WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Pimpinan KPK dari Jaksa Karir

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Pimpinan KPK dari Jaksa Karir
Zulkarnain | Ensikonesia.com | kpk

Zulkarnain, SH, MH, pria kelahiran Lubuk Basung, Sumatera Barat 1 Desember 1951, seorang jaksa karir yang terpilih menjadi Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) jilid 3. Sebelumnya, dia menjabat Staf Ahli Jaksa Agung (2010-2011).

Wakil Ketua KPK Jilid 3
Lihat Curriculum Vitae (CV) Zulkarnain

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Zulkarnain

QR Code Halaman Biografi Zulkarnain
Bio Lain
Click to view full article
Rosiana Silalahi
Click to view full article
Iwan Tirta
Click to view full article
Komeng
Click to view full article
Try Sutrisno
Click to view full article
Eriko Sotarduga
Click to view full article
Theo L Sambuaga
Click to view full article
Trihatma Kusuma Haliman
BERITA TERBARU

Lulusan sarjana hukum lulusan Universitas Raja Pejuang Batak melawan Kolonialis Belanda
Raja Pejuang Batak melawan Kolonialis Belanda
Sumatera Utara
tahun 1977 dan Magister Hukum IBLAM Jakarta 2004 tersebut mengawali karir sebagai Kasubsi Penyidikan Kejari Meulaboh (1980). Kemudian menjabat Kasubsi Penyidikan Kejari Sibolga Kejati Sumut (1983) dan Jaksa fungsional pada Kejari Sibolga Kejati Sumut.

Karir Zulkarnain terus naik menjadi Kasubag Pembinaan (1987), Kasie Tindak Pidana Khusus (1991), Kepala Kejaksaan Negeri Pare-pare Sulsel (1996), Asisten Intelijen Kejati Papua (1999) dan Kepala Kejaksaan Negeri Batam (2002). Asisten Bidang Intelijen Kejati Jawa Tengah (2003), Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Pejuang dari Aceh
Pejuang dari Aceh
Aceh
(2006), Lihat Daftar Direktur
Lihat Daftar Direktur
Direktur
Penuntutan Kejaksaan Agung (2006), Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimatan Selatan (2007), Kepala Kejaksaan Tingi Jawa Timur (2008), Sekretaris JAM Intelijen Kejaksaan Agung (2009) dan Staf Ahli Jaksa Agung (2010-2011).

Dia berjanji akan membersihkan kejaksaan dari kejahatan korupsi. Menurutnya, penegakan hukum harus bersih dan tidak menjadi bagian dari permasalahan hukum. "Penegak hukum yang seharusnya memberantas korupsi, jika tidak melaksanakan tugasnya sesuai fungsinya maka akan ditindak sesuai mekanisme hukum yang berlaku," janjinya.

Dia bersyukur terpilih menjadi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia pun berjanji akan menjalankan mandat untuk memperkuat KPK. Saat uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR, Zulkarnain mengkritik performa kinerja lembaga penegak hukum. Menurutnya, lembaga penegak hukum seperti KPK, Kejaksaan dan Polri harus bekerja ekstra keras menekan angka tindak pidana korupsi.

Dia menegaskan pencalonannya sebagai pimpinan KPK bukan titipan Kejaksaan Agung. Walaupun sebagai seorang jaksa karir, dia mengaku melapor lebih dulu kepada Darmono yang saat itu menjabat Wakil Jaksa Agung sebagai atasanya, dan diizinkan. Tapi tidak ada rekomendasi apapun.

Bahkan di hadapan Komisi III DPR (Kamis 1/12/2011) dia berjanji akan membersihkan kejaksaan dari kejahatan korupsi. Menurutnya, penegakan hukum harus bersih dan tidak menjadi bagian dari permasalahan hukum. "Penegak hukum yang seharusnya memberantas korupsi, jika tidak melaksanakan tugasnya sesuai fungsinya maka akan ditindak sesuai mekanisme hukum yang berlaku," janjinya.

Zulkarnain berjanji sebagai pimpinan KPK yang berlatarbelakang jaksa karir, akan berbagi pengalaman penyelidikan dan penindakan kepada penyidik KPK. Sehingga setiap perkara yang diajukan KPK akan lebih akurat, sistematis dan terukur. Penulis: CRS | Bio TokohIndonesia.com

 

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 19 Apr 2012  -  Pembaharuan terakhir 20 Apr 2012
Beribadah Untuk Dunia Pers Nama Yang Mendunia

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Ahok-Djarot

Tokoh Monitor

Buku Pilihan

thumb

Cara santai memahami SPT Tahunan Pajak Penghasilan Orang Pribadi. Buku ini memberikan panduan praktis pajak dan mudah. paling mudah. dapat dipahami awam (bahkan pelajar dan mahasiswa). dan bentuknya KOMIK.

Note: Berhubung stok lama, bagian pinggir buku menguning.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: