2012-2017)
Rano Karno
.

Sinetron yang banyak menuai pujian itu berlatar belakang keluarga Aktor, Seniman
Aktor, Seniman
Betawi
dengan segala macam problematikanya. Selain Aminah dan Benyamin, SDAS juga banyak melibatkan seniman-seniman Aktor, Seniman
Aktor, Seniman
Betawi
lainnya seperti alm. Tile, Mandra, dan Nasir. Di sinetron itu, Aminah juga mulai dikenal dengan sebutan Mak Nyak, panggilan yang kerap dilontarkan oleh alm komedian Basuki yang berperan sebagai Mas Karyo.

Kesuksesan SDAS bertahan hingga lebih dari lima tahun lamanya. Setelah itu banyak sinetron dari rumah produksi lain yang mencoba mengekor kesuksesan SDAS dengan mengangkat kehidupan masyarakat Betawi.

Namun demikian, tak ada popularitas yang abadi. Seiring berjalannya waktu, Aminah pun mau tak mau harus rela tergeser dari posisinya sebagai aktris kawakan. Apalagi kondisi tubuhnya yang kian renta, tak memungkinkan lagi baginya untuk menghabiskan waktu di lokasi syuting.

Aminah pernah menjadi pemeran pendukung dalam film drama musikal bertajuk Penasaran yang dibintangi Raja Dangdut, Penyanyi dangdut
Penyanyi dangdut
Rhoma Irama
. Lihat Daftar Tokoh Perempuan
Lihat Daftar Tokoh Perempuan
perempuan
berwajah oriental ini juga beberapa kali terlihat saat membintangi Sutradara
Sutradara
film komedi
berjudul Pokoknya Beres dan Atas Boleh Bawah Boleh yang dibintangi trio Warkop DKI

Kini ia hanya tinggal melewati masa tuanya di kediamannya. Jangan harap ada furniture mewah di ruang tamunya atau mobil mahal yang terparkir di garasi rumahnya. Aminah melalui hidupnya di rumah yang amat sederhana untuk ukuran seorang aktris ternama seperti dirinya.

Belum lagi gangguan kesehatan yang dialaminya yang menyebabkan janda tujuh anak ini kesulitan berjalan akibat pernah terjatuh di kamar mandi. Ia memang sudah sering jatuh. Lima kali lebih ia terpeleset di kamar mandi. Pada tahun 2009, ia juga sempat terjatuh. Anak-anaknya panik karena ia jatuh dengan posisi kaki terlipat seperti mau shalat. Ketika dibawa ke rumah sakit, dokter tidak menemukan sesuatu yang ganjil. Mak Nyak tidak terdiagnosis mengidap penyakit apa pun. Kadar gula dalam tubuh normal. Angka kolesterol wajar. Tidak berpotensi asam urat. Tidak juga darah tinggi.

"Ketika jatuh, saya bilang dalam hati. Ya Allah, saya terima. Saya ikhlas kalau harus jatuh. Sudah 70 tahun Engkau memberi sehat. Tidak pernah menginap di rumah sakit kecuali saat hambaMu ini melahirkan anak. Mungkin sekarang saatnya, saya menjadi seperti tidak berdaya," kata Mak Nyak seperti dikutip dari situs tabloidbintang.com.

Ia mencoba berpikir positif menerima ujian itu sebagai teguran dari Sang Khalik. Ia mengakui, dulu, saat hari-harinya masih disibukkan dengan jadwal syuting, ia kerap menunaikan shalat dengan terburu-buru lantaran berkejaran dengan waktu take dan reading.

Meski kondisi tak seperti dulu lagi, ia tetap bersyukur. Keterbatasan fisik yang dialaminya memberinya kesempatan lebih banyak di rumah. Lihat Daftar Tokoh Perempuan
Lihat Daftar Tokoh Perempuan
wanita
yang telah menyandang gelar hajjah itu kini lebih khusyuk menunaikan shalat, tak hanya shalat wajib tapi juga sunah seperti shalat dhuha dan tahajud. Aminah juga kerap mengisi waktunya dengan melafalkan ayat-ayat suci Al-Quran.

Ia pun enggan menceritakan musibah yang dialaminya kepada siapa pun. Cukup keluarga yang tahu, demikian prinsipnya. Rekan-rekan sesama artis pun tak ada yang tahu kecuali para pemain SDAS. Rano dan Suti Karno kabarnya cukup rutin menanyakan perkembangan kesehatan Mak Nyak.

"Saya memilih diam. Jangan sampai orang-orang berpikir begini: Dulu sewaktu sehat, punya banyak pekerjaan, diam-diam saja. Giliran sakit, heboh memberi tahu banyak orang," tuturnya lembut. Lebih baik diam. Meminta pertolongan Allah, meminta dukungan keluarga.

"Yang saya tangkap dari penyakit ini, Tuhan memperingatkan saya berhenti mencari nafkah. Usia sudah 72 tahun, saatnya beristirahat. Menikmati hari tua, bersama anak dan cucu. Biarlah yang muda yang menggantikan peran saya di lokasi syuting. Biarlah anak-anak bekerja setelah sekian lama saya bekerja, sejak suami meninggal," tuturnya bijak. eti | muli, red

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 04 Apr 2011  -  Pembaharuan terakhir 23 Feb 2012
Dipecat Saat Berjuang Bekerja Melebihi Panggilan Tugas

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Majalah Tokoh Indonesia Edisi 43

Tokoh Monitor

Jual Buku Al-Zaytun Sumber Inspirasi

Buku Pilihan

thumb

Rahasia menghasilkan uang lebih banyak dan lebih cepat. Penjualan Anda pasti meledak!

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: