WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Pilih Dua-duanya

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Pilih Dua-duanya
Sophie Navita | TokohIndonesia.com | kapanlagi.com

Sophie Navita dikenal sebagai seorang presenter yang juga tampil dalam sejumlah sinetron. Acara yang pernah dibawakannya antara lain Kuis Digital LG Prima (Indosiar), Spy Game (TPI), Kuis Liga Inggris, infotainment Was Was (SCTV), PESTA (Indosiar), Sang Bintang, dan Mimpi Kali Yee di (SCTV). Belakangan, Duta Air Susu Ibu (ASI) ini mencoba peruntungannya sebagai penyanyi.

 

Presenter, Penyanyi
Lihat Curriculum Vitae (CV) Sophie Navita

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Sophie Navita

QR Code Halaman Biografi Sophie Navita
Bio Lain
Click to view full article
Riri Riza
Click to view full article
Susan Budihardjo
Click to view full article
Djohan Effendi
Click to view full article
Sutiyoso
Click to view full article
Benjamin Mangkoedilaga
Click to view full article
Kestity Pringgoharjono
Click to view full article
Ulil Abshar Abdhalla
BERITA TERBARU

Perkenalan Lihat Daftar Tokoh Perempuan
Lihat Daftar Tokoh Perempuan
perempuan
bernama lengkap Sophie Navita Simanjuntak ini dengan dunia presenter sudah dimulai sejak ia berusia 9 tahun. Saat itu, ia dengan lihai dan tanpa canggung menjadi presenter sebuah acara bertajuk Just Kids yang disiarkan oleh Singapore Broadcast Corporation.

Menjelang remaja, Sophie dan keluarganya kembali ke Indonesia. Lihat Daftar Tokoh Perempuan
Lihat Daftar Tokoh Perempuan
perempuan
berdarah Batak kelahiran Singapura 10 November 1975 ini kemudian menempuh kuliahnya di Fakultas Hukum Universitas Katolik Parahyangan, Bandung. Setelah resmi menyandang gelar sarjana hukum, Sophie langsung terjun ke dunia kerja. Tapi profesi yang ditekuninya sangat jauh dari ilmu hukum yang ia timba dari bangku kuliah. Sophie memilih untuk meneruskan hobinya memandu sebuah acara, salah satunya dengan menjadi penyiar salah satu radio di Kota Kembang.

Sophie yang memang dikenal agak bawel ini mulai mendapat kesempatan untuk melebarkan sayapnya sebagai presenter televisi saat ia terpilih sebagai salah satu finalis MTV VJ Hunt tahun 1996. Sejak saat itu, ia kerap diminta menjadi presenter sejumlah acara. Sophie yang kian populer, akhirnya mendapat tawaran berakting dalam sejumlah judul sinetron seperti Cerita Cinta dan Cinta Seputih Melati. Kakak kandung Lihat Daftar Penyanyi
Lihat Daftar Penyanyi
penyanyi
Lea Simanjuntak ini juga pernah bermain Lihat Daftar Tokoh Teater
Lihat Daftar Tokoh Teater
teater
Drama Monolog: Cairan Lihat Daftar Tokoh Perempuan
Lihat Daftar Tokoh Perempuan
perempuan
, di Gedung Kesenian Jakarta tahun 2003. Sophie juga pernah bermain dalam film layar lebar, yakni Heart-Break.com dan Aku atau Dia.

Pada 1 Maret 2003, Sophie mengakhiri masa lajangnya dengan menerima pinangan Stefanus Pongki Tri Barata atau yang lebih dikenal dengan nama Pongki Jikustik. Kebahagiaan pasangan berbeda suku itu pun kian sempurna dengan kehadiran dua jagoan kecil mereka, Rangga Namora Putra Barata dan Radya Tuaro Putra Barata.

Bersuamikan seorang musisi, tak ayal membuat Sophie akrab dengan dunia musik. Hingga akhirnya ia tertarik untuk mengekor jejak sang suami yakni menjadi seorang Lihat Daftar Penyanyi
Lihat Daftar Penyanyi
penyanyi
. Terlebih ia juga memiliki hobi bernyanyi sejak kecil. Setelah mengumpulkan beberapa materi lagu dan sebagian berasal dari sang suami, ia pun meluncurkan album solo perdananya yang berjudul Filosophie tepat pada perayaan Hari Valentine tahun 2009. Album ini berbentuk mini album dengan hit single Siapa Bilang (Discomama) dan recycle lagu Seribu Tahun Lamanya milik grup band Jikustik.

Istilah Filosophie sendiri juga memiliki makna yang tidak hanya ada di dalam kamus.

Menurut Sophie, istilah Filosophie memiliki makna yang tidak hanya ada di dalam kamus. Judul itu juga mengandung arti kata Sophie atau Sophie Says, yang maksudnya curahan hati yang ia tuliskan dalam sebuah lagu. Dalam album ini, Pongki tak sepenuhnya melepas Sophie sendirian. Musisi asal Wakil Presiden Republik Indonesia (1972-1978)
Wakil Presiden Republik Indonesia (1972-1978)
Yogyakarta
ini berperan sebagai produsernya. "Saya hanya ingin mewujudkan cita-cita Sophie untuk mempunyai album. Hanya saja, saya tidak mau membuatkan lagu untuk Sophie karena saya tahu dia bisa membuat lagu sendiri," kata Pongky.

Meski telah merambah dunia tarik suara, bukan berarti Sophie lantas melupakan profesi presenter yang telah membesarkan namanya. Bedanya, jika sebelumnya ia hanya membawakan acara, kali ini ia memberikan bonus dengan melantunkan lagu miliknya. Namun jika disuruh untuk memilih antara menjadi presenter atau Lihat Daftar Penyanyi
Lihat Daftar Penyanyi
penyanyi
, dengan lantang ia akan memilih kedua-duanya. Tentu saja ia tetap berusaha menjalani dua profesi tersebut dengan seimbang.

Sophie mengaku lebih nyaman bekerjasama dengan suaminya karena bisa selalu berdiskusi untuk albumnya tersebut. "Sebenarnya lebih enak, produsernya 24 jam bisa dihubungi. Tapi diskusinya jadi 'berantem' karena sering bertemu," ungkap presenter berkulit putih bersih ini. Bahkan demi fokus dalam kegiatan barunya sebagai penyanyi, ia memilih untuk menolak bermain dalam sebuah film yang diproduseri oleh aktor senior Aktor, Sutradara
Aktor, Sutradara
Deddy Mizwar
.

Meski telah merambah dunia tarik suara, bukan berarti Sophie lantas melupakan profesi presenter yang telah membesarkan namanya. Bedanya, jika sebelumnya ia hanya membawakan acara, kali ini ia memberikan bonus dengan melantunkan lagu miliknya. Namun jika disuruh untuk memilih antara menjadi presenter atau penyanyi, dengan lantang ia akan memilih kedua-duanya. Tentu saja ia tetap berusaha menjalani dua profesi tersebut dengan seimbang.

Sayangnya, meski telah menjadi penyanyi, ia masih belum bisa menggelar konser dengan namanya sendiri. Hal itu setidaknya dapat dimaklumi. Sebab, dengan statusnya sebagai ibu rumah tangga, ia harus mengurus suami dan dua buah hatinya yang masih kecil. Sophie juga menyangkal jika hal tersebut merupakan permintaan sang suami yang ingin membatasi karirnya agar tetap fokus merawat keluarga.

Ia beberapa kali menolak tawaran untuk mengadakan tur ke beberapa daerah seperti yang biasa dilakukan suaminya karena tidak ingin meninggalkan dua buah hatinya di rumah terlebih dalam jangka waktu yang lama. Meski demikian, ia masih merintis cita-citanya untuk mengadakan sebuah konser namun tetap tidak meninggalkan kewajibannya sebagai seorang ibu. "Sebenarnya saya ingin sekali karena bisa menjadi ajang adu adrenalin dengan penyanyi lainnya," tutur Sophie seperti dimuat dalam harian Indopos.

Jadi Duta ASI

Pada September 2005, Sophie diangkat oleh Yayasan Sentra Laktasi Indonesia sebagai duta Air Susu Ibu (ASI). Penunjukkan dirinya sebagai Duta ASI karena didasarkan pada pertimbangan, Sophie memberikan ASI eksklusif kepada anaknya Rangga Namora Putra Barata selama enam bulan. Selain itu, ia juga aktif mengampanyekan ASI eksklusif kepada teman-temannya sesama artis.

"Saya juga kaget nih, kok diangkat jadi duta ASI. Tapi saya rasa pengangkatan ini beda dengan jabatan lain dengan punya program dan kabinetnya. Mungkin ini lebih ke peresmian saja, karena toh dalam keseharianpun saya dengan segala kerendahan hati saya katakan sudah cukup banyak berbicara dan menyebarluaskan informasi mengenai ASI," kata mantan presenter infotainmet Was-Was ini seperti dikutip dari situs kapanlagi.com.

Sophie mengaku mengetahui banyak informasi mengenai ASI dari pakarnya secara langsung, Dr. Utami Roesli SpA MBA dari Sentra Laktasi Indonesia. "Saya tahu dari dedengkotnya langsung, dokter Tami. Saya memang berteman dari dulu dengan keluarga besar Roesli. Dulu juga nongkrongnya di rumah almarhum Harry Roesli, jadi memang dari dulu sudah dimasuki pengetahuan-pengetahuan tentang ASI," ceritanya.

Saat itu sebenarnya Sophie bingung, karena menikah saja belum tapi sudah dicekoki dengan informasi mengenai ASI. "Ternyata setelah saya menikah dan hamil, informasi itu nempel di otak. Saat itu saya langsung niat melakukan apa yang dulu pernah diberi tahu. Dari situ saya menyebarkan informasi itu juga ke teman-teman," tambahnya.

Menurutnya, informasi mengenai ASI jangan hanya disampaikan pada para perempuan yang sudah menikah saja, tetapi kepada semua perempuan, bahkan juga pada laki-laki sebagai calon ayah. "Meskipun mereka belum menikah, kita beri tahu supaya itu nempel di hati dan pikiran mereka. Dan, ketika mereka melahirkan, mereka akan melakukan itu. Laki-laki juga harus mengetahui tentang itu agar mereka dapat mendukung usaha istrinya memberikan ASI eksklusif. Selama ini orang belum mengenal betul keuntungan ASI," tutur Lihat Daftar Tokoh Perempuan
Lihat Daftar Tokoh Perempuan
wanita
yang masih terlihat cantik di usianya yang berkepala tiga.

Atas dukungannya terhadap pemberian air susu ibu (ASI), Sophie bersama artis lain seperti Indy Barends, Moza Paramita, Arzetti Bilbina, dan Shelomita juga meraih penghargaan dari Lihat Daftar Menteri
Lihat Daftar Menteri
Menteri
Negara Pemberdayaan Perempuan dan UNICEF. eti | muli, red

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 21 Mar 2011  -  Pembaharuan terakhir 23 Feb 2012
Merajut Kembali Karirnya Bertarung Dalam Revolusi

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Majalah Tokoh Indonesia Edisi 42

Tokoh Monitor

Buku Pilihan

thumb
Warisan yang paling berharga dalam kehidupan ini adalah lahirnya seorang bayi. Selamat berjuang untuk cepat hamil.
KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: