WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Menggalang Sahabat Walhi

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Menggalang Sahabat Walhi
Chalid Muhammad | TokohIndonesia.com | SP

Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Chalid Muhammad yang dilahirkan di kota kecil Parigi, Sulawesi Tengah (Sulteng), 1966, ini tengah giat menggalang Sahabat Walhi. Sudah ada sekitar 2.000 anggota Sahabat Walhi dan di antaranya sekitar 700 anggota menjadi donatur tetap. Sebagai donatur cukup dengan Rp 10.000 per bulan dan maksimum Rp 50 juta.

Direktur Eksekutif Walhi (2005-2008)
Lihat Curriculum Vitae (CV) Chalid Muhammad

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Chalid Muhammad

QR Code Halaman Biografi Chalid Muhammad
Bio Lain
Click to view full article
Yenny Rachman
Click to view full article
Satrio B. Joedono
Click to view full article
Muhammad Ade Irawan
Click to view full article
Baharudin H Lisa
Click to view full article
Ida Bagus Tilem
Click to view full article
Achmad Mustofa Bisri
Click to view full article
Imam Bonjol
BERITA TERBARU

Ia menyelesaikan kuliah di Fakultas Hukum Universitas Tadulako, Palu, Sulteng, dengan beasiswa dari pemerintah. Konsekuensinya, setelah lulus ia harus menjalani ikatan dinas, minimal dua tahun. Kalau tidak ia harus mengembalikan dua kali lipat dana beasiswa yang diterimanya.

Sejak mahasiswa, ia aktif di organisasi nonpemerintah (ornop) dan bergabung dengan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Sulteng pada 1989. Setelah memimpin Walhi Sulteng selama tiga tahun, pria yang mengaku tidak suka menjadi pegawai negeri ini, harus menghabisi masa ikatan dinasnya menjadi pengajar di Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Sultan Adam, Pemimpin Perang Banjar
Pemimpin Perang Banjar
Banjarmasin
, Pemimpin Perang Banjar
Pemimpin Perang Banjar
Kalimantan Selatan
(Pemimpin Perang Banjar
Pemimpin Perang Banjar
Kalsel
).

Selama di Pemimpin Perang Banjar
Pemimpin Perang Banjar
Banjarmasin
, selain mengajar, ia giat di berbagai kegiatan ornop dan ikut menggerakkan Walhi Pemimpin Perang Banjar
Pemimpin Perang Banjar
Kalsel
. Kemudian, pada 1994, ia bergabung dengan Walhi Nasional di Jakarta. Ia dipercaya menjadi Koordinator Nasional Jaringan Tambang (Jatam) selama lima tahun (1999-2004). Di bawah koordinasinya, Jatam dikenal sangat galak terhadap perusahaan-perusahaan yang merusak atau mencemari lingkungan.

Walhi memang keras mengkritik kebijakan pemerintah yang tidak prolingkungan atau bertentangan dengan pembangunan berkelanjutan. Organisasi nirlaba itu menghimpun 430 lembaga yang tersebar di 26 provinsi. Para pemimpin lembaga itu bersidang setiap tiga tahun sekali untuk mengevaluasi dan memilih Lihat Daftar Direktur
Lihat Daftar Direktur
Direktur
eksekutif Walhi yang hanya bisa dipilih dua kali.

Chalid yang dikaruniai dua anak, Sakila Faliha (4) dan Ahmad Hisyam (2) ini, pada tahun 2005 diminta oleh lebih dari 400 anggota Walhi nasional untuk memimpin organisasi lingkungan hidup terbesar di Indonesia itu. Ia menjadi Lihat Daftar Direktur
Lihat Daftar Direktur
Direktur
Eksekutif Walhi Nasional menggantikan Longgena Ginting.

Kendati sibuk di Walhi, suami dari Riena Luciana ini, masih memendam keinginan meneruskan kuliah. "Nanti, setelah masa jabatan saya di Walhi selesai tahun 2008. Saya mungkin ngambil politik lingkungan hidup," kata pria berpenampilan sederhana itu.

Sahabat Walhi
Selain mengeluarkan imbauan halus hingga pernyataan keras menyangkut perusakan dan pencemaran lingkungan, Walhi juga melakukan advokasi pengetahuan dan penyadaran lingkungan hidup.

Kini telah dikembangkan Sahabat Walhi. Sekitar 2.000 warga dari berbagai usia, pendidikan, suku, dan agama, bergabung dalam Sahabat Walhi, yang terkecil berusia lima tahun. Mereka antara lain dari Jakarta, Bandung, Wakil Presiden Republik Indonesia (1972-1978)
Wakil Presiden Republik Indonesia (1972-1978)
Yogyakarta
, Jawa Timur, Riau, dan Raja Pejuang Batak melawan Kolonialis Belanda
Raja Pejuang Batak melawan Kolonialis Belanda
Sumatera Utara
.

Sekitar 700 anggota Sahabat Walhi menjadi donatur tetap. Sebagai donatur tidak harus orang kaya-raya, karena cukup dengan Rp 10.000 per bulan sudah menunjukkan iktikad baik terhadap gerakan sosial itu. Bahkan, Walhi membatasi sumbangan paling banyak Rp 50 juta. Bukan sok kaya, tapi jika terjadi sesuatu terhadap donatur, misalnya terbukti korupsi, uang itu bisa dikembalikan utuh oleh Walhi kepada yang bersangkutan.

Organisasi yang sudah berusia 25 tahun ini dengan tegas menolak sumbangan dalam bentuk apa pun dari perusahaan atau individu yang bekerja di perusahaan yang merusak atau mencemari lingkungan. Sumbangan dari perorangan pun akan diseleksi agar tidak menjadi tempat pencucian uang hasil korupsi atau tindak kejahatan lainnya.

Walhi pernah mengembalikan dan menolak bantuan dari beberapa lembaga di Amerika Serikat yang nilainya mencapai Rp 30 miliar, karena AS menyerbu Irak. Sejumlah organisasi publik di Eropa masih aktif membantu. Ia menegaskan komitmen Walhi sebagai organisasi yang terbuka, independen, dan konsisten memperjuangkan hak-hak rakyat yang tertindas dari perbuatan jahat, terutama dari para pencemar dan perusak lingkungan. (S-26/A-15) e-ti/tsl, dari berbagai sumber, di antaranya Suara Pembaruan, 12 Februari 2006

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 24 Sep 2010  -  Pembaharuan terakhir 24 Feb 2012
Top Eksekutif Keuangan Dunia Tidak Sakit Hati

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Majalah Tokoh Indonesia Edisi 42

Tokoh Monitor

Jual Buku Al-Zaytun Sumber Inspirasi

Buku Pilihan

thumb

Dinosaurus!: Utahraptor dan Dinosaurus Serta Reptil lainnya Dari Cretaceous Awal

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: