WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Wakil Menteri Keuangan dari IPB

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Wakil Menteri Keuangan dari IPB
Anny Ratnawati | TI/Victorynewsmedia.com

Doktor ekonomi pertanian dari IPB ini diangkat menjadi Wakil Menteri Keuangan (2010-2014) mendampingi Agus Martowardojo. Dosen penguji dan pembimbing disertasi doktoral Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini sudah lama berkecimpung dalam dunia moneter dengan ciri khas pembangunan ekonomi nasional berbasis kekuatan keuangan dalam negeri.

Wakil Menteri Keuangan (2010-2014)
Lihat Curriculum Vitae (CV) Anny Ratnawati

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Anny Ratnawati

QR Code Halaman Biografi Anny Ratnawati
Bio Lain
Click to view full article
Suhendra
Click to view full article
Bob Hasan
Click to view full article
Johannes Soerjoko
Click to view full article
Acha Septriasa
Click to view full article
Richard M Daulay
Click to view full article
Lilis Suryani
Click to view full article
Supeno

Namanya sempat disebut-sebut sebagai kandidat kuat untuk menggantikan posisi Lihat Daftar Menteri
Lihat Daftar Menteri
Menteri
keuangan pasca pengunduran diri Direktur Pelaksana Bank Dunia
Direktur Pelaksana Bank Dunia
Sri Mulyani
Indrawati sebagai Lihat Daftar Menteri
Lihat Daftar Menteri
Menteri
keuangan pada bulan Mei 2010. Direktur Pelaksana Bank Dunia
Direktur Pelaksana Bank Dunia
Sri Mulyani
saat itu menerima tawaran sebagai managing director Bank Dunia.

Lihat Daftar Tokoh Perempuan
Lihat Daftar Tokoh Perempuan
wanita
kelahiran Wakil Presiden Republik Indonesia (1972-1978)
Wakil Presiden Republik Indonesia (1972-1978)
Yogyakarta
, 24 Februari 1962 ini dianggap sebagai sosok yang tepat karena mengusung konsep ekonomi jalan tengah untuk mengimbangi blok penganut paham ekonomi neoliberal dan blok paham ekonomi kerakyatan. Sebagai ekonom ia dinilai lebih menekankan pembangunan ekonomi nasional berbasis kekuatan keuangan dalam negeri.

Namun posisi tersebut akhirnya jatuh ke tangan koleganya seorang banker yang menjadi Dirut Bank Mandiri, Agus Martowardojo. Meski demikian, Ratnawati yang menjabat sebagai Lihat Daftar Direktur
Lihat Daftar Direktur
Direktur
Jenderal Anggaran Departemen, akhirnya diangkat menjadi wakil Lihat Daftar Menteri
Lihat Daftar Menteri
Menteri
keuangan oleh presiden Presiden Republik Indonesia Keenam (2004-2014)
Presiden Republik Indonesia Keenam (2004-2014)
Susilo Bambang Yudhoyono
pada 20 Mei 2010.

Anny Ratnawati mengawali karir sebagai dosen dan peneliti di Institut Pertanian Bogor (IPB). Dosen penguji dan pembimbing disertasi doktoral Presiden Presiden Republik Indonesia Keenam (2004-2014)
Presiden Republik Indonesia Keenam (2004-2014)
Susilo Bambang Yudhoyono
ini sudah lama berkecimpung dalam dunia moneter.

Lulusan doktor ekonomi pertanian IPB tahun 1996 ini pernah menjadi anggota Badan Supervisi Bank Indonesia (2005-2008), Staf Ahli Menteri Keuangan (2008), Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) Departemen Keuangan (2008), dan Lihat Daftar Direktur
Lihat Daftar Direktur
Direktur
Jenderal Anggaran sejak 8 Juni 2008 hingga terpilih menjadi wakil menteri keuangan.

Sebagai wakil menteri keuangan, Anny Ratnawati, salah satu Komisaris PT Pertamina ini memiliki tugas menangani bidang anggaran yaitu melakukan pengawasan Ditjen Anggaran, Ditjen Perbendaharaan, Ditjen Perimbangan Keuangan, dan Ditjen Pengelolaan Utang.

Sebagai wakil menteri keuangan, Anny Ratnawati yang juga merupakan salah satu Komisaris PT Pertamina ini memiliki tugas menangani bidang anggaran yaitu melakukan pengawasan terhadap Ditjen Anggaran, Ditjen Perbendaharaan, Ditjen Perimbangan Keuangan, dan Ditjen Pengelolaan Utang.

Sementara untuk pengawasan fiskal ditugaskan kepada koleganya Mahendra Siregar yang sama-sama menjabat sebagai wakil menteri keuangan. Mahendra mengawasi Badan Kebijakan Fiskal (BKF), Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK), Ditjen Kekayaan Negara, dan Badan Pendidikan Pelatihan Keuangan (BPPK). Sementara tugas pengawasan Ditjen Pajak dan Bea Cukai dalam pengawasan Menteri Keuangan Agus Martowardojo.

Seperti diketahui, menekan angka pengangguran yang dari tahun ke tahun terus meningkat masih menjadi persoalan yang dihadapi pemerintah. Pemerintah sendiri telah memiliki kebijakan pembangunan yang didasarkan pada empat strategi yakni, pro-growth, pro-job, pro-poor, dan proenvironment.

Untuk masalah tenaga kerja, menurut Anny, pemerintah telah menargetkan menciptakan pekerjaan 9,6-10,7 juta. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mencapainya adalah dengan sistem penganggaran berbasis kinerja (PBK) yang lebih berorientasi kepada output dan outcome.

Menurut Anny, sistem ini lebih fokus mengukur kinerja lembaga dan kementerian dengan sasaran dapat mengukur keterkaitan antara pendanaan dan prestasi kinerja yang akan dicapai, meningkatkan efisiensi dan transparansi, serta meningkatkan fleksibilitas dan akuntabilitas pengelolaan anggaran.

Sedamgkan untuk meningkatkan penyerapan tenaga kerja, dosen di Program Pascasarjana Manajemen dan Lihat Daftar Tokoh Pengusaha
Lihat Daftar Tokoh Pengusaha
bisnis
IPB ini mengatakan bahwa pemerintah juga membuat stimulus lewat program kredit usaha rakyat (KUR) dan reformasi birokrasi. Bio TokohIndonesia.com | hotsan, red

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 22 Jun 2012  -  Pembaharuan terakhir 19 Oct 2012
Spesialis Ekonomi Internasional Komandan Pertama Gultor 81

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Ahok-Djarot

Tokoh Monitor

Jual Buku Al-Zaytun Sumber Inspirasi

Buku Pilihan

thumb

Sebagai seorang manajer, Anda bertanggung jawab untuk meraih hasil terbaik dari upaya-upaya mental, emosi, dan fisik yang telah diberikan karyawan Anda. Bukan hanya meraih keuntungan investasi... melainkan keuntungan energi.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: