WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Totalitas Seorang Profesional

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Totalitas Seorang Profesional
Mahendra Siregar | Tokohindonesia.com | jfcc.info

Mahendra Siregar kembali dipercaya menjadi Wakil Menteri Keuangan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Sebelumnya ia adalah Wakil Menteri Perdagangan yang dijabatnya pada 11 November 2009. Ia juga pernah menjabat sebagai Deputi Menko Perekonomian Bidang Kerjasama Ekonomi dan Pembiayaan Internasional yang dipercaya tiga menteri.

Wakil Menteri Keuangan RI (2011-2014)
Lihat Curriculum Vitae (CV) Mahendra Siregar

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Mahendra Siregar

QR Code Halaman Biografi Mahendra Siregar
Bio Lain
Click to view full article
Pramono Anung
Click to view full article
Luluk Sumiarso
Click to view full article
Karlina Leksono Supelli
Click to view full article
Urip Santoso
Click to view full article
Luhut Panjaitan
Click to view full article
Hartono Mardjono
Click to view full article
Eko Edi Santoso

Lewat tempaan dan pengalaman selama berkarir dalam birokrasi pemerintahan. Menunjukkan bahwa dalam setiap menjalankan tugasnya, pria berdarah batak kelahiran 1 Januari 1970 ini selalu mengerahkan totalitasnya dalam bekerja sebagai seorang professional.

Hal itu tergambar dari jabatan dan tugas yang percayakan kepadanya senantiasa dilakukan dengan penuh dedikasi dan tanggungjawab. Ia selalu mendapat kepercayaan dari atasannya, dimanapun dirinya ditempatkan bekerja.

Sejak lulus dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, ia langsung berkarir di pemerintahan dengan bergabung di KeLihat Daftar Menteri
Lihat Daftar Menteri
Menteri
an Luar Negeri pada 1986. Selama bertugas di sana, tiga tahun ia menjabat sebagai Economic Third Secretary Kedutaan Besar Indonesia di London (1992-1995) dan duta informasi Kedutaan Besar Indonesia di Washington DC selama tiga tahun (1998-2001).

Kemudian setelah itu, Mahendra ditarik dan bergabung dengan KeLihat Daftar Menteri
Lihat Daftar Menteri
Menteri
an Koordinator Perekonomian pada 2001. Ia menjabat sebagai asisten khusus Lihat Daftar Menteri
Lihat Daftar Menteri
Menteri
Dorodjatun Kuntjoro-Jakti.

Meski kerap terjadi pergantian Menteri Koordinator Perekonomian mulai dari era Aburizal Bakri (2005-2006), Wakil Presiden Republik Indonesia (2009-2014)
Wakil Presiden Republik Indonesia (2009-2014)
Boediono
(2006-2008) dan Direktur Pelaksana Bank Dunia
Direktur Pelaksana Bank Dunia
Sri Mulyani
Indrawati (2008-2009), Mahendra lulusan S-2 Ekonomi dari Monash University, Australia, 1991 ini, tetap dipercaya untuk meneruskan jabatan yang diembannya. Tercatat, di tiga menteri tersebut, ia dipercaya menjadi Deputi Menko Perekonomian Bidang Kerjasama Ekonomi dan Pembiayaan Internasional dari tahun 2005-2009.

Meski kerap terjadi pergantian Menteri Koordinator Perekonomian mulai dari era Aburizal Bakri (2005-2006), Wakil Presiden Republik Indonesia (2009-2014)
Wakil Presiden Republik Indonesia (2009-2014)
Boediono
(2006-2008) dan Direktur Pelaksana Bank Dunia
Direktur Pelaksana Bank Dunia
Sri Mulyani
Indrawati (2008-2009), Mahendra lulusan S-2 Ekonomi dari Monash University, Australia, 1991 ini, tetap dipercaya untuk meneruskan jabatan yang diembannya. Tercatat di tiga menteri tersebut, ia dipercaya menjadi Deputi Menko Perekonomian Bidang Kerjasama Ekonomi dan Pembiayaan Internasional dari tahun 2005-2009.

Tidak hanya sebagai seorang profesional di birokrasi pemerintahan. Ia juga professional perbankan. Suami dari Ita Mahendra Siregar ini pernah menjabat sebagai chief executive officer (CEO) dan pimpinan pada Indonesia Eximbank. Selain itu,ia juga pernah menjadi komisaris dibeberapa perusahaan yaitu: Komisaris PT Dirgantara Indonesia (2003-2008) dan Komisaris PT Aneka Tambang Tbk (2008-2009).

Kemudian setelah itu, ia kembali lagi terjun ke birokrasi pemerintahan melakukan panggilan tugas dan tanggungjawab yang harus ditunaikannya. Ia ditunjuk Presiden Susilo Bambang Yudhyono sebagai Wakil Menteri Perdagangan pada November 2009. Hanya bergeser posisi, mantan wakil Indonesia forum United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC) ini, ditunjuk kembali oleh Presiden Republik Indonesia Keenam (2004-2014)
Presiden Republik Indonesia Keenam (2004-2014)
Presiden SBY
sebagai wakil menteri keuangan untuk periode 2011-2014.

Terkait pengangkatan Mahendra sebagai Wakil Menteri Keuangan sempat menjadi pertanyaan masyarakat karena sebelumnya untuk pos sebagai wakil menteri sudah dijabat satu wakil menteri. Sehingga dengan hadirnya Mahendra akan ada dua Wakil Menteri Keuangan dan menjadikannya dalam sejarah kementerian di Indonesia. Namun demikian para pengamat ekonomi tidak mempermasalahkan jabatan tersebut, selama ada pembagian tugas yang jelas.

Kehadiran Mahendra di lingkungan Kementerian Keuangan diharapkan dapat menggantikan peran Direktur Pelaksana Bank Dunia
Direktur Pelaksana Bank Dunia
Sri Mulyani
untuk memperkuat kembali hubungan internasional Kemenkeu semenjak ditinggal Menteri Keuangan Sri Mulyani pasca menjabat sebagai salah seorang Lihat Daftar Direktur
Lihat Daftar Direktur
Direktur
di Bank Dunia. Mahendra dinilai memiliki kemampuan negoisasi yang kuat untuk membuka jaringan internasional kembali yang sangat dibutuhkan di tengah ancaman krisis ekonomi global.

Sementara itu, mengenai jabatan barunya ini, Mahendra menyatakan kesiapannya untuk mendukung Menteri Keuangan Agus Martowardojo dalam menyiapkan aparat maupun kebijakan program-program yang ada di Kementerian Keuangan. Sebagaimana arahan presiden untuk menjaga ketahanan ekonomi agar momentum pertumbuhan bisa dipertahankan dan ditingkatkan di tengah kondisi global. Terutama untuk mengantisipasi perkembangan ekonomi global yang kurang kondusif terutamanya di belahan utara Eropa and Amerika. san, red | Bio TokohIndonesia.com

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 17 Oct 2011  -  Pembaharuan terakhir 25 May 2012
Empat Prioritas Depnakertrans Press Officer Kelas Wahid

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Majalah Tokoh Indonesia Edisi 42

Tokoh Monitor

Jual Buku Biografi Hukum Romli Atmasasmita

Buku Pilihan

thumb

Lewat buku ini, pembaca bisa lebih mengerti perihal silsilah yang berada di dalam kitab Kejadian.

Catatan Tuhor.com: Peluncuran buku ini dihadiri oleh beberapa petinggi Kristen terkemuka dan pimpinan gereja-gereja yang ikut merekomendasikan buku ini. Penulisnya, Pdt. Abraham Park mengaku sudah membaca Alkitab sebanyak 1800 kali.

 

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: