WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Maestro Campak Dalong

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Maestro Campak Dalong
e-ti | kompas-khaerudin

Sesaat kami ragu untuk mengunjungi rumahnya pada malam hari. Waktu ketika itu menunjukkan pukul 21.30. Tak elok berkunjung ke rumah orang di Pulau Bangka larut malam begini. Profesor Muhammad Haji Salleh, pengajar Universiti Sains Malaysia yang tengah meneliti asal usul Hang Tuah, menyarankan agar datang keesokan pagi. Namun, kami tersadar, Orang Laut justru terbiasa akrab dengan malam.

 

Seniman
Lihat Curriculum Vitae (CV) Batman

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Batman

QR Code Halaman Biografi Batman
Bio Lain
Click to view full article
Tya Setiawati
Click to view full article
Angelina Sondakh
Click to view full article
Jusuf Wanandi
Click to view full article
Era Soekamto
Click to view full article
Enggartiasto Lukita
Click to view full article
Popong Otje
Click to view full article
Subrata
BERITA TERBARU

Akhirnya, dari Pangkal Pinang kami segera meluncur ke rumah salah satu Kepala Suku Orang Laut, Batman, di Dusun Kedimpel, Desa Baskara Bhakti, Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung. Benar saja, 20 menit kemudian, kami jumpai Batman tengah bercengkerama dengan adik ipar dan sepupunya di sebuah kedai di dekat rumahnya.

Di Bangka Belitung, Orang Laut juga dikenal dengan sebutan Orang Sawang atau Sekak. Tak pernah jelas dari mana sebutan Sawang dan Sekak berasal. Namun Sawang, menurut Batman, berarti sesuatu yang berada di atas, mengingat nenek moyang Orang Laut dahulu kala jika meninggal dunia tak dikubur di tanah, melainkan dibakar jasadnya.

Batman bukanlah nama sebenarnya. Orangtuanya menamai Rianto. Jika orang yang menghubungkan nama Batman dengan superhero imajinasi keluaran DC Comics, memang ada benarnya. Perubahan nama ini berhubungan dengan kebiasaan orangtua mana pun di Nusantara yang mengganti nama anaknya jika ketika kecil sering sakit-sakitan.

Batman menuturkan, karena dia sering sakit-sakitan, orangtuanya mengganti nama Rianto menjadi Bat. Hanya Bat. Namun, ketika menginjak usia muda, Bat yang sedari kecil memang nakal berkembang menjadi anak muda yang senang berkelahi.

"Kebetulan menang terus kalau berkelahi. Sekitar tahun 1963, saya sering nongkrong dengan kawan-kawan di Bioskop Gunung Tajam di Tanjung Pandan (Belitung). Nah, waktu itu ada film Batman yang diputar. Kawan-kawan pun memanggil saya dengan nama Batman. Tapi, saya minta jangan dilafalkan betmen, batman saja," katanya tertawa.

Tak aneh memang jika merunut kenakalan Batman. Sejak usia 9 tahun, dia telah berani menyelundupkan timah untuk dibawa keluar Pulau Bangka. Batman pun pernah merasakan tuahnya menyelundup timah dari Bangka hingga ke Singapura. Pada 1968, Batman bersama 12 orang lainnya ditangkap petugas imigrasi Malaysia di perairan antara Kota Tinggi dan Johor. Dia pun harus mendekam di penjara selama 2 tahun 6 bulan.

Ada cerita lucu saat Batman menjalani masa tahanannya. Dia terpaksa menjalani masa tahanan selama 2 tahun 6 bulan karena sidang perkaranya berlarut-larut. Ketika pengadilan Malaysia memvonisnya bersalah, pengacara Batman naik banding. Tauke timah selundupan memang menyediakan pengacara untuk Batman dan 12 temannya.

Ketika sidangnya yang terakhir digelar di Pulau Pinang, ternyata hakimnya masih keturunan Orang Laut di Malaysia. Mengetahui Batman ternyata Orang Laut yang biasa tak mengenal sempadan negara di lautan, sang hakim hanya memvonis Batman dengan hukuman tujuh hari. "Saya suruh teman-teman saya mengaku juga sebagai Orang Laut agar hukumannya sama," katanya terkekeh.

Keturunan seniman

Batman kecil rupanya tak hanya nakal. Sebagai keturunan langsung seniman Campak Dalong, Batman sejak usia tujuh tahun sudah belajar menari dan menyanyi, dua elemen pokok seni tradisi milik Orang Laut yang tinggal di Bangka Belitung. Campak dalam bahasa Orang Laut berarti menyepak, sementara Dalong adalah kalung. Yang disepak adalah gelombang laut. Inti gerakan tari Campak Dalong adalah ketika kaki penari menyepak gelombang laut yang datang ke pesisir. Sepakan kaki pada gelombang itu menimbulkan bunyi "pak". Bunyi inilah yang kemudian diiringi dengan tepukan gendang.

Tarian menyepak gelombang menjadi hiburan bagi suku Orang Laut. Mereka melengkapinya dengan nyanyian, yang umumnya diciptakan ketika mereka dalam lamunan ombak, merenung di atas perahu, tempat tinggal sejati Orang Laut. Gerakan luwes tetapi tegas dari orang yang terbiasa menghadapi gelombang tinggi.

Dalong yang melingkar di leher tak sekadar aksesori penari meski asal usulnya hanya karena Orang Laut ingin meniru aksesori orang Belanda. Dalong terbuat dari kerang-kerang kecil yang dirangkai dengan benang.

Ada yang magis dalam Campak Dalong, yakni ketika tarian ini dilakukan dalam upacara Muang Jong atau Buang Jung, upacara adat sebagai bentuk rasa syukur Orang Laut atas karunia Tuhan yang diberikan lewat lautan. Dalam upacara Buang Jung, Orang Laut melarung miniatur perahu yang sudah diisi berbagai jenis makanan, dari ketupat hingga pisang.

Saat Buang Jung itulah biasanya Orang Laut menarikan Campak Dalong. Sebagai pemimpin Suku Orang Laut, Batman menjadi pemimpin pula saat menarikan Campak Dalong. Dia menari dan menyanyi. Campak Dalong yang ditarikan ketika Buang Jung biasa diikuti dengan deker, sejenis nyanyian untuk memanggil roh halus penghuni lautan.

Tak terdokumentasikan

Nyanyian Campak Dalong merupakan tradisi lisan yang tak terdokumentasikan. Sebagai Lihat Daftar Penyanyi
Lihat Daftar Penyanyi
penyanyi
, Batman memiliki karakter vokal yang kuat dan khas. Tak ada Orang Laut lainnya yang bisa menyamai tingginya vokal Batman. Karakter vokal seperti ini, menurut kepercayaan Orang Laut, hanya bisa diturunkan ke anak-anak kepala suku Orang Laut.

"Kalaupun anak kepala suku tak pernah belajar, tetapi orang lain yang bukan anak kepala suku belajar tarian dan nyanyiannya, yang akan pandai menyanyi dan menarikannya pasti anak kepala suku," kata Batman.

Sebagai tradisi lisan, Campak Dalong memang sudah lama terancam punah. Nyanyian dan deker tak terdokumentasikan oleh senimannya. Batman hanya menghafal di kepalanya. Tak sekadar menghafal lagu yang diciptakan nenek moyangnya, Batman juga menciptakan lagu dan kreasi gerak Campak Dalong sendiri. Ada 28 lagu yang diciptakan Batman. "Lagu dan gendangnya harus seiring dengan gerak tari," kata Batman.

Ketika seni tradisi Orang Laut hampir punah karena pemerintah "memaksa" mereka pindah ke darat, mendirikan rumah-rumah di daratan, Batman dengan setia tetap menjaga warisan nenek moyangnya. Meski nyanyian dan tarian tidak lagi tercipta saat dia merenung di atas perahu yang dilamun ombak di lautan.

Pada Juni 2010, Batman bersama seniman tradisi lainnya di Indonesia mendapatkan gelar maestro dari pemerintah melalui KeLihat Daftar Menteri
Lihat Daftar Menteri
Menteri
an Kebudayaan dan Pariwisata. Sebagai maestro, Batman berhak mendapatkan tunjangan Rp 1 juta setiap bulan. Namun, meski hingga sekarang tunjangan tersebut belum juga dia dapatkan, Batman, seperti halnya Orang Laut lainnya, tetap setia kepada warisannya. e-ti

Sumber: Kompas, Jumat, 3 Desember 2010 | Penulis: Khaerudin

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 18 Feb 2011  -  Pembaharuan terakhir 23 Feb 2012
Sang Perempuan Wali Kota Mendorong Pertanian Jadi Lokomotif Kesejahteraan

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Majalah Tokoh Indonesia Edisi 42

Tokoh Monitor

Buku Pilihan

thumb

Dalam buku ini akan dibahas beberapa bahan pangan penting yang memiliki khasiat ampuh untuk keawetmudaan dan panjang umur.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: