WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOWONGAN: TokohIndonesia.com yang berkantor di Jakarta membuka kesempatan kerja sebagai Account Executive. Lamaran dikirimkan ke sdm at tokohindonesia.com

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com if you CARE

Berita Tokoh Monitor

KPK-Hukum

Bisnis-Entrepreneur

Internet-Social Media

Budaya-Sastra

Mancanegara

Olahraga

Gaya Hidup

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Menjulang Setelah Reformasi

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Menjulang Setelah Reformasi
Azwar Abubakar | Tokohindonesia.com | sindikasi.net

Ir. H. Azwar Abubakar, MM salah satu putra terbaik dari Tanah Rencong yang karirnya terus menjulang setelah era reformasi. Ia seorang pengusaha dan politisi yang turut membidani lahirnya PAN di Aceh yang kemudian setelah itu menjadi wakil gubernur dan Plt Gubernur Aceh. Ia diangkat sebagai Menteri Pendayaangunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi saat masih menjabat sebagai anggota DPR-RI.

 

Menteri PAN dan RB RI (2011-2014)
Lihat Curriculum Vitae (CV) Azwar Abubakar

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Azwar Abubakar

QR Code Halaman Biografi Azwar Abubakar
Bio Lain
Click to view full article
Suryadharma Ali
Click to view full article
Samsuridjal Djauzi
Click to view full article
Freddy Numberi
Click to view full article
Th. Sumartana
Click to view full article
Martinus D Situmorang
Click to view full article
Tjia May On
Click to view full article
Marko Mahin
BERITA TERBARU

Sarjana Arsitek lulusan Institut Teknologi Bandung ini dilahirkan di Banda Pejuang dari Aceh
Pejuang dari Aceh
Aceh
pada 21 Juni 1952. Sebelum terjun di birokrasi pemerintahan ia banyak berkecimpung sebagai Lihat Daftar Tokoh Pengusaha
Lihat Daftar Tokoh Pengusaha
pengusaha
dan konsultan. Namun sejak reformasi pada tahun 1999 menjadi titik awal sekaligus menjadi tonggak sejarah dalam perjalanan karirnya sebagai Lihat Daftar Tokoh Politisi
Lihat Daftar Tokoh Politisi
politisi
.

Ia mulai terjun dalam dunia politik pada saat itu banyak partai baru yang bermunculan. Ia menjadi salah satu pendiri Partai Amanat Nasional wilayah Daerah Istimewa Pejuang dari Aceh
Pejuang dari Aceh
Aceh
dan di sana ia menjadi ketua partai. Pintu untuk berkarir di dunia politik semakin terbuka baginya. Pada tahun 2000, ia sudah menduduki jabatan penting dalam pemerintahan. Ia menjadi wakil gubernur mendampingi Gubernur Abdullah Puteh.

Azwar ingin melakukan perubahan kinerja khususnya bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di seluruh Indonesia untuk lebih efektif dan efisien termasuk untuk melakukan penataan anggaran di daerah. Azwar sendiri menargetkan perubahan di keLihat Daftar Menteri
Lihat Daftar Menteri
Menteri
annya untuk bergerak lebih lincah, responsif, sehingga dapat memobilisasi perubahan. Menurutnya pegawai negeri adalah salah satu dari pilar good governance

Namun Gubernur Abdullah Puteh hanya menjalankan separuh dari pemerintahannya. Selebihnya Azwar harus menjadi pelaksana tugas harian, Gubernur Adullah Puteh tersangkut kasus korupsi dan harus menjalani masa tahanan. Peraih Magister Managemen Unsyiah Pejuang dari Aceh
Pejuang dari Aceh
Aceh
ini akhirnya menjalankan sisa roda pemerintahan dalam masa sulit (2004-2005), Aceh masih sering dilanda konflik. Selain itu, ia juga memiliki tanggung jawab besar untuk membenahi Aceh pasca gelombang Tsunami meluluhlantakkan kota yang di juluki Serambi Mekkah tersebut.

Selepas itu, kondisi Aceh berangsur-angsur mulai pulih. Beberapa partai lokal lahir serta adanya jalur independen yang memungkinkan adanya calon gubernur dan wakil gubernur dari luar partai. Sehingga menyebabkan perubahan peta politik di masyarakat, saat Pemilukada di aceh dilangsungkan pada tahun 2006. Kekuatan partai politik tidak lagi begitu mendominasi pada saat itu. Azwar kembali ikut sebagai calon wakil gubernur Nanggroe Aceh Darussalam yang sudah beganti nama. Ia berpasangan dengan Lihat Daftar Tokoh Politisi
Lihat Daftar Tokoh Politisi
politisi
Partai Keadilan Sejahtera. Namun pasangan ini harus mengakui keunggulan pasangan Irwandi Yusuf-Mohammad Nazar dari pasangan calon independen.

Namun karir politik Azhar masih tidak behenti sampai di situ. Ia kembali maju sebagai calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat dari PAN dari kota kelahirannya yang akhirnya membawanya melenggang ke senayan. Ia duduk di Komisi I DPR (2009-2014) yang membidangi pertahanan, intelijen, luar negeri, komunikasi dan informasi dan menjadi anggota Badan Kehormatan DPR. Selain itu, di pusat ia juga menjabat Wakil Ketua Majelis Pertimbangan Partai.

Hanya dua tahun ia menjalankan tugasnya sebagai wakil rakyat di Senayan. Ia memilih mundur sebagai anggota DPR setelah Presiden Presiden Republik Indonesia Keenam (2004-2014)
Presiden Republik Indonesia Keenam (2004-2014)
Susilo Bambang Yudhoyono
menunjuknya sebagai Lihat Daftar Menteri
Lihat Daftar Menteri
Menteri
Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi pada 19 Oktober 2011 untuk periode 2011-2014. Sekaligus menjadi representasi partainya untuk tetap ikut dalam pemerintahan.

Banyak kalangan menilai penunjukan dirinya sebagai pemimpin reformasi birokrasi dinilai tidak tepat hanya karena ia adalah seorang sarjana arsitek. Meski demikian pengalamannya selama duduk dipemerintahan saat menjadi wakil dan Plt gubernur Aceh dianggap mumpuni untuk memimpin Kementrian PAN dan RB dalam mereformasi birokrasi. Selain itu ia juga dinilai memiliki integratis, tergolong bersih dan tidak pernah tersandung masalah korupsi. Sehingga dianggap layak untuk memimpin reformasi birokrasi.

Sebagai Lihat Daftar Menteri
Lihat Daftar Menteri
Menteri
yang bertugas untuk menata aparatur negara, tidaklah mudah. Namun Azwar ingin melakukan perubahan kinerja khususnya bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di seluruh Indonesia untuk lebih efektif dan efisien termasuk untuk melakukan penataan anggaran di daerah. Azwar sendiri menargetkan perubahan di kementeriannya untuk bergerak lebih lincah, responsif, sehingga dapat memobilisasi perubahan, menurutnya pegawai negeri adalah salah satu dari pilar good governance. Sehingga harapan masyarakat akan birokasi pemerintahan yang bersih dan sehat dapat terwujud.

Seperti diketahui Azwar saat menjabat sebagai gubernur telah sukses mencanangkan moratorium PNS untuk pertama kalinya di Aceh. Dengan pengalaman tersebut, gebrakannya untuk mereformasi birokrasi demi tercapainya good governance di tanah air, masyarakat menunggu. Basan, red

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 24 Okt 2011  -  Pembaharuan terakhir 23 Feb 2012

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini
Beri Komentar

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Sponsorship

Jika Anda merasa terbantu/senang dengan keberadaan situs ini, mohon dukung kami dengan membeli paket sponsorship. Semua dana yang kami terima akan digunakan untuk memperkuat kemampuan TokohIndonesia.com dalam menyajikan konten yang lebih berkualitas dan dukungan server yang lebih kuat. Dukungan Anda juga memungkinkan kami membuka konten seluas-luasnya kepada publik. Silakan beli paket sponsor dengan aman via paypal (kartu kredit). Bila Anda ingin mentransfer via bank, silakan lihat informasi rekening kami di halaman kontak.

Sponsor Bronze
Sponsor Bronze: US$50
Sponsor Silver
Sponsor Silver: US$250
Sponsor Gold
Sponsor Gold: US$500


Nama para Sponsor akan kami tempatkan di halaman khusus 'Sponsor'. Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi kami via Telp/SMS ke 0852-15333-143 atau e-mail ke sponsor@tokohindonesia.com.
 

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: