WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Ketua MK, Lewat Voting 3 Putaran

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Ketua MK, Lewat Voting 3 Putaran
Akil Mochtar| Ensikonesia.com | Tribun

Hakim Konstitusi Akil Mochtar terpilih sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) periode 2013-2015. Pria kelahiran Putussibau, Kalimantan Barat, 18 Oktober 1960, itu menggantikan Mahfud MD. Akil terpilih melalui mekanisme voting tiga putaran oleh sembilan hakim konstitusi di Gedung MK, Jakarta, Rabu 3 April 2013. Namun, dipecat karena tertangkap tangan menerima suap Oktober 2013.

Ketua MK RI (2013), Dipecat Tidak Hormat
Lihat Curriculum Vitae (CV) Akil Mochtar

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Akil Mochtar

QR Code Halaman Biografi Akil Mochtar
Bio Lain
Click to view full article
Marga T
Click to view full article
Serang Dakto
Click to view full article
Bachtiar Effendi
Click to view full article
Nelly Adam Malik
Click to view full article
Djisman S Simanjuntak
Click to view full article
Eko Patrio
Click to view full article
Yusril Yusuf
BERITA TERBARU

Proses voting dipimpin Wakil Ketua MK Achmad Sodikin dengan disaksikan oleh Sekretaris Jenderal MK Janedjri M Gaaffar dan para pegawai MK. Pada voting putaran pertama, empat hakim konstitusi mendapat suara, yakni Akil Mochtar (4 suara), Hamdan Zoelva (2 suara), Harjono (2 suara) dan Arif Hidayat (1 suara). Karena belum ada yang memperoleh 5 suara (di atas 50%) maka harus dilanjutkan putaran kedua yang diikuti oleh dua hakim konstitusi yang memperoleh suara terbanyak pertama dan kedua.

Akil akan menjabat Ketua MK selama dua tahun enam bulan. Hal itu berdasarkan hasil revisi UU MK. Sebelum direvisi, masa jabatan ketua MK dan wakil ketua MK adalah tiga tahun.

Namun, karena ada dua hakim yang memperoleh suara terbanyak kedua yakni masing-masing dua suara, maka putaran kedua dilakukan dengan memilih dua hakim tersebut, apakah Hamdan atau Harjono yang berhak maju ke putaran ketiga. Hasilnya, Harjono mendapat 4 suara dan Hamdan mendapat 3 suara, satu suara tidak sah karena memilih keduanya dan satu orang abstain.

Putaran ketiga, Akil dan Harjono yang berhak maju. Hasil voting, Akil mendapat 7 suara dan Harjono 2 suara. Pada saat perhitungan suara, ketika Akil mendapat 5 suara, Harjono langsung memberi selamat kepada Akil yang telah terpilih jadi Ketua MK periode 2013-2015. Suasana akrab dan demokratis yang dilakonkan para hakim konstitusi mengundang para pegawai yang hadir bertepuk tangan.

Sebelum voting dilakukan, sembilan hakim konstitusi menyampaikan visi dan misi secara singkat. Dua hakim konstitusi, yakni Anwar Usman dan Muhammad Alim menyatakan tidak bersedia dipilih sebagai ketua MK. Kemudian, sembilan hakim konstitusi menggelar rapat musyawarah tertutup untuk memilih ketua MK. Namun karena tidak tercapai kesepakatan bulat atau aklamasi dalam musyawarah mufakat secara tertutup yang berlangsung sekitar 75 menit tersebut, maka pemilihan dilakukan secara voting (pemungutan suara terbanyak) sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2011 tentang Perubahan UU Nomor 24 Tahun 2003 tentang MK. Akil akan menjabat Ketua MK selama dua tahun enam bulan. Hal itu berdasarkan hasil revisi UU MK. Sebelum direvisi, masa jabatan ketua MK dan wakil ketua MK adalah tiga tahun. Penulis: Binsar Halomoan | Bio TokohIndonesia.com

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh cross  -  Dibuat 03 Apr 2013  -  Pembaharuan terakhir 29 Oct 2014
Anggota Dpd Dari Jabar Gubsu Sipil Pertama Sejak Orba

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Majalah Tokoh Indonesia Edisi 42

Tokoh Monitor

Buku Pilihan

thumb

Belajar matematika bersama para Tales Runner di Tales World akan menjadi petualangan yang sangat seru! Ayo kita ikuti!

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: