WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Menjulang Kala Berduet

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Menjulang Kala Berduet
Anang Hermansyah | e-ti | celebrity.okezone.com

Setelah 'terseret' dalam pergaulan anak-anak di gang Potlot, pengetahuannya tentang musik, menyanyi dan membuat lagu semakin bertambah. Berangkat dari sana, perlahan-lahan ia merintis karir sebagai penyanyi, pencipta lagu dan produser. Namanya semakin berkibar saat berduet dengan penyanyi tenar Krisdayanti dan penyanyi pendatang baru, Syahrini.

Penyanyi, Pencipta Lagu, Produser
Lihat Curriculum Vitae (CV) Anang Hermansyah

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Anang Hermansyah

QR Code Halaman Biografi Anang Hermansyah
Bio Lain
Click to view full article
Pierre Tendean
Click to view full article
Suryadharma Ali
Click to view full article
Pramono Anung
Click to view full article
Maskoen Soemadiredja
Click to view full article
Irma Hardisurya
Click to view full article
David H Muljono
Click to view full article
Probosutedjo
BERITA TERBARU

Anang Hermansyah merupakan anak kedua dari tiga bersaudara yang lahir di Jember pada 18 Maret 1969. Ia tumbuh dalam lingkungan pesantren yang agamis. Kedua orangtuanya, Alm. H. Abdul Choliq Wijaya dan Dra. Hj. Anissa Choliq menanamkan pendidikan agama yang kuat pada Anang dan kedua saudaranya.

Anang menempuh pendidikan dasar dan menengah di kampung halamannya. Bakat bermusiknya telah terlihat sejak ia duduk di bangku SMA. Untuk menyalurkan talentanya itu, ia bergabung dalam sebuah band. Setamat SMA tahun 1989, ia mengikuti tes Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (Sipenmaru) dan memilih jurusan Ekonomi di Universitas Airlangga dan Universitas Jember. Namun sayang, setelah 3 kali mencoba, semua usahanya tak membuahkan hasil. Anang gagal diterima di dua universitas negeri itu. Pada akhirnya, Anang meninggalkan kota kelahirannya untuk hijrah ke Bandung dan memutuskan untuk meneruskan pendidikannya di Universitas Islam Bandung (Unisba) Jurusan Ekonomi.

Diam-diam Anang memilih Bandung dengan harapan agar suatu saat nanti ia bisa menginjakkan kaki di ibukota. Dengan pindah ke Jakarta, Anang berharap dapat mengembangkan karir bermusiknya. Di kota Kembang itu, Anang kemudian berkenalan dengan Doel Sumbang. Karena memiliki kesamaan minat, keduanya kemudian sepakat untuk membuat sebuah album rekaman meski pada akhirnya tidak dipublikasikan.

Karena keasyikan menekuni hobinya, kuliah Anang pun terbengkalai. Puncaknya, di semester kelima ia memutuskan untuk berhenti. Demi mengejar karirnya sebagai musisi top, Anang rela mengubur cita-citanya untuk menjadi seorang sarjana ekonomi. Keputusannya itu sempat membuat kedua orang tuanya kecewa. Meski demikian, Anang yang tekadnya sudah bulat, meyakinkan orangtuanya bahwa kelak ia akan menjadi Lihat Daftar Penyanyi
Lihat Daftar Penyanyi
penyanyi
terkenal.

Nasib Anang mulai menunjukkan sedikit perbaikan saat ia berkenalan dengan salah satu personil Slank pada saat itu, Pay Siburian. Dari perkenalannya dengan Pay, Anang akhirnya ikut 'terseret' pada pergaulan anak-anak di gang Potlot, yang dikenal sebagai tempat berkumpulnya musisi muda berbakat.

Setibanya di Jakarta, Anang yang tidak punya pekerjaan tetap harus memutar otak untuk mencukupi dirinya. Meski tengah dilanda kesulitan, namun ia mengaku enggan untuk merepotkan orangtuanya. Ia sadar telah mengecewakan ayah dan ibunya yang amat berharap Anang dapat menjadi seorang sarjana. Karena itu ia pun bertekad mencari uang sendiri dan menjalani hari-harinya di Jakarta sesulit apa pun itu hingga berhasil menjadi orang sukses. Selama itu pula, Anang tidak pernah mengirim kabar mengenai keadaannya di ibukota.

Anang kemudian mencari nafkah dengan menjadi pekerja serabutan. Ia pernah menjadi sopir, penjaga rumah, hingga pengamen jalanan. Tak ada kata malu dalam kamus hidup seorang Anang Hermansyah. Baginya pekerjaan apapun selagi halal akan dijalaninya demi mewujudkan impiannya. Ia akan lebih malu jika kembali ke kampung halamannya tanpa membawa berita gembira.

Nasib Anang mulai menunjukkan sedikit perbaikan saat ia berkenalan dengan salah satu personil Slank pada saat itu, Pay Siburian. Dari perkenalannya dengan Pay, Anang akhirnya ikut 'terseret' pada pergaulan anak-anak di gang Potlot, yang dikenal sebagai tempat berkumpulnya musisi muda berbakat. Di sana ia banyak mendapatkan pelajaran tentang musik yang kelak amat mempengaruhi karirnya sebagai musisi. Mulai dari cara bernyanyi hingga cara membuat lagu yang bagus. Intinya Anang diajarkan bagaimana cara menghasilkan uang dari musik.

Setelah dua tahun menimba ilmu musik di Potlot, Anang kemudian mulai mendapatkan kesempatan menyalurkan bakatnya dengan bergabung dalam sebuah band bernama Kidnap yang kemudian mengeluarkan satu album berjudul Katrina (1993).

Sebelumnya, Anang juga pernah membuat demo lagu bersama Pay dengan modal Rp 1 juta dari seorang sahabatnya. Setelah ditolak hampir seluruh label di Jakarta, akhirnya album itu diterima oleh Pak Handi Santoso dari Musica Studio. Awalnya Anang sempat berpikiran, albumnya diterima hanya karena merasa kasihan.

Tapi anggapan itu ternyata salah. Salah satu lagu dalam album tersebut yakni lagu Biarkanlah mendapat sambutan yang meriah di pasaran. Anang pun senang bukan kepalang, setelah album perdananya dirilis ia lalu pulang ke Jember mengunjungi orang tuanya.

Sekembalinya ke Jakarta, Anang mulai menemukan tambatan hatinya, seorang gadis cantik yang kala itu masih menjajaki karirnya sebagai Lihat Daftar Penyanyi
Lihat Daftar Penyanyi
penyanyi
, Penyanyi, aktris
Penyanyi, aktris
Krisdayanti
. Pasangan yang tengah dilanda cinta itu kemudian berkolaborasi dan berhasil menelurkan beberapa album duet. Kolaborasi perdana mereka dalam musik berjudul Hanya Tuhan yang lahir di tahun 1995.

Setahun setelah merilis album perdana mereka, Anang dan Penyanyi, aktris
Penyanyi, aktris
Krisdayanti
melangkah ke pelaminan. Pada 22 Agustus 1996, pasangan seniman musik itu resmi menjadi suami istri. Pada 1998, rumah tangga mereka diramaikan dengan kehadiran putri pertama, Titania Aurelie Nurhermansyah. Dua tahun kemudian, kebahagiaan mereka semakin lengkap dengan lahirnya Azriel Akbar Hermansyah.

Setelah menjadi suami dan ayah, Anang seolah mendapat suntikan semangat baru, kreativitasnya sebagai musisi semakin meningkat. Ia banyak menciptakan lagu yang kemudian dibawakannya bersama istri tercinta. Dari sekian banyak album duetnya, album bertajuk Makin Aku Cinta paling mendapat respon hangat dari masyarakat. Hampir semua lagu dalam album duet itu menjadi hits dan bertengger di tangga lagu teratas di televisi dan radio.

Sayangnya kolaborasi itu harus berakhir seiring dengan kabar perceraian mereka. Pasangan yang pernah dinobatkan sebagai pasangan paling romantis itu harus menyudahi kisah cinta mereka di tahun ke-13 pernikahan mereka tepatnya pada 22 Oktober 2009. Sementara untuk hak asuh kedua buah hati mereka, jatuh ke tangan Anang.

Bercerai dari Lihat Daftar Tokoh Perempuan
Lihat Daftar Tokoh Perempuan
wanita
yang teramat dicintainya sempat membuat Anang merasa terpukul. Meski demikian, masa lalunya dengan sang mantan istri tak mempengaruhi kreativitasnya dalam menciptakan lagu-lagu berkualitas. Malah banyak yang beranggapan Anang jauh lebih produktif setelah menyandang status duda. Sebagai bukti, pasca perceraian ia langsung merilis sebuah album berjudul 'Anang' dengan tembang andalan Separuh Jiwaku Pergi dan Hujan pun Menangis. Anang tak hanya mendapat simpati publik, albumnya pun laris manis di pasaran.

Setelah album solonya mendapat respon hangat publik, Anang kembali menelurkan album duet. Kali ini ia menggaet Lihat Daftar Penyanyi
Lihat Daftar Penyanyi
penyanyi
pendatang baru, Syahrini. Tak jarang pasangan duet ini mengumbar kemesraan namun menurut keduanya hal tersebut hanya sebagai upaya untuk mendalami isi lagu yang memang semuanya bertema cinta. Dua hits single yang dibawakan Anang bersama penyanyi asal Bogor itu yakni Jangan Memilih Aku dan Cinta Terakhir.

Kiprah Anang juga merambah ke bidang lain. Pada tahun 2007, Anang menjadi salah satu juri untuk acara adu bakat yang disiarkan RCTI, Indonesian Idol 2007, lalu berlanjut pada Indonesian Idol 2008, dan Indonesian Idol 2010. Anang juga sukses menggelar Konser 3 Diva, yang melibatkan mantan istrinya, Penyanyi, aktris
Penyanyi, aktris
Krisdayanti
, serta Titi DJ dan Penyanyi
Penyanyi
Ruth Sahanaya
. e-ti | muli, red

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 24 Jan 2011  -  Pembaharuan terakhir 24 Feb 2012
Ikon Integritas Seorang Hakim Karir Spesialis Anti Teror Dan Narkoba

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Majalah Tokoh Indonesia Edisi 42

Tokoh Monitor

Buku Pilihan

thumb

Genghis Khan adalah salah satu pejuang yang namanya kesohor di penjuru dunia, meski mengalami masa kecil yang berat akibat kematian tragis kepala suku yang juga adalah ayahnya.

Note: Bacaan ringan tapi bermakna.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: