WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Berjuang Lewat Muhammadiyah

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Berjuang Lewat Muhammadiyah
Fakhruddin, KH | Tokohindonesia.com | repro

Ia merupakan ulama yang aktif dalam pergerakan nasional melalui keikutsertaannya di Budi Utomo, Sarekat Islam dan Muhammadiyah. Dalam posisinya sebagai pembina generasi muda Muhammadiyah, ia berjasa melakukan pembinaan para calon pemimpin.

Pembina Generasi Muda Muhammadiyah
Lihat Curriculum Vitae (CV) Fakhruddin, KH

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Fakhruddin, KH

QR Code Halaman Biografi Fakhruddin, KH
Bio Lain
Click to view full article
Yunus Husein
Click to view full article
Wahono
Click to view full article
Romli Atmasasmita
Click to view full article
Iga Mawarni
Click to view full article
Darius Marpaung
Click to view full article
Rima Melati
Click to view full article
Melanita Pranaya

Ilmu agama tidak menjauhkan seseorang dari masyarakat, tapi sebaliknya malah mendorong lebih giat dalam pengabdian. Hal itulah yang ditunjukkan Muhammad Jazuli atau yang lebih dikenal dengan nama Kiai Haji Fakhruddin. Sosok ulama yang disegani ini sejak lahir sudah dalam lingkungan agamis yang membuatnya akrab dengan segala hal yang bermuatan Islami. Ayahnya Haji Hasyim merupakan orang pertama yang mengajarkannya pendidikan agama. Selain berguru pada sang ayah, ia juga menimba ilmu agama dari para ulama terkenal di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Bahkan, selama delapan tahun, ia memperdalam pengetahuan agama ke Mekkah.

Bukan hanya aktif dalam bidang keagamaan, ia juga dikenal sebagai seorang ulama yang aktif dalam pergerakan nasional. Hal itu ditunjukkan melalui keikutsertaannya dalam beberapa organisasi, seperti Pendiri dan Ketua Budi Utomo
Pendiri dan Ketua Budi Utomo
Budi Utomo
, Ketua Sarekat Islam (SI)
Ketua Sarekat Islam (SI)
Sarekat Islam
(SI) dan Pendiri Muhammadiyah 1912
Pendiri Muhammadiyah 1912
Muhammadiyah
. Ia mempunyai alasan tersendiri ketika memutuskan untuk bergabung dalam suatu perkumpulan. Ia masuk Ketua Sarekat Islam (SI)
Ketua Sarekat Islam (SI)
Sarekat Islam
dan gerakan Pendiri Muhammadiyah 1912
Pendiri Muhammadiyah 1912
Muhammadiyah
karena gerakan politik yang diusung dua organisasi itu bergerak dalam bidang keagamaan dan sosial. Gerakan politik SI misalnya, bertujuan meningkatkan kesadaran seseorang pada tingkat nation (bangsa). Sedangkan Pendiri Muhammadiyah 1912
Pendiri Muhammadiyah 1912
Muhammadiyah
dianggapnya sebagai pemurnian agama Islam dan kiprah Muhammadiyah sendiri adalah bidang pendidikan.

Di Muhammadiyah, ia banyak berperan dalam pembinaan generasi muda sebagai calon pemimpin di masa depan. Berbagai bidang kegiatan organisasi pernah ditanganinya di samping kehebatannya sebagai juru dakwah yang selalu menekankan persatuan umat, seperti kepanduan Hizbul Wathan dan pemimpin organisasi Penolong Kesengsaraan Umat (PKU).

Ia mendirikan Percetakan Muhammadiyah sebagai salah satu sarana komunikasi dan pendidikan umat. Ia menyadari bahwa peningkatan pendidikan tidak mungkin dapat dilepaskan dari penyediaan sekolah yang memerlukan dana yang cukup. Maka dengan rela ia berkeliling ke berbagai kota seperti Jakarta, Pekalongan, dan Surabaya untuk menggerakkan umat bagi pendidikan generasi muda.

Menurut Fakhruddin, umat Islam harus berani menentang pikiran kolot untuk mencapai kemajuan. Untuk mendidik generasi muda yang kelak akan meneruskan sinar Islam, menurutnya sekolah-sekolah agama perlu diperbanyak. Tak hanya itu, metode dalam penyampaian dakwah pun harus terus menerus diperbarui. Dengan berlandaskan pemikiran-pemikiran tersebut, di bawah bendera Muhammadiyah, Fakhruddin giat melakukan pembinaan para calon pemimpin dan dikenal sebagai pembina generasi muda Muhammadiyah.

Kecerdasan Fakhruddin membuatnya dipercaya untuk mengemban berbagai tugas penting. Contohnya, ia pernah dipercaya menjadi pengurus bagian dakwah, bagian utama pustaka, dan bagian pengajaran. Tahun 1921, Fakhruddin juga pernah diutus ke Mekkah untuk meneliti nasib para jemaah haji asal Indonesia. Pada saat itu, jemaah haji dari Indonesia sering mendapat perlakuan yang kurang baik dari pejabat-pejabat Mekkah. Tapi dengan usahanya, berbagai hal yang kurang baik itu dapat diatasi. Sekembalinya dari Mekkah, ia pun langsung memprakarsai pembentukan Badan Penolong Haji.

Selain ke Mekkah, ia juga pernah diutus ke Kairo sebagai wakil umat Islam Indonesia untuk menghadiri Konferensi Islam.

Untuk menopang hidupnya, ia mencari nafkah dengan menjadi seorang pedagang. Pendapatannya dari hasil berdagang terbilang cukup besar, tetapi sebagian pendapatan tersebut disumbangkan untuk kepentingan organisasi. Rumahnya pun seringkali dipakai sebagai tempat kursus anggota Muhammadiyah.

Haji Fakhruddin juga giat menulis, hasil tulisannya selain dimuat dalam majalah, dan surat kabar juga dalam bentuk buku, antara lain Pan Islamisme dan Kepentingan Pengajaran Agama.

Kesibukannya mengurus Muhammadiyah dan usahanya, membuatnya kurang memperhatikan kesehatannya. Menjelang kongres Muhammadiyah di Wakil Presiden Republik Indonesia (1972-1978)
Wakil Presiden Republik Indonesia (1972-1978)
Yogyakarta
pada tahun 1929, ia jatuh sakit. Pada tanggal 28 Februari 1929, ia akhirnya meninggal dunia di Wakil Presiden Republik Indonesia (1972-1978)
Wakil Presiden Republik Indonesia (1972-1978)
Yogyakarta
dan dikebumikan di Pakuncen, Wakil Presiden Republik Indonesia (1972-1978)
Wakil Presiden Republik Indonesia (1972-1978)
Yogyakarta
.

Atas jasa-jasanya kepada negara, Kiai Haji Fakhruddin dianugerahi gelar Lihat Daftar Pahlawan Nasional
Lihat Daftar Pahlawan Nasional
pahlawan
Kemerdekaan Nasional berdasarkan SK Presiden Republik Indonesia No. 162/TK/Tahun 1964, tanggal 26 Juni 1964. e-ti

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 06 Sep 2010  -  Pembaharuan terakhir 24 Feb 2012
Bunda Bagi Kaum Miskin Calon Tunggal Gubernur Bi

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Majalah Tokoh Indonesia Edisi 42

Tokoh Monitor

Buku Pilihan

thumb

Belajar matematika bersama para Tales Runner di Tales World akan menjadi petualangan yang sangat seru! Ayo kita ikuti!

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: