WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Memotivasi Kemandirian Si Miskin

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Memotivasi Kemandirian Si Miskin
e-ti | mediaindonesia-ujang zl

Memotivasi masyarakat miskin untuk mandiri jauh lebih penting dan efektif ketimbang berbagai program pengentasan dari pemerintah yang tidak kunjung menciptakan masyarakat sejahtera.

Pendiri dan pengelola lembaga keuangan syariah di bebagai tempat di Kalimantan S...
Lihat Curriculum Vitae (CV) Habib Ali Al Habsyi

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Habib Ali Al Habsyi

QR Code Halaman Biografi Habib Ali Al Habsyi
Bio Lain
Click to view full article
Edwin
Click to view full article
Andi Mattalata
Click to view full article
Sigit Sukasman
Click to view full article
Hendardi
Click to view full article
Eddy Silitonga
Click to view full article
Popong Otje
Click to view full article
Sutomo

DI sepanjang jalan desa dari kediamannya yang sederhana di Jalan Pendidikan V, Sei Paring, Martapura, Kabupaten Banjar (45 km dari Pemimpin Perang Banjar
Pemimpin Perang Banjar
Banjarmasin
), menuju kantor lembaga keuangan (BMT) di Sekumpul, Martapura, Habib Ali Al Habsyi terpaksa berhenti beberapa kali. Warga tidak hanya menyapa, tetapi juga datang menghampiri sekadar untuk bersalaman hingga minta didoakan hajatnya.

Bagi masyarakat Banjar yang dikenal religius, sosok habib begitu dihormati. Terlebih kawasan Sekumpul, Martapura, merupakan lokasi kelompokpengajian dan makam tuan guru ka-rismatik KH Zaini Gani yang terkenal hingga ke mancanegara.

"Assalamualaikum, habib, apa kabar? Tolong doakan usaha saya agar lancar ya," ucap seorang ibu penjual nasi kuning di pinggir jalan. "Amin," kata Habib Ali yang kemudian berhenti dan berbincang-bincang dengan sejumlah warga. Setiap hari, peraih Maarif Award 2010 itu memang berjalan kaki atau membonceng karyawannya yang menjemput ke rumah. Penampilannya juga sederhana dan ramah sehingga warga sekitar tidak segan bergaul dengannya. Berbeda dengan para habib yang kerap mengenakan pakaian gamis dan sorban, Habib Ali justru gemarmenggunakan Desainer
Lihat Daftar Desainer
Lihat Daftar Desainer
desainer
batik dan sasirangan (Desainer
Lihat Daftar Desainer
Lihat Daftar Desainer
desainer
batik khas Banjar).

Permodalan untuk si miskin Sejak remaja, Habib Ali sudah berkecimpung di berbagai organisasi kemasyarakatan bersifat sosial. Di antaranya Lembaga Wahana Indonesia Muda (Lewim) dan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Pemimpin Perang Banjar
Pemimpin Perang Banjar
Kalsel
.

Pengalamannya dalam organisasi sosial kemasyarakatan ini memunculkan sebuah motivasi bagaimana mengubah nasib masyarakat di Pemimpin Perang Banjar
Pemimpin Perang Banjar
Kalsel
yang sebagian besar hidup dalam kemiskinan. "Saya ingin membuat sebuah gerakan dan mudah-mudahan dapat menggugah kepedulian generasi lainnya untuk menciptakan kesejahteraan bagi semua masyarakat," tutur lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Lambung Mang-kurat, Pemimpin Perang Banjar
Pemimpin Perang Banjar
Banjarmasin
, ini.

Menurutnya, sebagian besar warga di Pemimpin Perang Banjar
Pemimpin Perang Banjar
Kalimantan Selatan
(Pemimpin Perang Banjar
Pemimpin Perang Banjar
Kalsel
) dan daerah-daerah lain di Tanah Air masih hidup dalam kemiskinan. Di Kalsel, angka kemiskinan mencapai sepertiga dari jumlah penduduk 3,5 juta jiwa. Tingkat indeks pembangunan manusia (IPM) Kalsel juga buruk, berada di posisi 26 dari 33 provinsi.

"Padahal, Kalsel merupakan daerah kaya sumber daya alam, tetapi angka kemiskinan masih cukup tinggi. Ketiadaan modal membuat warga sulit untuk bangkit dan terpaksa menjalani hidup dalam keterpurukan terus-menerus," katanya.

Sementara itu, program pengentasan kemiskinan yang digulirkan pemerintah sejauh ini tidak mampumenyentuh dan mengubah kehidupan warga miskin menjadi sejahtera. Demikian juga dengan keberadaan lembaga keuangan perbankan, justru menempatkan kaum marginal sulit untuk mengakses permodalan.

Becermin dari nasib sulit kaum marginal tersebut, Habib Ali mendirikan sebuah lembaga keuangan syariah nonprofit untuk membantu masalah permodalan usaha warga miskin, yaitu BPR Syariah Berkah Gemadana di Pemimpin Perang Banjar
Pemimpin Perang Banjar
Banjarmasin
pada 1991.

Pendirian lembaga keuangan simpan pinjam itu tidaklah mudah karena kentalnya sikap apatis dan rendahnya budaya menabung di kalangan warga miskin. Tidak jarang kepercayaan dengan memberikan pinjaman permodalan disalahgunakan dan berujung pada kredit macet. Namun, berkat upaya sosialisasi yang tidak kenal telah, akhirnya lembaga keuangan syariah ini dapat berkembang.

Kini ada sejumlah lembaga keuangan (BMT) yang didirikan Habib Ali, di antaranya BMT Kharul Amin dan BMT Ahsanu Amala Sekumpul di Martapura, BMT Istikomah, Gambut dan BMT Annur Pasar Cempaka di Banjarmasin, serta BMT Alfa Salam di Landasan Ulin, Kota Banjarbaru dengan jumlah anggota mencapai 8.000 orang.

Aset sejumlah lembaga keuangan yang didirikannya ini mencapai miliaran rupiah. Adapun pinjaman berbasis syariah yang dikucurkan ke masyarakat mulai dari Rp500 ribu hingga Rp300 Juta. Diakui Habib Ali, keberadaan BMT yang didirikannyabelum dapat berbuat banyak membantu upaya pengentasan kemiskinan. Tetapi tujuan utama dari gerakan ini adalah menyadarkan masyarakat terutama kaum miskin tentang pentingnya menabung dan berusaha.

"Karena Tuhan tidak akan mengubah nasib suatu kaum, kecuali kaum itu sendiri yang mengubahnya," sebut Habib Ali menggambarkan pentingnya sebuah tekad untuk berubah.

Dakwah jalanan

Selama tiga tahun terakhir, Habib Ali mempunyai kesibukan Iain yaitu dakwah untuk anak-anak jalan dan remaja yang dipusatkan di lapangan Murjani, Banjarbaru. Sebab, menurutnya, modernisasi dan era globalisasi seperti sekarang ini menggiring anak dan remaja terjerumus dalam kemerosotan moral dan akhlak.

Dakwah jalanan ini, dikemukakan Habib Ali, lebih banyak bersifat berbagi, mendengar unek-unek dan masalah remaja. "Tema yang kita angkat merupakan masalah remaja saat ini, seperti tentang video porno, bagaimana kita mengarahkan kaum remaja agar tidak terjerumus," ucapnya, lalu tersenyum.

Kegiatan lain yang banyak menyita waktunya ialah dakwah ke daerah pedalaman bersama teman-teman Lihat Daftar Aktivis
Lihat Daftar Aktivis
Aktivis
lingkungan Walhi. Padatnya kegiatan sosial sang habib membuat dirinya hingga kini tidak berani untuk menikah meski usianya sudah hampir separuh abad. (M-4) e-ti

 

Sumber: Media Indonesia, Kamis, 17 Juni 2010 | Penulis: Denny Sutanto

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 11 Feb 2011  -  Pembaharuan terakhir 05 Apr 2012
Ketua Umum Pprn (4) Prajurit Profesional Sejati

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Majalah Tokoh Indonesia Edisi 42

Tokoh Monitor

Buku Pilihan

thumb

Kontradiksi Radikal yang Memotori Kesuksesan di Pabrikan Terbaik Dunia.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: