WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Pengabdian Profesional Birokrat

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Pengabdian Profesional Birokrat
Lukita Dinarsyah Tuwo | TICOM | Bisnis.com

Dr. Ir. Lukita Dinarsyah Tuwo, M.A mendedikasikan sebagian besar hidupnya bekerja di lingkungan Bappenas. Berkat pengabdiannya, Sarjana Teknik Industri dari ITB ini diangkat menjadi Wakil Menteri PPN/Wakil Kepala Bappenas mendampingi Prof. Dr. Armida Salsiah Alisjahbana, SE, MA dan dilantik Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 6 Januari 2010.

Wakil Menteri PPN/Wakil Kepala Bappenas KIB II (2010-2014)
Lihat Curriculum Vitae (CV) Lukita Dinarsyah Tuwo

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Lukita Dinarsyah Tuwo

QR Code Halaman Biografi Lukita Dinarsyah Tuwo
Bio Lain
Click to view full article
Eka Dharmaputera
Click to view full article
Pramono Anung
Click to view full article
Adyaksa Dault
Click to view full article
Iga Mawarni
Click to view full article
Ani Idrus
Click to view full article
Imam Bonjol
Click to view full article
Ali Yafie

Selama 22 tahun perjalanan karirnya di Bappenas, Lukita Dinarsyah Tuwo sempat berpikir hendak meninggalkan Bappenas. Namun dengan tekad pengabdian, ia akhirnya memilih bertahan di Bappenas. Keputusannya itu ternyata tidak sia-sia. Pria kelahiran Bandung, Jawa Barat, 25 September 1961 ini kemudian diangkat menjadi Wakil Lihat Daftar Menteri
Lihat Daftar Menteri
Menteri
Perencanaan Pembangunan Nasional/Wakil Kepala Bappenas mendampingi Prof. Dr. Armida Salsiah Alisjahbana, SE., MA dan dilantik Presiden Presiden Republik Indonesia Keenam (2004-2014)
Presiden Republik Indonesia Keenam (2004-2014)
Susilo Bambang Yudhoyono
pada 6 Januari 2010.

Sebagai wakil Lihat Daftar Menteri
Lihat Daftar Menteri
Menteri
, Lukita yang sebelumnya menjabat sebagai Deputi Lihat Daftar Menteri
Lihat Daftar Menteri
Menteri
Perencanaan/Ketua Bappenas Bidang Pendanaan Pembangunan ini, bertugas membantu menteri dan fokus dalam mengawal kesehatan dan kesinambungan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN), termasuk efektivitas realisasi dan dampak positifnya bagi perekonomain nasional.

Sebelum berkarir di Bappenas, Lukita bekerja di perusahaan Unilever Indonesia bidang perencanaan produksi sesuai dengan latar pendidikannya, sarjana teknik industri. Meski demikian, Lukita tidak lama bekerja di sana karena ia merasa tidak menemukan tantangan yang berarti.

Ia kemudian mencari tantangan baru dengan bergabung di Bappenas. Meski berlatar belakang teknik, Lukita tidak ragu untuk masuk ke Bappenas. Justru di lembaga pemerintah yang banyak mengurusi masalah ekonomi itu, ia melihat banyak hal-hal baru. Untuk memperdalam pengatahuannya tentang ekonomi, ia kemudian meneruskan pendidikan di Pasca Sarjana Economy University of Chicago dan lulus tahun 1990. Masih di bidang ekonomi, ia kemudian melanjutkan studi ke University of Canderbilt/Nashville USA (1991-1992), dan mengambil gelar doktor di University of Illionois, Urbana Champaign, USA (1994-1998).

Sebagai profesional birokrat di Bappenas, Lukita Dinarsyah merintis karirnya mulai dari bawah sebagai Staf Biro Perencanaan Makro dan Studi Kuantitatif (1987-1998). Setelah 11 tahun bergelut di Perencanaan Makro dan Studi Kuantitatif, ia diangkat menjadi Lihat Daftar Direktur
Lihat Daftar Direktur
Direktur
Neraca Pembayaran dan Kerjasama Ekonomi Internasional (1998-2005). Kemudian sebagai Anggota Tim Penyusun Propenas dan Rencana Tahunan 2000-2004 Bappenas (1999-2005), Anggota Tim Penyusun Asumsi RAPBN Departemen Keuangan (2001-2005), Anggota Tim Penyusun Proposal bagi Strategi Exit untuk Debt Trap Bappenas (2000-2004), Anggota Tim Tarif, Departemen Keuangan (2002-2005).

Ia juga pernah menjadi Wakil Ketua Tim Penyusun RPJP Indonesia 2020 (2002-2005), Koordinator Tim Ekonomi Makro RPJMN 2004-2009 (2004-2005), Deputi Menteri Perencanaan/Ketua Bappenas Bidang Pendanaan Pembangunan (2005-2010), Koordinator Perumusan Pagu Indikatif dalam penyusunan RKP (2006-2010), Koordinator Nasional untuk Pendanaan Kegiatan yang berasal dari PHLN (2006-sekarang), Ketua Tim Pengarah MCC Thresgold Program (2007-2009), Alternate Governor Indonesia untuk IFAD tahun 2009, Anggota Working Group Reformasi Multilateral Banks G-20 tahun 2009, Ketua Tim Pengarah Persiapan MCC Compact Program tahun 2009, Ketua Tim Pengarah untuk Aid fir Development Effectiveness tahun 2009.

Selain itu, ia pernah menjadi Koordinator Penyusunan Buku 2 RPJMN 2010-2014 dan Alokasi Pagu Indikatif RPJMN tahun 2009, Anggota Tim Pengarah berbagai Trust fund seperti Multi Donor Fund Pejuang dari Aceh
Pejuang dari Aceh
Aceh
, PNPM Support Facility, Indonesian Climate Change TrustFund (2006-2010). Menjadi Ketua Delegasi Indonesia Bilateral Meeting/Negotiation Indonesia dengan Partner Pembangunan Bilateral (2006-2009), anggota Sekretariat KKSK (2000-2002), Sekretaris KKSK (2002-2005). Di luar jam kerjanya yang padat di Bappenas, Lukita masih sempat mengajar di beberapa universitas seperti Universitas Bina Nusantara (2000-2005) dan Universitas Indonesa (2001-2003). Bio TokohIndonesia.com | san, red

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 05 Jul 2012  -  Pembaharuan terakhir 19 Oct 2012
Peroleh Hikmah Dari Bui Bapak Komik Indonesia

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Majalah Tokoh Indonesia Edisi 42

Tokoh Monitor

Jual Buku Al-Zaytun Sumber Inspirasi

Buku Pilihan

thumb

Kontradiksi Radikal yang Memotori Kesuksesan di Pabrikan Terbaik Dunia.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: