Wikipedia

Kompas

Tempo

Antara

YouTube

WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOWONGAN: TokohIndonesia.com yang berkantor di Jakarta membuka kesempatan kerja sebagai Account Executive. Lamaran dikirimkan ke sdm at tokohindonesia.com

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com if you CARE

Berita Tokoh Monitor

KPK-Hukum

Bisnis-Entrepreneur

Internet-Social Media

Budaya-Sastra

Mancanegara

Olahraga

Gaya Hidup

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia
Ads:

Filsuf Masa Depan

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Filsuf Masa Depan
Donny Gahral Adian | Ensikonesia.com | dok

Dr. Donny Gahral Adian, M.Hum, pria keahiran 30 Agustus 1974, seorang filsuf masa depan Indonesia. Suami dari Rieke Dyah Pitaloka tersebut meraih gelar doktor bidang Ilmu Filsafat dari FIB-UI dalam usia 38 tahun dengan yudisium cum laude.

Dosen Filsafat FIB-UI
Lihat Curriculum Vitae (CV) Donny Gahral Adian

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Donny Gahral Adian

QR Code Halaman Biografi Donny Gahral Adian
Bio Lain
Click to view full article
Nanny Anistasia Lubis
Click to view full article
Tarmizi Taher
Click to view full article
Nelly Adam Malik
Click to view full article
Kiboud Maulana
Click to view full article
Margaretha Solang
Click to view full article
Nila Sari
Click to view full article
Umar Anggara Jenie

Disertasi doktornya berjudul "Rasionalitas Kerjasama: Kajian Filsafat Terhadap Dilema Narapidana dalam Teori Permainan". Promotor adalah Prof. Dr. Toeti Heraty Noerhadi dan ko-promotor Dr. Haryatmoko. Sidang terbuka Senat Akademik diketuai oleh Prof. Dr. Riris Sarumpaet. Sidang promosi doktornya yang berlangsung di gedung Pusat Studi Jepang pada Kamis (21/08/2011) cukup menegangkan.[1]

Sebab dewan penguji yang terdiri dari Prof. Dr. Alois Agus Nugroho, Prof. Dr. M. Sastra Pratedja, Prof. Dr. Soerjanto Poespowardojo, Dr. Vincencius Y. Jolasa dan Dr. Akhyar Yusuf Lubis, memberikan sanggahan dan pendapat tajam serta kritis kepadanya (promovendus). Namun, promovendus dengan cerdas mampu mempertahankan disertasinya dengan baik hingga memperoleh yudisium cum laude.

Donny memaparkan, konflik, apapun bentuknya adalah persoalan yang mendapatkan tempat khusus dalam diskursus ilmu sosial. "Dua kelompok yang sudah terlibat konflik selama bertahun-tahun akan sangat sulit membangun kepercayaan satu sama lain akibat rekam jejak yang dipersepsi negatif", papar Donny. Dia menguraikan absennya kepercayaan ditengarai akibat informasi yang tak lengkap. Dikemukakan, situasi konflik dengan informasi tak lengkap dalam teori permainan dikenal dengan nama "dilema narapidana".

Pengajar ilmu filsafat Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia (FIB-UI), ini meraih gelar sarjana (S1) Jurusan Sastra Inggris di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia (FIB-UI), Juli 1997. Dari fakultas yang sama, dia meraih gelar Master (S2) pada September 2000. Selain itu, Donny juga mengikuti pelatihan dan pendidikan singkat, antara lain English Short Course EF Program, (Boston USA, 1994) dan Basic of Accounting di Pusat Pengembangan Akuntansi, Universitas Indonesia.

Sejak 1999, dia meniti karir (fungsional) sebagai pengajar (dosen) dengan spesialisasi bidang filsafat. Selain di almamaternya (FIB-UI), dia antara lain mengajar di: Fakultas Sastra, Universitas Darma Persada (1999-2001); Fakultas Kesehatan Masyarakat, UI (1999-2000) dan Fakultas Psikologi UI. Dalam jabatan struktural, dia pernah menjabat Ketua Jurusan Filsafat (S1), Departemen Filsafat, FIB-UI (2004-2007) dan Kepala Kantor Perencanaan dan Pengembangan FIB-UI (2007-sekarang).[1]

Dia seorang filsuf muda yang meminati Filsafat Politik, Filsafat Ekonomi dan Fenomenologi. Dia pun secara intensif banyak bergerak pada wilayah hubungan antara Filsafat dan Kebijakan Publik, serta terlibat secara aktif pada pelatihan yang disponsori oleh instansi pemerintah dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Dia seorang filsuf muda yang meminati Filsafat Politik, Filsafat Ekonomi dan Fenomenologi. Dia pun secara intensif banyak bergerak pada wilayah hubungan antara Filsafat dan Kebijakan Publik, serta terlibat secara aktif pada pelatihan yang disponsori oleh instansi pemerintah dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Dia juga aktif sebagai peneliti tamu, trainer dan pembicara di berbagai forum seminar. Diantaranya: “Research on Ethics and Globalization” (Center for the Study of Culture and Values, Washington D.C); “Public Lecture on Islam in Indonesia” (Prince George County Islamic Community, Washington D.C); “Research on Javanist Social Ethics” (Harvard Yenching Institute, Cambridge); “Workshop Dialog antara Ilmu Pengetahuan dan Agama” (Center for Religious & Cross-Cultural Studies, Universitas Gadjah Mada, Wakil Presiden Republik Indonesia (1972-1978)
Wakil Presiden Republik Indonesia (1972-1978)
Yogyakarta
), Seminar Kode Etik Kapolri (1968-1971)
Kapolri (1968-1971)
polisi
Republik Indonesia.

Dia seorang akademisi yang tergolong produktif menuangkan pemikirannya dalam tulisan kolom, makalah dan buku. Dia telah menulis ratusan artikel dalam bidang filsafat, politik, pendidikan dan ekonomi di Harian Kompas sejak tahun 2002 sampai sekarang. Tulisan terbarunya di Kompas berjudul: "Bahaya Politik Santun" (26 Juni 2012).

Dia juga telah menulis sejumlah publikasi dalam bentuk jurnal, koran, antologi, antara lain: “Feminist Critique in Science” (Jurnal Lihat Daftar Tokoh Perempuan
Lihat Daftar Tokoh Perempuan
perempuan
, No.XVIII/2001); “Theology, Spirituality and Woman`s Movement” (Jurnal Lihat Daftar Tokoh Perempuan
Lihat Daftar Tokoh Perempuan
perempuan
, No.XX/2001); “Arundhati Roy: Humanize the World through Words and Actions” (Jurnal Lihat Daftar Tokoh Perempuan
Lihat Daftar Tokoh Perempuan
perempuan
, No. XXI/2002); “Avoiding the State Terrorism: Post-Bali Indonesian Political Condition” (Analisis, Center for Strategis and International Studies); “Multiculturalism, Politics and Solidarity” (Anthology; ET Foundation); “Spreading Power, Harvesting Discourses” (Basis, No.01-02, 2002); “Male Feminist as Art of Distanciation” (Anthology, Jurnal Perempuan, Oktober 2001);

Beberapa buku yang telah ditulisnya antara lain: “Menulis Sajak Itu Indah” (Komunitas Bambu, 1998), “Matinya Metafisika Barat” (Komunitas Bambu, 2001). “Arus Pemikiran Kontemporer” (Jalasutra, 2002), “Pilar-pilar Filsafat Kontemporer” (Jalasutra, 2002), “Muhammad Iqbal” (Teraju-Mizan, 2003), “Martin Heidegger” (Teraju-Mizan, 2002), “Menyoal Objektivitas Ilmu Pengetahuan” (Teraju-Mizan, 2002); dan “Percik Pemikiran Kontemporer” (Jalasutra 2006);

Selain itu, dia juga aktif dalam organisasi profesi, diantaranya: Anggota Pengurus Yayasan Komunitas Bambu; dan Sekretaris Jenderal Asosiasi Filsafat Indonesia, dan Dewan Redaksi Asian Journal of Philosophy. Penulis: Tian Son Lang | Bio TokohIndonesia.com

Footnote:
[1] Promosi Doktor Donny Gahral Adian, http://www.ui.ac.id/id/news/archive/3745
[2] Profil Dr. Donny Gahral Adian M.Hum, http://staff.ui.ac.id/donny

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 28 Jun 2012  -  Pembaharuan terakhir 19 Okt 2012

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini
Beri Komentar

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Sponsorship

Jika Anda merasa terbantu/senang dengan keberadaan situs ini, mohon dukung kami dengan membeli paket sponsorship. Semua dana yang kami terima akan digunakan untuk memperkuat kemampuan TokohIndonesia.com dalam menyajikan konten yang lebih berkualitas dan dukungan server yang lebih kuat. Dukungan Anda juga memungkinkan kami membuka konten seluas-luasnya kepada publik. Silakan beli paket sponsor dengan aman via paypal (kartu kredit). Bila Anda ingin mentransfer via bank, silakan lihat informasi rekening kami di halaman kontak.

Sponsor Bronze
Sponsor Bronze: US$50
Sponsor Silver
Sponsor Silver: US$250
Sponsor Gold
Sponsor Gold: US$500


Nama para Sponsor akan kami tempatkan di halaman khusus 'Sponsor'. Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi kami via Telp/SMS ke 0852-15333-143 atau e-mail ke sponsor@tokohindonesia.com.
lazada.com
 

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: