WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Penyanyi dan Aktris Mumpuni

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Penyanyi dan Aktris Mumpuni
Dewi Yull | e-ti | kapanlagi.com

Di dunia tarik suara, ia sangat terkenal lewat lagunya 'Kau Bukan Dirimu', 'Kini Baru Kau Rasa' dan atau 'Kau Dan Aku Sama'. Sedangkan dalam seni peran, namanya melekat dalam film Gadis, juga dalam sinetron Dokter Kartika, Losmen, dan Manohara.

Penyanyi, aktris
Lihat Curriculum Vitae (CV) Dewi Yull

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Dewi Yull

QR Code Halaman Biografi Dewi Yull
Bio Lain
Click to view full article
Deding Ishak
Click to view full article
Johny Ivan
Click to view full article
Budi Rahardjo
Click to view full article
Sophie Navita
Click to view full article
Asmudjo Jono Irianto
Click to view full article
Ki Hajar Dewantara
Click to view full article
Suryadharma Ali
BERITA TERBARU

Raden Ayu Dewi Pujiati demikian nama lengkap Dewi Yull, seorang Lihat Daftar Penyanyi
Lihat Daftar Penyanyi
penyanyi
sekaligus aktris ternama Tanah Air. Karirnya sebagai Lihat Daftar Penyanyi
Lihat Daftar Penyanyi
penyanyi
mulai dirintis sejak tahun 1977 saat mengikuti kompetisi Lihat Daftar Penyanyi
Lihat Daftar Penyanyi
penyanyi
Nasional Tingkat Nasional. Pada ajang tersebut, Dewi berhasil menempati posisi keempat di bawah penyanyi lainnya, seperti Hetty Koes Endang, Melky Goeslaw, Diana Nasution, dan Ira Puspita.

Sepanjang karirnya sebagai penyanyi, Lihat Daftar Tokoh Perempuan
Lihat Daftar Tokoh Perempuan
wanita
kelahiran Cirebon, 10 Mei 1961 itu telah menghasilkan delapan album rekaman. Kebanyakan lagu yang dibawakannya bertema cinta nan-romantis. Dewi juga pernah menjadi pasangan duet almarhum Broery Marantika. Lagu-lagu yang dibawakannya dengan penyanyi asal Ambon itu antara lain Jangan Ada Dusta Diantara Kita dan Rindu yang Terlarang.

Selain menyanyi, Dewi Yull juga memiliki bakat lain yakni berakting. Pada 1980, ia membintangi film pertamanya yang berjudul Gadis. Dalam pembuatan film besutan sutradara Nya' Abbas Akub itu, ia bertemu dengan Ray Sahetapy yang kelak menjadi suaminya. Film layar lebar terakhir yang dibintanginya adalah film religi arahan aktor gaek Aktor, Sutradara
Aktor, Sutradara
Deddy Mizwar
berjudul Kiamat Sudah Dekat yang rilis tahun 2003.

Tak hanya film, Dewi juga pernah beberapa kali berperan dalam sinetron. Selama kiprahnya sebagai aktris tercatat empat judul sinetron telah dibintanginya. Yakni Dokter Kartika, Losmen, Manohara, serta Doa dan Karunia.

Pada 16 Juni 1981, setelah pertama kali bertemu di tahun 1977, Dewi akhirnya menikah dengan Ray Sahetapy. Pernikahan tersebut awalnya tidak mendapat restu dari pihak orangtua Dewi, HRM Soendaryo dan Masayu Devi Hetimawati karena perbedaaan keyakinan. Belakangan, Ray memutuskan menjadi seorang muslim mengikuti keyakinan yang dianut sang istri.

Dari hasil pernikahannya, Dewi Yull dikaruniai empat orang anak, yakni Gisca, Rama, Panji, dan Raya. Namun setelah hampir seperempat abad mengarungi biduk rumah tangga, pasangan Dewi-Ray akhirnya bercerai di tahun 2004 karena Ray Sahetapy ingin menikah lagi dengan Lihat Daftar Tokoh Perempuan
Lihat Daftar Tokoh Perempuan
perempuan
lain, sementara Dewi menolak dipoligami.

Menjadi orang tua tunggal bagi empat anak tentu bukan hal mudah bagi Dewi Yull. Terlebih beberapa anaknya itu menderita gangguan pendengaran. Sebagai ibu dari anak tunarungu, Dewi tak pernah putus asa, ia terus mendidik anaknya. Perjuangannya pun tak sia-sia, meski memiliki kekurangan, anak-anak Dewi tumbuh menjadi pribadi yang percaya diri. Terlahir sebagai tunarungu nyatanya tidak menjadikan mereka minder dalam pergaulan, bahkan Dewi mengaku anak-anaknya memiliki lebih banyak teman ketimbang dirinya.

Di awal bulan September 2008, Dewi tersangkut masalah. Ia dituduh telah menggelapkan uang oleh sebuah rumah produksi serta mengklaim Dewi telah menunggak pembayaran sebuah iklan layanan masyarakat sebesar Rp300 juta.

Setelah melalui masa-masa yang kurang menyenangkan, di awal tahun 2010 Dewi mencatat prestasi, sebagai penyanyi senior, ia mendapat kehormatan untuk ikut ambil bagian dalam album ketiga Presiden Presiden Republik Indonesia Keenam (2004-2014)
Presiden Republik Indonesia Keenam (2004-2014)
Susilo Bambang Yudhoyono
, Ku Yakin Sampai Di Sana yang dirilis pada 25 Januari 2010.

Namun duka kembali menghampiri kehidupannya, setelah badai perceraian menghempas biduk rumah tangganya, putri pertamanya, Gisca Putri Agustina Sahetapy, meninggal dunia di RSPAD dr Suyoto, Jakarta Selatan pada 11 Juni 2010. Gisca yang menderita gangguan pendengaran sejak lahir itu tutup usia akibat virus meningitis yang menggerogoti otaknya. Jenazah ibu satu anak itu dikebumikan di TPU Blender, Kebon Pedes, Bogor.

Kepergian sang putri sulung di usianya yang baru menginjak 28 tahun itu meninggalkan duka yang mendalam di hati Dewi. Karena baginya, Gisca adalah sumber inspirasi. Pasca perceraiannya dengan Ray pun, Gisca selalu memberinya dorongan untuk tetap kuat dan semangat dalam menjalani hidup. e-ti | muli, red

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 15 Jan 2011  -  Pembaharuan terakhir 24 Feb 2012
Prajurit Pejuang Sampai Akhir Menyimpan Sejumlah Impian

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Majalah Tokoh Indonesia Edisi 42

Tokoh Monitor

Jual Buku-buku Pilihan

Buku Pilihan

thumb

20 drama William Shakespeare yang dihadirkan dalam buku ini merupakan hasil adaptasi dari drama ke dalam bentuk prosa.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: