WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Mencuat Tangani Kasus Teroris

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Mencuat Tangani Kasus Teroris
Muhammad Mahendradatta | TI | Dok.Pri

Muhammad Mahendradatta, SH. MA. MH lahir di Jakarta 11 Januari 1962 dan berprofesi sebagai pengacara. Mantan Koordinator Tim Pembela Muslim ini dikenal sebagai sosok pengacara fenomenal karena menangani sejumlah kasus yang dianggap kontroversial dan melambungkan namanya tak hanya dalam negeri tapi juga internasional.

Pengacara, Mantan Koordinator TPM
Lihat Curriculum Vitae (CV) Muhammad Mahendradatta

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Muhammad Mahendradatta

QR Code Halaman Biografi Muhammad Mahendradatta
Bio Lain
Click to view full article
Anggito Abimanyu
Click to view full article
Sanusi Pane
Click to view full article
Alwi Dahlan
Click to view full article
Indra Setiawan
Click to view full article
Arbi Sanit
Click to view full article
Ulil Abshar Abdhalla
Click to view full article
Fatmawati

Karena keberanian dan keteguhan menjadikannya sebagai sosok pengacara fenomenal. Ia tak pandang bulu terhadap siapa yang akan dibela bahkan untuk membela terdakwa teroris yang mendapatkan stigma negatif dan menghadirkan ketakutan di tengah masyarakat sekalipun.

Namun, tidak demikian halnya dengan Muhammad Mahendradatta yang pernah mengenyam pendidikan di negeri Paman Sam, University of California at Los Angeles (UCLA). Lewat pembelaannya dalam beberapa kasus teroris, pria jebolan Fakultas Hukum Universitas Indonesia pada tahun 1988 ini, namanya semakin di kenal dalam negeri hingga internasional setelah menjabat sebagai Ketua Tim Pembela Muslim (TPM) yang dibentuk pada tahun 2007.

Beberapa kasus kontroversial yang pernah di tangani peraih Magister Hukum Lihat Daftar Tokoh Pengusaha
Lihat Daftar Tokoh Pengusaha
bisnis
dari Universitas 2002, ini diantaranya pembelaan hukum terhadap Ustadz Jafar Umar Thalib, Panglima Laskar Jihad Ahlus'sunnah Wal Jamaah (Aswaja) yang terjerat kasus pidana rajam dan Penghinaan Terhadap Kepala Negara Presiden Presiden Republik Indonesia Kelima (2001-2004)
Presiden Republik Indonesia Kelima (2001-2004)
Megawati Soekarnoputri
. Tidak pandang bulu, Al Ustadz Abubakar Ba'asyir pemimpin Amir Jamaah Ansharut Tauhid terdakwa kasus pelatihan teroris di Pejuang dari Aceh
Pejuang dari Aceh
Aceh
dan pelaku Bom Bali Amrozi, Imam Samudera dan Ali bhufron juga pernah dibelanya.

Karena melihat sepak terjangnya yang berani dan tegas, Mahendra sempat digadang-gadang menjadi salah satu pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada periode 2012-2016. Namun hal itu urung diteruskannya, meski namanya sudah masuk dalam deretan 142 yang lolos seleksi Kemenkum dan HAM. Ia sengaja tidak hadir, lantaran kecewa dan menduga panitia seleksi meloloskan beberapa pejabat KPK yang diduga melakukan korupsi.

Meski demikian, ia menyebutkan beberapa kriteria pimpinan KPK yang ideal dan harus bebas dari intervensi pihak manapun. Menurutnya, seorang pimpinan KPK harus solitaire, penyendiri, sehingga tidak memiliki toleransi untuk memproses yang melakukan korupsi.

“Berikan amanah kepada KPK untuk tidak disentuh oleh kekuasaan, independen, murni. Biarkan pimpinan menjadi solitaire. Sehingga tidak ada potensi toleransi, “kata Mahendradatta seperti dilansir Tribunnews.com, 3 Juli 2011.

Sebenarnya ia menilai dalam hal hasil akhir KPK sudah berjalan dengan bagus. Namun yang masih disayangkannya, KPK saat berhadapan dengan kekuasaan menjadi tidak berdaya. Iapun menyarankan agar KPK seharusnya tidak memikirkan politik dan ekonomi. Menurutnya dua hal ini sangat kental dengan kekuasaan.

Selain itu, sikap pimpinan KPK yang solitaire harus tetap dijaga dengan tidak sering hadir dalam acara seremonial dengan kekuasaan. Jika hal itu terjadi dikhwatirkannya akan berpengaruh kepada kinerja pimpinan KPK.

Sebagai Tim Pengacara Muslim atau Tim Pembela Muslim (TPM), ia sebenarnya memiliki keingingan untuk membubarkan TPM. Namun seperti dilansir hizbut-tahrir (26/2010), menurutnya, hal itu belum bisa dilakukan selama kedzaliman terhadap umat Muslim masih terus terjadi. Namun, ia mengakui karena dinamai dengan “Tim” yang menyerupai adhock, akan bubar sendiri kalau tidak ada lagi umat Islam yang didzalimi. Bio TokohIndonesia.com | san

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 27 Jun 2012  -  Pembaharuan terakhir 19 Oct 2012
Pelatih Kekuatan Esq Bersenjatakan Mikrobia

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Majalah Tokoh Indonesia Edisi 42

Tokoh Monitor

Jual Buku Sutiyoso Sang Pemimpin

Buku Pilihan

thumb

Dalam buku ini akan dibahas beberapa bahan pangan penting yang memiliki khasiat ampuh untuk keawetmudaan dan panjang umur.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: