WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Karyanya Diakui Dunia

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Karyanya Diakui Dunia
Leonowens SP | rpr jpnn

Leonowens SP dikenal sebagai sastrawan muda asal Indonesia yang dikenal dunia. Pria kelahiran Jakarta, Desember 1977 ini adalah seorang penulis solilokui, puisi, prosa liris, aforisme, dan esai. Karya-karya sastranya telah diterjemahkan ke beberapa bahasa asing.

Penulis, sastrawan
Lihat Curriculum Vitae (CV) Leonowens SP

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Leonowens SP

QR Code Halaman Biografi Leonowens SP
Bio Lain
Click to view full article
Siswono Yudo Husodo
Click to view full article
Eva Kusuma Sundari
Click to view full article
Mochtar Buchori
Click to view full article
Iwan Sidi
Click to view full article
Lukas Karl Degey
Click to view full article
Hassan Wirayuda
Click to view full article
Denada Tambunan

Sebagai salah satu sastrawan yang santun, berbudaya, relijius, dan cerdas, Leonowens SP telah meraih beberapa penghargaan bergengsi dan merupakan rekor dunia, di antaranya dari lembaga Museum Rekor Indonesia (MURI) dan pengakuan internasional dari lembaga Recordsetter/Universal Record Database yang berbasis di New York, Amerika Serikat.

Hingga saat ini Leonowens SP telah melahirkan 55 buku karya sastra diantaranya Terraluka (I-IX), Parwacarita (I-V), Ragakala, Larapuan, Poems of God, Tangan Kiri Tuhan/God Left Hand, Rindu yang Tertunda/Heart Miss Delayed, dan Di Antara Takdir Tuhan/Among Fate of The God.

Empat buku karya sastra berjudul "Tangan Kiri Tuhan," "Di Antara Takdir Tuhan," "Rindu Yang Tertunda," dan 'Shadaka,' merupakan tulisan asli dari tangan Leonowens SP yang saat ini berada di ruang museum Pusat Dokumentasi Sastra Sastrawan, Pendiri PDS H.B. Jassin
Sastrawan, Pendiri PDS H.B. Jassin
HB Jassin
, Jakarta. Empat buku karya itu tidak dicetak secara massal, dan disimpan untuk memperkaya inventaris sejarah Sastrawan, Pendiri PDS H.B. Jassin
Sastrawan, Pendiri PDS H.B. Jassin
sastra Indonesia
. Sebelumnya, empat buku karya tulisan tangan Leonowens SP sempat mendapat tawaran dari beberapa kolektor asing dengan harga menggiurkan. Buku-bukunya tidak hanya dipasarkan di dalam negeri, tetapi sudah merambah pasar Malaysia, Singapura, Brunei, Tiongkok, Taiwan, Kanada bahkan Eropa dan Amerika.

Pada tahun 2010, seluruh perusahaan telekomunikasi Indonesia menyediakan layanan Leonowens SP yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia melalui jaringan telepon seluler berbasis GSM dan CDMA. Layanan "Kata Cinta," "Puisi Cinta," dan "Kata Bijak" dari Leonowens SP telah mencatat angka spektakuler terhadap jumlah pelanggan pengguna teknologi seluler akan layanan tersebut.

Leonowens SP juga berprofesi di bidang penelitian sosial budaya, pendidik filsafat serta kerohanian.

Selain sebagai penulis, Leonowens SP aktif menjadi pembicara publik, di antaranya sebagai pembahas, pengulas, kritikus, kurator terhadap bermacam karya sastra dan seni. Leonowens SP juga berprofesi di bidang penelitian sosial budaya, pendidik filsafat serta kerohanian.

Terdapat tiga pernyataan bersejarah dari Leonowens SP yang dikenal luas oleh kalangan publik dan berpengaruh positif bagi perkembangan sejarah Sastrawan, Pendiri PDS H.B. Jassin
Sastrawan, Pendiri PDS H.B. Jassin
sastra Indonesia
di abad modern, yakni: "Sastra Untuk Kemanusiaan”, "Sastra Untuk Indonesia Lebih Baik”, dan "Seni Untuk Indonesia Lebih Baik”.

Perjalanan karir Leonowens SP sebagai sastrawan tidak selalu mulus. Segelintir orang yang tidak menyukai keberadaan sosok Leonowens SP membuat beberapa ulah. Yang pertama, karya-karya puisi Leonowens SP yang disimpan dalam 'e-mail', sempat dibobol oleh pelaku 'hacking' serta disebarkan ke milis-milis dan ke beberapa situs internet. Lalu kedua, terdapat pelaku kejahatan yang menggunakan beberapa nama palsu di dunia maya untuk menciptakan gangguan terhadap reputasi Leonowens SP, dengan tindakan fitnah, pernyataan pembodohan serta manipulatif, dan upaya pencemaran nama baik.

Alhasil, upaya tindak kejahatan terhadap sosok dan reputasi Leonowens SP tersebut melahirkan gelombang solidaritas dari para sastrawan, seniman, aktor, aktris, sutradara, musisi, Lihat Daftar Aktivis
Lihat Daftar Aktivis
Aktivis
sosial politik, dan berbagai unsur masyarakat Indonesia yang memberikan dukungan moral kepada Leonowens SP dengan pendeklarasian "Lindungi Kekayaan Sumber Daya Manusia Milik Bangsa Indonesia!" di Taman Komponis
Komponis
Ismail Marzuki
, Jakarta, pada 15 Agustus 2012.

Dua buku berjudul "Sang Maha" dan "Hulubalang" merupakan persembahan opini dari sebagian masyarakat pengagum Leonowens SP atas dedikasinya pada bidang sastra dan kemanusiaan di Indonesia. Ratusan resensi publik telah menyemarak karya-karya sastra Leonowens SP yang dinilai memberi pencerdasan batin serta pencerahan pikiran para pembaca.

Keilmuan sastra Leonowens SP diperoleh dari mempelajari karya-karya sastra kuno, sastra klasik, dan sastra modern dari negara-negara di benua Eropa, benua Amerika, benua Arab, negara-negara Timur Tengah, Republik Rakyat China, Taiwan, dan daerah sub-Melayu. Bahkan Leonowens SP dipercaya oleh suatu lembaga transnasional yang berfokus pada bidang kebudayaan untuk menafsir ulang karya-karya literasi Tiongkok kuno berusia ribuan tahun silam.

Terdapat lebih dari 100 orang penulis pemula yang telah menerbitkan buku karyanya untuk Indonesia, merupakan hasil dari peran Leonowens SP pada pendidikan sastra serta kepenulisan demi pemajuan masyarakat Indonesia. Bagi Leonowens SP, "setiap orang harus dapat mengarahkan pemikiran, perbuatan, dan ucapannya pada karya-karya yang memerdekakan, mendidik, mencerahkan, serta mencerdaskan kehidupan manusia."

Beberapa unsur masyarakat menyematkan gelar penghormatan untuk Leonowens SP atas dedikasinya bagi sastra, kebudayaan, dan kemanusiaan; dengan gelar "Sang Maha," "Hulubalang", dan "Khan". Semoga buah karya intelektual Leonowens SP tetap hidup dalam sanubari seluruh bangsa Indonesia. Bio TokohIndonesia.com | La/Fra

--------------------------------------------------------

Ditulis oleh Lani Widjaya & Frans Tumewu untuk TokohIndonesia.com, keduanya adalah Lihat Daftar Wartawan
Lihat Daftar Wartawan
wartawan
di www.suara.asia. Sumber dari berbagai artikel dan berbagai berita liputan.

 

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 02 Apr 2013  -  Pembaharuan terakhir 08 Apr 2013
Tegar Sampai Akhir Benahi Uki Luar Dalam

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Majalah Tokoh Indonesia Edisi 42

Tokoh Monitor

Buku Pilihan

thumb

Dalam buku ini, Mien R. Uno memaparkan kiat-kiat awet mudanya, yang menurutnya bukanlah hal yang istimewa dan perlu dirahasiakan bahkan banyak dari kiat-kiat tersebut telah kita ketahui, hanya saja kita mengabaikannya seperti selalu bersyukur, berpikir positif, dan menjaga kesehatan.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: