Wikipedia

Kompas

Tempo

Antara

YouTube

WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOWONGAN: TokohIndonesia.com yang berkantor di Jakarta membuka kesempatan kerja sebagai Account Executive. Lamaran dikirimkan ke sdm at tokohindonesia.com

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com if you CARE

Berita Tokoh Monitor

KPK-Hukum

Bisnis-Entrepreneur

Internet-Social Media

Budaya-Sastra

Mancanegara

Olahraga

Gaya Hidup

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Terus Meniti Kejayaan

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Terus Meniti Kejayaan
e-ti | vibizlife.com

Enggan bertahun-tahun hanya berada di belakang layar, perempuan cantik ini akhirnya memasuki jalur musik profesional dengan mengusung bendera Ratu. Setelah beberapa kali berganti personil dan diterpa sejumlah masalah, Ratu terpaksa berganti nama menjadi MAIA. Meski demikian, penyanyi handal yang juga pencipta lagu berbakat ini terus berkarya bahkan menjadi konseptor kelahiran sebuah grub band baru.

Penyanyi, pencipta lagu, produser musik
Lihat Curriculum Vitae (CV) Maia Estianty

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Maia Estianty

QR Code Halaman Biografi Maia Estianty
Bio Lain
Click to view full article
Eka Budianta
Click to view full article
Paskah Suzetta
Click to view full article
Awaloeddin Djamin
Click to view full article
Armand Maulana
Click to view full article
Moeldoko
Click to view full article
Happy Salma
Click to view full article
Andrew Darwis
BERITA TERBARU

Persoalan hidup yang membelit tak meruntuhkan semangatnya untuk terus menelurkan karya-karya berkualitas. Berbagai bidang dirambahnya mulai dari tarik suara hingga seni peran. Semuanya berbuah kesuksesan. Ia dapat membuktikan bahwa dirinya masih dapat menjaga eksistensi di panggung hiburan meski mengalami problematika yang cukup rumit. Ketegarannya seolah menginspirasi kaum hawa untuk terus memperjuangkan mimpi mereka di tengah terpaan badai masalah. Lihat Daftar Tokoh Perempuan
Lihat Daftar Tokoh Perempuan
wanita
tegar itu bernama Maia Estianty.

Maia lahir di Surabaya pada 27 Januari 1977. Masa remajanya sebagian besar dihabiskan di kota kelahirannya itu. Di usianya yang belum genap 20 tahun, alumni Universitas Indonesia itu memutuskan untuk menikah dengan Ahmad Dhani, teman semasa sekolahnya di SMAN 2 Surabaya yang juga dikenal sebagai pendiri grup band Dewa 19. Awalnya, pernikahan dua remaja itu sempat ditentang oleh pihak keluarga Maia yang khawatir masa depan putrinya suram karena menikah dengan musisi. Meski demikian, keduanya dapat membuktikan bisa "hidup" dari musik hingga akhirnya rumah tangga mereka dikaruniai tiga orang anak laki-laki, yakni Ahmad Al Gazali, El Jalaluddin Rumi, dan Ahmad Abdul Qodir Jaelani.

Bersuamikan pemain band, membuat hari-hari Maia akrab dengan dunia musik. Ia pun kerap membantu karir bermusik sang suami dengan terlibat sebagai Lihat Daftar Penyanyi
Lihat Daftar Penyanyi
penyanyi
latar dan keyboardist. Tapi, musik sebenarnya bukan barang baru dalam hidup Maia. Sebelum menikah dengan Dhani, Maia sudah dikenal sebagai Rapper dan DJ ketika masih SMA. Ketika itu, ia bahkan telah memiliki grup band bernama SMADA Power Band.

Setelah bertahun-tahun hanya berada di belakang layar, mulai timbul keinginan Maia untuk terjun sepenuhnya sebagai pemusik. Dengan bekal dukungan dan ilmu yang didapatnya dari Ahmad Dhani, tahun 2003 Maia pun memasuki jalur musik profesional dengan mengusung bendera Ratu. Ia kemudian merekrut salah seorang Lihat Daftar Penyanyi
Lihat Daftar Penyanyi
penyanyi
latar Dewa 19, Pingkan Mambo sebagai rekan duetnya. Pilihannya sebagai musisi tak sia-sia, album perdana Ratu yang dirilis tahun 2003, Bersama, meledak di pasaran.

Dengan pencapaian yang luar biasa itu, Maia membuktikan ia mampu menghasilkan karya berkualitas, bukan hanya sekadar mendompleng nama besar sang suami. Meski diakuinya, tangan dingin Ahmad Dhani benar-benar berjasa dalam menempa musikalitas dirinya.

Namun sayang, baru setahun terbentuk, Ratu mulai diterpa masalah yang berujung hengkangnya Pingkan sebagai vokalis. Ditinggal teman duetnya, tidak membuat Maia hilang akal. Dia pun mengadakan audisi pencarian vokalis baru Ratu. Dari hasil audisi tersebut, nama Mulan Kwok terpilih sebagai pewaris tahta Ratu. Tahun 2005, setelah setahun vakum, dengan formasi barunya, Ratu kembali mengeluarkan album bertajuk Ratu & Friends. Album tersebut sukses menelurkan sejumlah tembang hits antara lain, Teman Tapi Mesra, dan Di Dadaku Ada Kamu. Album yang sebagian besar lagunya diciptakan Maia itu mencetak sukses di pasaran dengan jumlah penjualan mencapai 400 ribu kopi.

Setahun kemudian, Ratu kembali hadir dengan album terbarunya yang diberi judul No Satu. Album yang berisikan hits-hits andalan seperti Buaya Darat dan Dear Diary ini berhasil terjual sebanyak 500 ribu kopi di minggu pertama setelah dirilis. Berkat prestasi yang luar biasa itu, album tersebut diganjar penghargaan double platinum. Lagu-lagu bertempo cepat dengan lirik-lirik yang sedikit nakal, membuat pecinta musik semakin kepincut pada Ratu.

Saat berada di puncak popularitas, duo vokal itu terlibat perseteruan. Mulan mempersoalkan tidak transparannya manajemen Ratu dalam hal pembagian royalti. Konflik itu berakhir di awal tahun 2007 dengan keluarnya Mulan sebagai vokalis. Setelah Mulan keluar, Maia mulai membidik bakat baru yang akan dipilihnya sebagai vokalis Ratu. Pada Desember 2007, setelah melakukan audisi, pilihannya jatuh pada Mey Chan, gadis berwajah oriental asal Malang.

Di tahun yang sama, rumah tangga Maia yang dibinanya bersama Ahmad Dhani mengalami goncangan hebat. Maia akhirnya melayangkan gugatan cerai dan dikabulkan pengadilan pada tanggal 23 September 2008. Banyak hal yang diperebutkan, salah satunya adalah harta gono gini. Selain itu, hak asuh ketiga anak hasil buah cinta musisi ini jatuh ke tangan Maia. Namun sayangnya, ketiga anak mereka, masih berada di tangan Dhani. Lama Maia berusaha menempuh jalan kekeluargaan untuk memperoleh haknya bertemu dengan ketiga buah hatinya itu.

Namun, Maia tetap berusaha untuk tabah dan tidak cengeng menghadapi kenyataan pahit tersebut. Ia tetap bersemangat menjalani hidup dan melakukan berbagai cara agar tetap bisa dekat dengan anak-anaknya.

Di saat Maia tengah kembali membangun karirnya bersama Ratu, masalah kembali menerpa. Dhani, sang mantan suami menggugat Maia atas hak nama dari Ratu, dan kemudian melarangnya untuk memakai nama tersebut. Inilah awal keruntuhan masa kejayaan Ratu dan akhirnya karena masih terikat kontrak dengan Sony BMG maka Maia terpaksa harus mencari nama lain untuk albumnya tersebut.

"Apalah Arti Sebuah Nama", demikian ungkapan Maia di blog pribadinya yang mengutip ungkapan pujangga ternama, William Shakespare. Sebaris kalimat itu boleh jadi terlalu klise dan usang, tapi untuk Maia Estianty itu merupakan jawaban singkat atas kiprahnya di dunia musik.

Tak mau dibayangi kiprah di masa lalu, kini Maia tampil dengan citra baru, MAIA. Ya, cukup MAIA saja, dengan logo anggun bertorehkan tinta emas dan bermahkota. MAIA masih mengedepankan konsep duo, karena formasi ini terbukti mendapat apresiasi bagus dari masyarakat. "Formasi ini juga memberikan ruang lebih untuk mengeksplorasi kreativitas, baik dari sisi musik, vokal, maupun performance," jelas ibu muda yang masih terlihat cantik itu.

Album tersebut cukup mendapatkan sambutan positif dari masyarakat, dengan hits single-nya seperti Ingat Kamu dan E.G.P, album MAIA berhasil terjual hingga lebih dari 300 ribu keping. Penghargaan double platinum dari perusahaan rekaman SONY BMG pun dianugerahkan atas kesuksesan album tersebut. Bersama Mey Chan, Maia mulai kebanjiran tawaran manggung. Keduanya juga didapuk menjadi bintang iklan sebuah penyedia jasa layanan telekomunikasi.

Awal Mei 2008 Maia mendapat tawaran untuk menciptakan sebuah lagu yang dinyanyikan oleh Dirly dan beberapa finalis Indonesian Idol untuk dipakai menjadi theme song iklan otomotif Honda.

Pada tahun 2009, MAIA merilis album bertajuk Sang Juara. Album mereka mencetak single seperti Pengkhianat Cinta dan Serpihan Sesal serta Sang Juara. Lagu Sang Juara yang didedikasikan untuk para olahragawan Indonesia itu kemudian dinobatkan oleh Lihat Daftar Menteri
Lihat Daftar Menteri
Menteri
Pemuda & Olahraga Indonesia saat itu, Adyhaksa Dault, sebagai lagu wajib dalam turnamen olahraga yang diselenggarakan di Indonesia sebagai pengganti lagu We Are The Champion milik grup rock legendaris, Queen.

Sukses berkiprah sebagai musisi, membuat Maia tertantang untuk mencoba bidang seni peran. Di pentas seni peran, Maia pernah tampil sebagai cameo dalam film horor berjudul Lantai 13 dan sebagai pemeran pendukung dalam film Oh My God. Ia juga jadi pemeran utama dalam film drama keluarga berjudul Kata Maaf Terakhir yang dirilis pada tahun 2009.

Tak hanya apik memerankan peran serius, Maia juga menunjukkan kemampuannya berakting dalam sejumlah acara komedi di layar kaca. Antara lain Extravaganza dan serial televisi yang tayang di RCTI, OB.

Tak sampai di situ, Maia terus mengeksplorasi potensi yang ada dalam dirinya. Musisi serba bisa ini tak mau hanya tenar sebagai pencipta lagu dan Lihat Daftar Penyanyi
Lihat Daftar Penyanyi
penyanyi
. Ia kemudian membentuk manajemen artis bernama Le-Moesiek. Dalam manajemen bentukannya itu ia berperan sebagai konseptor, pencipta lagu sekaligus memproduseri lahirnya grup band baru. Dalam perkembangan karirnya sebagai produser, Maia sukses membidani kelahiran grup vokal Pasto.

Satu lagi prestasi yang ditorehkan oleh Maia. Pada Mei 2009, lagu ciptaannya, TTM (Teman Tapi Mesra) dibeli oleh salah satu grup di Swedia. Menggunakan irama yang sama, hanya berganti lirik dan judul, Dreaming of The Time, lagu ini bahkan telah sering diperdengarkan pada salah satu radio di Amerika Serikat.

Di tahun 2010, Maia dinobatkan menjadi Duta Anti KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga) oleh sebuah LSM. "Hari ini saya sangat bersyukur, karena dipilih sebagai duta anti KDRT. Mudah-mudahan tugas mulia hari ini, saya sebagai duta bisa dikerjakan dengan lancar," ungkap Maia dalam sambutannya di Ruang Mendirikan sekolah wanita di Jepara dan Rembang
Mendirikan sekolah wanita di Jepara dan Rembang
Kartini
, KeLihat Daftar Menteri
Lihat Daftar Menteri
Menteri
an Negara Pemberdayaan Lihat Daftar Tokoh Perempuan
Lihat Daftar Tokoh Perempuan
perempuan
dan Perlindungan Anak. Jakarta Pusat, Kamis 26 November 2010.

Sebagai duta, Maia yang juga merupakan cicit dari Lihat Daftar Pahlawan Nasional
Lihat Daftar Pahlawan Nasional
pahlawan
nasional HOS Tjokroaminoto itu bertugas mengampanyekan bagaimana cara mencegah terjadinya kekerasan, karena KDRT terjadinya diawali adanya persoalan dalam keluarga. e-ti | muli, red

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 07 Jan 2011  -  Pembaharuan terakhir 25 Feb 2012

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini
Beri Komentar

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Sponsorship

Jika Anda merasa terbantu/senang dengan keberadaan situs ini, mohon dukung kami dengan membeli paket sponsorship. Semua dana yang kami terima akan digunakan untuk memperkuat kemampuan TokohIndonesia.com dalam menyajikan konten yang lebih berkualitas dan dukungan server yang lebih kuat. Dukungan Anda juga memungkinkan kami membuka konten seluas-luasnya kepada publik. Silakan beli paket sponsor dengan aman via paypal (kartu kredit). Bila Anda ingin mentransfer via bank, silakan lihat informasi rekening kami di halaman kontak.

Sponsor Bronze
Sponsor Bronze: US$50
Sponsor Silver
Sponsor Silver: US$250
Sponsor Gold
Sponsor Gold: US$500


Nama para Sponsor akan kami tempatkan di halaman khusus 'Sponsor'. Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi kami via Telp/SMS ke 0852-15333-143 atau e-mail ke sponsor@tokohindonesia.com.
 

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: