WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Alpa Posisi Strategisnya

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Alpa Posisi Strategisnya
Andi Widjajanto | Tokoh.id | sp

Dr. Andi Widjajanto, S.Sos., M.Sc, pria kelahiran Jakarta, 3 September 1971, ahli kajian strategis intelijen, dosen tetap Hubungan Internasional FISIP Universitas Indonesia, dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Sekretaris Kabinet, di Istana Negara, Jakarta Senin (3/11/2014). Dia sempat jadi tangan kanan pemerintahan Presiden Jokowi, namun dia alpa posisi strategisnya.

Sekretaris Kabinet RI (2014-2015)
Lihat Curriculum Vitae (CV) Andi Widjajanto

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Andi Widjajanto

QR Code Halaman Biografi Andi Widjajanto
Bio Lain
Click to view full article
Sarah Sechan
Click to view full article
Sutan Takdir Alisjahbana
Click to view full article
Muliaman D Hadad
Click to view full article
Dewa Budjana
Click to view full article
Mugiyono Kasido
Click to view full article
Yogie SM
Click to view full article
Pandji Wisaksana
BERITA TERBARU

Putera sulung Mayjen TNI (Purn) Theo Sjafei itu memiliki hubungan sangat dekat dengan PDI Perjuangan, khususnya Presiden Republik Indonesia Kelima (2001-2004)
Presiden Republik Indonesia Kelima (2001-2004)
Megawati Soekarnoputri
. Andi Widjajanto mendapat pesan dari almarhum Ayahandanya agar terus ikut mengurus negara bersama PDI Perjuangan. Dia bukanlah kader formal PDI Perjuangan, tetapi dikenal memiliki akses dan peran sangat dekat dalam memberikan pemikiran dan kajian strategis kepada PDI Perjuangan, khususnya kepada Presiden Republik Indonesia Kelima (2001-2004)
Presiden Republik Indonesia Kelima (2001-2004)
Megawati Soekarnoputri
.

Kerdekatannya dengan PDI Perjuangan memberi ruang baginya untuk menyampaikan kajian politik dan intelijen strategisnya yang banyak berguna dalam rangka pemenangan Capres-Cawapres Presiden RI ke-7 (2014-2019)
Presiden RI ke-7 (2014-2019)
Jokowi
Wakil Presiden Republik Indonesia (2004-2009), Ketua Umum PMI
Wakil Presiden Republik Indonesia (2004-2009), Ketua Umum PMI
Jusuf Kalla
, yang memenangkan Pilpres 2014. Setelah Pilpres, Andi Widjajanto dipercaya Presiden Terpilih Presiden RI ke-7 (2014-2019)
Presiden RI ke-7 (2014-2019)
Jokowi
menjadi Deputi Tim Transisi yang bertugas mempersiapkan Kabinet Presiden RI ke-7 (2014-2019)
Presiden RI ke-7 (2014-2019)
Jokowi
-JK.

Presiden Jokowi kemudian mempercayainya menjabat jabatan strategis sebagai Sekretaris Kabinet. Kendati jabatan Seskab kali ini tidak lagi dengan sebutan Lihat Daftar Menteri
Lihat Daftar Menteri
Menteri
Seskab tapi tugas utama sangat strategis untuk melayani Presiden sebagai kepala pemerintahan. (Sementara Mensesneg melayani Presiden sebagai kepala Negara). Andi Widjajanto sempat menjadi tangan kanan pemerintahan Presiden Jokowi.

Namun, tidak selamanya keahlian profesional seseorang bisa terejawantahkan dalam kepemimpinan startegis praktis. Pengamatan TokohIndonesia.com, Andi justru alpa (lupa) atau justru melupakan posisi politik strategisnya setelah Presiden Jokowi mwngangkatnya menjabat Seskab. Andi tampak keliru memandang posisi politik Presiden Jokowi, sama seperti kebanyakan orang, yang ingin menjauhkan Presiden Jokowi dengan PDI Perjuangan. Tampaknya mereka tidak mengenal (mendalami) visi politik Jokowi. Jokowi itu adalah kader terbaik PDI Perjuangan. Maka sangat naif, jika menganggap Jokowi itu tidak bukan kader PDI Perjuangan. Sama naifnya, jika berusaha menjauhkan Jokowi dengan PDI Perjuangan.

Maka tak mustahil jika Presiden Jokowi tidak lagi merasa bahwa posisi politik strategis seorang Seskab tidak bisa diperankan Andi dengan semestinya. Begitu pula PDI Perjuangan, terutama Ketua Umumnya, Presiden Republik Indonesia Kelima (2001-2004)
Presiden Republik Indonesia Kelima (2001-2004)
Megawati Soekarnoputri
, tidak merasakan arti posisi jabatan politik strategis Andi sebagai Seskab, bahkan sebaliknya ingin menjauhkan Presidem Jokowi dengan PDI Perjuangan. Maka, tak aneh jika akhirnya dalam reshuffle Kabinet Kerja, 12 Agustus 2015, Andi dicopot dari jabatan Seskab. Dia digantikan langsung oleh Dr. Ir. Wakil Ketua DPR-RI (2009-Sekarang)
Wakil Ketua DPR-RI (2009-Sekarang)
Pramono Anung
Wibowo, Lihat Daftar Tokoh Politisi
Lihat Daftar Tokoh Politisi
politisi
senior dan mantan Sekjen PDI Perjuangan untuk mengisi posisi strategis tersebut.

Ahli Kajian Strategis

Dosen tetap FISIP Universitas Indonesia, pemilik NIP: 197109031999031003, tersebut adalah seorang pakar dibidang pertahanan dan keamanan. Alumni S1 Hubungan Internasional FISIP UI dan dan School of Oriental dan African Studies dari Universitas London,  itu memiliki keahlian mumpuni dalam hal kajian strategis intelijen. Dia meraih dua gelar S2 (MSc) dari London School of Economics dan Industrial College of Armed Forces, Washington DC, Amerika. Kemudian meraih doktoral (S3) tentang doktrin militer Indonesia di S Rajaratnam Schoool of International Studies, Singapura.

Presiden Jokowi kemudian mempercayainya menjabat jabatan strategis sebagai Sekretaris Kabinet. Kendati jabatan Seskab kali ini tidak lagi dengan sebutan Lihat Daftar Menteri
Lihat Daftar Menteri
Menteri
Seskab tapi tugas utama sangat strategis untuk melayani Presiden sebagai kepala pemerintahan. (Sementara Mensesneg melayani Presiden sebagai kepala Negara). Andi Widjajanto adalah tangan kanan pemerintahan Presiden Jokowi.

Selain menjadi dosen tetap FISIP Universitas Indonesia, Andi juga menjadi dosen Sekolah Staf dan Komandan TNI Angkatan Darat (SESKO TNI AD) dan SESKO TNI. Pada tahun 2007, dia juga aktif sebagai anggota DoD Task Force TNI AD untuk merumuskan Strategic Defence Review. Tahun berikutnya (1998), menjadi anggota Kelompok Kerja Indonesia di bidang Militer Restrukturisasi Lihat Daftar Tokoh Pengusaha
Lihat Daftar Tokoh Pengusaha
bisnis
yang dibuat oleh Indonesia Institute, 2008.

Sebelumnya, ikut aktif sebagai anggota Tim Penelitian "Politik Kebijakan Keamanan Nasional" Badan Pembinaan Hukum Nasional, Departemen Hukum dan Perundang-Undangan, merumuskan rekomendasi kebijakan untuk membangun sistem keamanan nasional Indonesia.

Andi juga aktif dalam berbagai kelompok kerja reformasi militer yang difasilitasi Pro Patria, RIDEP, LOGOS, LIPI, Pacivis Universitas Indonesia dan Departemen Pertahanan sejak tahun 2000.

Peneliti Senior di Kajian Reformasi Militer, Pacivis Universitas Indonesia, ini juga menjabat Lihat Daftar Direktur
Lihat Daftar Direktur
Direktur
Ekonomi Pertahanan Institute of Defense and Security Studies (IODAS) UI. Dia juga aktif sebagai Koordinator di Gerakan Non Blok Study Center; Dewan Editor Jjurnal Politik Internasional Global; Lihat Daftar Direktur
Lihat Daftar Direktur
Direktur
dan Lihat Daftar Direktur
Lihat Daftar Direktur
Direktur
Eksekutif di PACIVIS, Center for Global Civil Society Studies UI; Fasilitator Kelompok Kerja untuk Reformasi Intelijen Negara; dan Deputi Tim Transisi Pemerintahan Presiden Terpilih Jokowi

Beberapa karya tulisnya yang telah diterbitkan antara lain: Reformasi Militer, Ekonomi Pertahanan, dan Lihat Daftar Tokoh Pengusaha
Lihat Daftar Tokoh Pengusaha
bisnis
Militer, dalam Jaleswari, Pramodhawardani dan Andi Widjajanto,ed.; Lihat Daftar Tokoh Pengusaha
Lihat Daftar Tokoh Pengusaha
bisnis
Serdadu: Ekonomi Bayangan, Jakarta: The Indonesian Institute, 2007, Co-Author dengan Yulida Pangastuti, et.al.; Transnasionalisasi Masyarakat Sipil, Jakarta: FISIP UI Press – LkiS, 2007; Co-author dengan Makmur Keliat); Reformasi Ekonomi Pertahanan, Jakarta: INFID-PACIVIS, 2006; Evolusi Doktrin Pertahanan Indonesia, dalam Ikrar Nusa Bhakti, et.al; Kaji Ulang Pertahanan: Pendekatan Substantif, Jakarta: LIPI, 2006, Co-author dengan Cornely Lay dan Makmur Keliat; dan Intelijen: Velox Et Exactus, Jakarta: PACIVIS-UI, 2006. Penulis: Pemimpin Redaksi Tokoh Indonesia
Pemimpin Redaksi Tokoh Indonesia
Ch. Robin Simanullang
| TokohIndonesia.com

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh cross  -  Dibuat 10 Apr 2015  -  Pembaharuan terakhir 03 Nov 2015
Tak Hanya Bisa Berlaga Raja Jawa Tanpa Mahkota

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Majalah Tokoh Indonesia Edisi 42

Tokoh Monitor

Buku Pilihan

thumb

Genghis Khan adalah salah satu pejuang yang namanya kesohor di penjuru dunia, meski mengalami masa kecil yang berat akibat kematian tragis kepala suku yang juga adalah ayahnya.

Note: Bacaan ringan tapi bermakna.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: