WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Dosen Politik yang Penulis

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Dosen Politik yang Penulis
Victor Silaen | Ensikonesia.com | dokpri

Dr. Victor Silaen MA, kelahiran Jakarta, 1 Oktober 1964, Doktor Ilmu Politik dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia. Ketua DPP Forum Penulis dan Wartawan Indonesia (FPWI - ForumPWI) ini seorang pengajar, peneliti dan penulis.

Pengajar, Peneliti dan Penulis
Lihat Curriculum Vitae (CV) Victor Silaen

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Victor Silaen

QR Code Halaman Biografi Victor Silaen
Bio Lain
Click to view full article
Prajogo Pangestu
Click to view full article
Muladi
Click to view full article
Try Sutrisno
Click to view full article
Asrurifak
Click to view full article
Benyamin Bura
Click to view full article
Mundardjito
Click to view full article
Basuki

Victor aktif sebagai dosen tetap pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pelita Harapan, Tangerang (sejak Januari 2010-sekarang). Sebelumnya, dia dosen tetap pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Kristen Indonesia, Jakarta (1997-2010). Di samping juga sebagai dosen tamu pada beberapa universitas/sekolah tinggi (sejak 1993-sekarang).

Selain sebagai dosen, dia juga menjabat sebagai Pemimpin Redaksi Jurnal Verity, Jurusan Hubungan Internasional FISIP UPH (sejak Januari 2012), Pemimpin Redaksi Jurnal Sociae Polites, FISIPOL UKI (2001-2009), Pemimpin Redaksi Tabloid Reformata (2003-2009), Dewan Redaksi Tabloid Reformata (2010-sekarang), Wakil Pemimpin Redaksi Jurnal Lensa, STT Cipanas (2008-2011). Dia juga aktif menulis di berbagai koran dan majalah, di antaranya Majalah Berita Indonesia (Berindo).

Juga aktif menulis buku, di anataranya: Kontributor dalam buku Berteologi dalam Anugerah (Cipanas: STT Cipanas, 1997); Kontributor dalam buku HKBP di Pentas Politik (Jakarta: Yakoma PGI, 1997); Editor dan Kontributor dalam Gereja dan Reformasi (Jakarta: Yakoma PGI 1999); Penulis buku saku Apa dan Bagaimana Demokrasi (Jakarta: Yakoma PGI 1999); Editor dan Kontributor dalam buku Dari Presiden ke Presiden: Pikiran-pikiran Reformasi Yang Terabaikan (Jakarta: UKI Press, 2003); Editor dan Kontributor dalam buku Peran Kristen dalam Membangun Masyarakat Sipil (Jakarta: Mitra Utama, 2004); Penulis buku Gerakan Sosial Baru, Perlawanan Rakyat Toba Samosir Pada Kasus Indorayon (Wakil Presiden Republik Indonesia (1972-1978)
Wakil Presiden Republik Indonesia (1972-1978)
Yogyakarta
: IRE Press, 2006); Kontributor buku Dari SKB 1969 ke Perber 2006 (Jakarta: Yapama, 2006);

Selain itu, suami dari Synka Agustina Tarigan dan ayah dua anak, Abel Gideon (putera) dan Zefanya Aprilia (puteri), ini juga aktif memberikan ceramah (menjadi narasumber) di berbagai forum di dalam negeri, tentang hal-ihwal yang berkait dengan bidang sosial, politik, dan budaya, serta metode penelitian dan teknik penulisan ilmiah/ilmiah populer.

Penulis buku Suara Reformasi Warga Gereja (Jakarta: Ramos Gospel Publishing, 2007); Editor dan Kontributor dalam buku Pdt. Mangapul Sagala, Pelayan dan Pembelajar (Jakarta: Ramos Gospel Publishing, 2006); Editor dan Kontributor dalam buku St. Hotman Siahaan, Melangkah Bersama Tuhan (Jakarta: Karya Mulia, 2007). Editor buku Dr. Johannes Leimena, Negarawan Sejati dan Lihat Daftar Tokoh Politisi
Lihat Daftar Tokoh Politisi
politisi
Berhati Nurani, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2007.

Kontributor dalam buku Gereja dan Penegakan HAM (Wakil Presiden Republik Indonesia (1972-1978)
Wakil Presiden Republik Indonesia (1972-1978)
Yogyakarta
: Kanisisus, 2007); Kontributor dalam buku Gereja, Komunikasi, dan Rekonsiliasi (Wakil Presiden Republik Indonesia (1972-1978)
Wakil Presiden Republik Indonesia (1972-1978)
Yogyakarta
: Kanisius, 2008); Penulis buku Prospek Demokrasi di Negara Pancasila (Jakarta: Permata Aksara, 2012); Penulis buku Bertahan di Bumi Pancasila, Belajar dari Kasus GKI Yasmin (Jakarta: Bina Kasih, 2012); Penulis opini/artikel dan resensi buku di berbagai media massa dan jurnal ilmiah (1993-sekarang, sudah lebih dari 1000 tulisan).

Di bidang organisasi, selain aktif sebagai Ketua DPP FPWI, juga menjabat Ketua Badan Pengurus Yakoma PGI (sejak 2006). Selain itu, suami dari Synka Agustina Tarigan dan ayah dua anak, Abel Gideon (putera) dan Zefanya Aprilia (puteri), ini juga aktif memberikan ceramah (menjadi narasumber) di berbagai forum di dalam negeri, tentang hal-ihwal yang berkait dengan bidang sosial, politik, dan budaya, serta metode penelitian dan teknik penulisan ilmiah/ilmiah populer. Juga membimbing skripsi/tesis mahasiswa S1 dan S2 di beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta (1993-sekarang). Dalam Pemilihan Umum Legislatif 2009, dia menjadi Calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah dari Provinsi DKI Jakarta.

Meninggal Dunia

Victor Silaen MA, tutup usia pada Minggu dini hari 11 Oktober 2015) pukul 02.00 WIB, di RS Sint Carolus Jakarta Pusat setelah mendapat perawatan intensif beberapa hari karena serangan jantung. Jenazah disemayamkan di Gedung Yakoma PGI, Jalan Cempaka Putih Timur XI No.25, Jakarta Pusat dan diberangkatkan ke tempat peristirahatan terakhir San Diego Hills Karawang Jawa Barat, Senin 12 Oktober 2015 pukul 13.00 WIB.

Penulis: Bantu Hotsan | Bio TokohIndonesia.com

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 26 Aug 2013  -  Pembaharuan terakhir 16 Oct 2015
Ratu Jamu Kecantikan Indonesia Surat Bismar Ke Pak Harto

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Majalah Tokoh Indonesia Edisi 42

Tokoh Monitor

Buku Pilihan

thumb

Komik strip yang bekisah tentang seorang pemuda yang bernama Lotif.

Catatan Tuhor.com: Lotif muncul perdana di Koran Tempo Minggu pada 15 Mei 2005. Buku legendaris ini layak dimiliki oleh siapa saja terutama pencinta komik strip karena isinya menyentil isu-isu sosial dan politik dengan ringan, cerdas dan jenaka.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: