WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Bintang Baru Gokar Indonesia

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Bintang Baru Gokar Indonesia
e-ti | mediaidonesia-m irfan

Setelah sukses menjuarai karting nasional dan Asia, Sean bercita-cita tampil di Formula One (F1).

Pembalap muda, navigator
Lihat Curriculum Vitae (CV) Sean Gelael

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Sean Gelael

QR Code Halaman Biografi Sean Gelael
Bio Lain
Click to view full article
Abdul Rivai Harahap
Click to view full article
Rahmaniar
Click to view full article
Urip Santoso
Click to view full article
Arist Merdeka Sirait
Click to view full article
Prof Sajogyo
Click to view full article
Amien Sunaryadi
Click to view full article
Siti Walidah Ahmad Dahlan
BERITA TERBARU

Saat berada di tengah kedua orang tuanya, Sean Gelael masih tampak kekanak-kanakan. Bahasa Indonesianya yang kurang lancar juga membuatnya sedikit kikuk menjawab pertanyaan Lihat Daftar Wartawan
Lihat Daftar Wartawan
wartawan
.

Namun, di lintasan balap anak pasangan Lihat Daftar Tokoh Pengusaha
Lihat Daftar Tokoh Pengusaha
pengusaha
dan mantan pembalap Ricardo Gelael dan mantan aktris Rini S Bono ini sudah membuktikan ia bukan anak baru gede biasa. Minggu (12/12), Sean menjuarai Asian Karting Open Championship 2010 di Makau.

Gelar itu memantapkannya sebagai harapan baru Indonesia di ajang gokar Asia dan dunia. Pada tahun ini pula,
remaja 14 tahun itu menjadi juara Indonesian National Karting Championship.

Prestasi Sean membawanya menjadi bintang baru bagi dunia gokar Indonesia. Pada seri tiga di Sentul, pegokar Indonesia lainnya tidak bisa naik podium. Pegokar Lihat Daftar Tokoh Perempuan
Lihat Daftar Tokoh Perempuan
wanita
Alexandra Asmasoebrata hanya menempati posisi tujuh, sementara Senna SN di posisi lima.

"With a pray, I will try to fi ght and work hard in the next championship series. Saya akan terus berusaha keras saja," tuturnya pada acara syukuran kesuksesannya di Jakarta, Jumat (17/12) malam.

Ya, gelar demi gelar memantapkan Sean terus berlaga di arena sirkuit. Ia pun sudah bersiap berjibaku pada kejuaraan-kejuaraan karting di Eropa mendatang.

Pada 2011, ia bakal mengikuti sedikitnya 11 kejuaraan gokar di enam negara. Itu meliputi Italia, Prancis, Jepang,
Spanyol, Amerika Serikat, dan Makau.

"Bagi saya, sekarang hanya berorientasi pada kejuaraankejuaraan di Eropa. Kiblat otomotif ada di sana. Jadi, saya fokus untuk bisa meraih hasil di sana nanti," tukasnya.

Dengan bermodal gelar juara yang telah diraihnya,Sean optimistis bakal membawa nama Indonesia untuk bertarung dengan sederet pembalap dunia lainnya.

Pelatih asal Belanda Dennis van Rhee mengatakan Sean memiliki potensi untuk bisa bersaing di Eropa.

"Orientasi kami adalah F1. Ini masih butuh waktu 4-5 tahun lagi. Kami telah mempersiapkan pembalap muda ini dari sekarang," tutur pelatih yang digaji sebesar US$5.000 (sekitar Rp45 juta) itu.

Co-driver termuda Seperti pepatah buah jatuh tidak jauh dari pohonnya, begitu pula perkenalan Sean dengan dunia balap. Itu berawal saat Sean kecil menginjak usia dua tahun, ia mulai menyukai mobil-mobilan.

Kesenangan Sean di bidang otomotif makin terasah saat sang ayah mengajarinya mengendarai mobil. "Saat itu, saya cuma megang-megang setir dan terasa enak sekali," tutur Sean, santai.

Sang ayah yang saat itu masih aktif sebagai pembalap nasional sering mengajaknya untuk menemani tampil di berbagai kejuaraan.

Saat di Medan, Sumatra Utara, misalnya, Ricardo sengaja membawa Sean untuk sekadar melihat-lihat arena dan suasana perlombaan.

Alhasil, saat usia delapan tahun, Sean sudah mulai menjadi navigator cilik. Di usia 10 tahun, ia pun sudah
mampu menjadi profesional. Hal itulah yang membuat Sean mendapatkan penghargaan sebagai awak pengemudi termuda dari Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) pada 2007.

Setahun berselang, ia kembali meraih penghargaan Muri kedua sebagai co-driver termuda pada Indonesian National Relly Championship 2008.

Sebagaimana pembalap lainnya, Sean tidak luput dari kecelakaan. Namun, kecelakaan di usia 10 tahun itu tidak membuatnya goyah.

Antara sekolah dan balap Meniti karier di usia belia tidaklah mudah bagi Sean. Ia harus pandai membagi waktu antara sekolah dan ambisinya sebagai pembalap.

Situasi dirasanya makin sulit ketika makin banyak balapan di luar negeri yang harus diikuti. Ia pun harus pandai-pandai meminta pengertian pihak sekolah.

"Belajar sedikir terganggu. Namun, sepulang balapan saya mengikuti pelajaran lagi," tutur siswa kelas III SMP Cita Buana, Jakarta, itu.

Tidak hanya di dunia akademis, Sean juga berusaha tetap menikmati kehidupannya sebagai remaja. Agar tetap akrab dengan teman-teman, ia sering mengajak mereka ikut bermain balapan bersama.

Kesimbangan antara dunia balap dan akademis itu juga buah dari peran orang tua. "Sekarang ini ia masih anakanak.

Namun, setelah usia 17 tahun, saya memberikan ia kebebasan dalam menentukan hidup," ungkap Ricardo. Sean sendiri telah memiliki rencana untuk hidupnya kelak, dan itu tidak jauh dari dunia jet darat.

"Target utama saya ingin main di F1. Saya kira ini sangat sulit. Namun, saya ingin berlatih lebih lagi," paparnya. Semoga saja tekadnya menjadi satu pertanda lagi kebangkitan olahraga kita. (M-7) e-ti

Sumber: Media Indonesia, Senin, 20 Desember 2010 | Penulis: Iwan Kurniawan

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 17 Feb 2011  -  Pembaharuan terakhir 23 Feb 2012
Rektor Itb Jadi Menristek Bapak Pembangunan Indonesia

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Majalah Tokoh Indonesia Edisi 42

Tokoh Monitor

Jual Buku Biografi Hukum Romli Atmasasmita

Buku Pilihan

thumb

Buku ini bicara bagaimana membuat tulisan cerpen dengan cara yang mudah dan cepat dapat dilakukan, menarik dan ada pola yang jelas.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: