WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

KASAD Pertama

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

KASAD Pertama
GPH Djatikusumo | Tokoh.ID | repro

Putra ke-23 dari Susuhunan Pakubuwono X ini dikenang sebagai figur yang produktif dan pernah mengemban sejumlah jabatan strategis di militer dan pemerintahan. Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) yang pertama (1948-1949) ini pernah tiga kali menjabat sebagai menteri dan beberapa kali menjadi Duta Besar.

KASAD Pertama, Pahlawan Nasional
Lihat Curriculum Vitae (CV) GPH Djatikusumo

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) GPH Djatikusumo

QR Code Halaman Biografi GPH Djatikusumo
Bio Lain
Click to view full article
Sjahrir
Click to view full article
Mooryati Soedibyo
Click to view full article
Susilo Bambang Yudhoyono
Click to view full article
Imran
Click to view full article
Bibit Waluyo
Click to view full article
Dina Nuriyati
Click to view full article
Adang Ruchiatna P

Gusti Pangeran Hario (GPH) Djatikusumo dilahirkan di Raja Kasunanan Surakarta, 1893-1939
Raja Kasunanan Surakarta, 1893-1939
Surakarta
pada 1 Juli 1917 sebagai seorang bangsawan yang melalui masa kecilnya di istana Kasunanan Raja Kasunanan Surakarta, 1893-1939
Raja Kasunanan Surakarta, 1893-1939
Surakarta
. Setelah menamatkan pendidikan di ELS dan HBS, ayahnya, Sunan Paku Buwono X sebenarnya menginginkan agar anak laki-lakinya tersebut menjadi seorang prajurit dengan belajar di Akademi Militer di Breda. Namun, Djatikusumo lebih memilih untuk bersekolah di sekolah tehnik tinggi di Delft, Belanda.

Alasan kenapa ia tidak meluluskan keinginan sang ayah karena ia tidak bersedia mengangkat sumpah setia kepada Ratu dan Konstitusi Belanda yang wajib dilakukan oleh setiap lulusan akademi militer tersebut.

Meletusnya Perang Dunia II di tahun 1939, membuat Djatikusumo memutuskan untuk kembali ke Tanah Air kemudian meneruskan pendidikannya di sekolah militer Corps Opleiding Reserce Officieren (CORO).  Sebagai seorang perwira lulusan CORO, ia turut bertempur melawan pasukan Jepang di Ciater, Bandung, Jawa Barat. Pendidikan militernya diteruskan di sekolah tentara PETA (Pembela Tanah Air) di Bogor pada masa pendudukan Jepang.

Usai menjalani pendidikan di PETA, Djatikusumo kemudian ditempatkan di Daidan (Batalyon) PETA di Solo. Setelah proklamasi kemerdekaan, ia tetap melanjutkan karier militernya sebagai komandan batalyon kemudian sebagai Panglima Divisi IV di Salatiga. Pada bulan Juni 1946, Djatikusumo diangkat menjadi Panglima Divisi V Ronggolawe di Mantingan, kemudian dipindahtugaskan ke Cepu.

Ketika bertugas di Salatiga, ia mendirikan Sekolah Opsir Cadangan dalam rangka memberikan pelatihan militer bagi guru-guru dan pelajar sekolah menengah yang tergabung dalam kesatuan-kesatuan militer.

Pada tahun 1948, ia diangkat sebagai Lihat Daftar Direktur
Lihat Daftar Direktur
Direktur
Akademi Militer di Wakil Presiden Republik Indonesia (1972-1978)
Wakil Presiden Republik Indonesia (1972-1978)
Yogyakarta
berkat pengalamannya dalam menyelenggarakan pendidikan. Masih di tahun yang sama, jabatan sebagai Kepala Staf Angkatan Darat sempat diembannya.

Ia pun turut berperan dalam melakukan perlawanan terhadap Belanda, saat terjadi Agresi Militer ke 2 dengan memimpin para taruna Akademi Militer bergerilya di sekitar Wakil Presiden Republik Indonesia (1972-1978)
Wakil Presiden Republik Indonesia (1972-1978)
Yogyakarta
. Pemerintahan sipil di Kabupaten Sleman pun dipimpinnya atas nama Sultan Hamengku Buwono IX.

Setelah berakhirnya perang kemerdekaan, berbagai jabatan yang pernah dipangkunya antara lain Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad) dan Lihat Daftar Direktur
Lihat Daftar Direktur
Direktur
Zeni Angkatan Darat. Selain berkarier di bidang militer, beberapa posisi penting di pemerintahan juga dipercayakan pada Djatikusumo. Selama satu tahun ia menjabat sebagai Lihat Daftar Menteri
Lihat Daftar Menteri
Menteri
Perhubungan, Pos, Telekomunikasi, dan Pariwisata. Ketika mengemban jabatan itu, ia bertugas untuk mengembangkan pariwisata Indonesia dengan memprakarsai pementasan sendratari cerita klasik Ramayana. Dengan mengambil latar belakang Candi Prambanan, sendratari kolosal yang melibatkankan lebih dari 100 orang penari dan pemain gamelan untuk pertama kalinya diselenggarakan pada tahun 1961.

Sederet jabatan lain yang pernah dipegangnya adalah Konsul Jenderal RI di Singapura, Dutabesar dan Berkuasa penuh RI untuk Malaysia, kemudian untuk kerajaan Maroko, dan Republik Prancis serta yang terakhir sebagai Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Agung (DPA).

Djatikusumo masih aktif mengikuti berbagai seminar-seminar terutama di bidang wawasan kebangsaan meskipun usianya sudah lanjut. Pangkat militer terakhir yang disandangnya adalah Letnan Jenderal dan akhirnya dinaikan menjadi Jenderal Kehormatan. Jenderal Kehormatan GPH Djatikusumo tutup usia pada 4 Juli 1992 di Jakarta. Jenazahnya dikebumikan di Wonogoro, Jawa Tengah.

Atas jasa-jasanya kepada negara, Jenderal Kehormatan GPH Djatikusumo dianugerahi gelar Lihat Daftar Pahlawan Nasional
Lihat Daftar Pahlawan Nasional
pahlawan
Nasional berdasarkan SK Lihat Daftar Presiden Republik Indonesia
Lihat Daftar Presiden Republik Indonesia
Presiden RI
No. 073/TK/Tahun 2002, tanggal 6 November 2002. Bio TokohIndonesia.com | cid, red

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 29 May 2017  -  Pembaharuan terakhir 30 May 2017
Politisi Cerdas Dan Bijak Berani Mati Terhormat

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Saya Indonesia Saya Pancasila

Tokoh Monitor

Buku Pilihan

thumb

Buku ini mengulas ilmu grafologi yaitu bagaimana menganalisis tulisan tangan seseorang untuk mengetahui kepribadian atau karakternya.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: