Wikipedia

Kompas

Tempo

Antara

YouTube

WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOWONGAN: TokohIndonesia.com yang berkantor di Jakarta membuka kesempatan kerja sebagai Account Executive. Lamaran dikirimkan ke sdm at tokohindonesia.com

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com if you CARE

Berita Tokoh Monitor

KPK-Hukum

Bisnis-Entrepreneur

Internet-Social Media

Budaya-Sastra

Mancanegara

Olahraga

Gaya Hidup

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Anggota Satgas Mafia Hukum

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Anggota Satgas Mafia Hukum
Yunus Husein | TokohIndonesia.com | DokPri

Dr. Yunus Husein, LLM, lahir 29 Desember 1956 di Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) yang memulai karir di Bank Indonesia ini aktif dalam tim penyusunan RUU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dan Pencucian Uang. Dia seorang putera bangsa yang potensial menjadi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi, namun dalam seleksi di DPR dia gagal karena independensinya diuragukan.

Kepala PPATK (2002-2011)
Lihat Curriculum Vitae (CV) Yunus Husein

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Yunus Husein

QR Code Halaman Biografi Yunus Husein
Bio Lain
Click to view full article
Yusman Roy
Click to view full article
Zulkaidah boru Harahap
Click to view full article
Andri Irwanto
Click to view full article
Sapta Nirwandar
Click to view full article
AH Nasution
Click to view full article
Taufik Abdullah
Click to view full article
Falk Archibald Kemur
BERITA TERBARU

Hanya saja posisinya sebagai Anggota Satgas Pemberantasan Mafia Hukum, Satgas bentukan/alat bantu Presiden Presiden Republik Indonesia Keenam (2004-2014)
Presiden Republik Indonesia Keenam (2004-2014)
Susilo Bambang Yudhoyono
untuk memberantas mafia hukum, menghadirkan keraguan atas integritas dan ketidakberpihakannya. Sedikit banyak, posisi sebagai Satgas Mafia Hukum itu menimbulkan keraguan jangan-jangan dia menjadi alat dan perpanjangan tangan Satgas Mafia Hukum (penguasa) di KPK. Kinerjanya sebagai Kepala PPATK sangat diragukan akibat merangkap sebagai Anggota Satgas Mafia Hukum.

Namun, dalam proses pencalonan/seleksi calon pimpinan KPK, Yunus Husein menegaskan kesiapannya jika memang terpilih menjadi salah satu pimpinan KPK. Kesiapan itu termasuk menghadapi berbagai ancaman dari luar, termasuk ancaman dibunuh. "Kita pasti ada takutnya tapi dengan cara apapun juga kita akan kembali kepada Tuhan YME. Mungkin lebih baik kembali dengan cara terhormat seperti itu daripada dengan cara yang lain," ujar Yunus usai mengikuti wawancara dengan tim Pansel Capim KPK, di Graha Pengayoman, Senin (15/8/2011).

Posisinya sebagai Kepala PPATK, selama ini lebih bertindak sebagai penyuplai data. Atau bila diistilahkan dalam dunia sepakbola sebagai pengumpan, pemain gelandang. Maka, jika nanti terpilih sebagai pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dia menyatakan siap mengubah perannya menjadi striker alias penyerang yang memang tugasnya mencetak gol. "Mudah-mudahan ada beberapa umpan yang dulu tak gol, semoga bisa digolkan," katanya.

Posisinya sebagai Kepala PPATK, selama ini lebih bertindak sebagai penyuplai data. Atau bila diistilahkan dalam dunia sepakbola sebagai pengumpan, pemain gelandang. Maka, jika nanti terpilih sebagai pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dia menyatakan siap mengubah perannya menjadi striker alias penyerang yang memang tugasnya mencetak gol. "Mudah-mudahan ada beberapa umpan yang dulu tak gol, semoga bisa digolkan," katanya.

Yunus mengaku sudah menyuplai 1.700-an data ke aparat penegak hukum. Dari data tersebut, lanjutnya, 40 persennya terindikasi korupsi. "Namun penanganannya belum diolah secara maksimal. Tapi saya siap memaksimalkan data-data tersebut," janjinya.

Dia juga terbiasa hidup bersahaja. Dia menegaskan, dirinya tidak masalah dengan aturan larangan bermain golf, jika nanti terpilih sebagai pimpinan KPK. Sebab memang dia tidak pernah main golf. "Saya malah tidak pernah main golf seumur hidup, saya olahraganya nggak begitu," ujar Yunus usai menghadiri upara HUT ke 66 Kemerdekan RI di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (17/8/2011). Olahraga yang biasa digelutinya sebatas tenis meja, jalan kaki dan bersepeda.

Jejak Rekam
Yunus Husein mengecap pendidikan SD, SMP dan SMA di Raja Kerajaan Mataram
Raja Kerajaan Mataram
Mataram
, NTB. Kemudian, memperoleh Sarjana Hukum dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia (1981), Master of Laws (LL.M) dalam International Legal Studies dari Washington College of Law, The American University, Washington D.C. USA (1986), dan memperoleh Doktor dalam bidang Ilmu Hukum dari Universitas Indonesia (2003).

Dia juga menggeluti beberapa pendidikan tambahan antara lain: Kursus Pemeriksa Bank, Bank Indonesia Jakarta (1983), Kursus Perancangan Peraturan Perundang-undangan Departemen Kehakiman, Jakarta (1898), Kursus Prudential Regulation of Banking System, IMF, Singapore, Regional Training Institute (1999).

Dia memulai karir di Bank Indonesia. Menjadi Staf Pemeriksa Keuangan (1982-1985), Kepala Seksi diperbantukan pada Duta Besar RI untuk Uruguay Round di Jenewa (1991-1992), Ketua Tim/Kepala Bagian Hukum menangani masalah perbankan sampai tahun 1999, Deputi Lihat Daftar Direktur
Lihat Daftar Direktur
Direktur
Direktorat Hukum BI (2001-2002), Deputi Lihat Daftar Direktur
Lihat Daftar Direktur
Direktur
Hukum memimpin Direktorat Hukum BI (2002).

Kemudian, beralih karir di pemerintahan sebagai Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) diangkat dengan KEPPRES No. 201/M, Oktober 2002.

Di samping itu, dia juga memiliki pengalaman organisasi dan pengalaman kerja di berbagai lembaga. Antara lain: staf Redaksi Majalah Hukum dan Pembangunan FHUI (1978-1981), Sekretaris Jenderal Senat Mahasiswa FHUI (1979-1980), Wakil Ketua Perhimpunan Perancang Peraturan Perundang-undangan, Ketua Umum DPP PPP (1989-1994)
Ketua Umum DPP PPP (1989-1994)
PPP
PI (1994-sekarang), mantan dosen tidak tetap mata kuliah Bahasa Inggris Hukum FH Universitas Jayabaya, mantan dosen tidak tetap pada FH Universitas Yarsi, dosen tidak tetap untuk mata kuliah Hukum Perbankan pada FHUI untuk program regular dan ekstensi (1990-sekarang), dosen tidak tetap untuk mata kuliah Hukum Perbankan untuk program S2 (eksekutif) dan Notariat FHUI (2001-sekarang), dosen tidak tetap mata kuliah Hukum Perbankan dan Jaminan Program Pascasarjana Universitas Pancasila (2001-sekarang).

Juga aktif menjadi pembicara dalam berbagai seminar mengenai Hukum Perbankan, Kepailitan, Money Laundering, dan Know Your Customer. Antara lain pada International Conference on Money Laundering and Asset Forfeiture di Bangkok (2001), International Conference of Combating Money laundering and Terrorist Financing yang diselenggarakan oleh Pemerintah RI dan Australia, Denpasar (2002), Seminar Memahami UU No. 15 Tahun 2002 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang di Jakarta (2003), Konferensi Internasional tentang Tindak Pidana Pencucian Uang yang diselenggarakan oleh DEPLU di Bandung (2003).

Sebagaimana dia tulis di bloknya, http://yunushusein.wordpress.com/about/, dia pernah pula menjadi Anggota Tim RUU Tindak Pidana Pencucian Uang, Anggota Tim RUU Perubahan UU No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (2000), Wakil Ketua Tim RUU Perubahan UU No. 15 Tahun 2002 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang (2003), Wakil Ketua Tim RPP tentang Perlindungan Saksi dan Pelapor dalam Tindak Pidana Pencucian Uang (2003), Anggota Tim Panitia Penyusunan RUU tentang Ratifikasi Konvensi Internasional tentang Pendanaan Terorisme, International Convention for the Suppression of the Financing of Terrorism (2003), Ketua Delegasi RI dalam face-to-face meeting dengan Financial Action Task Force on Money Laundering (FATF), di Singapore (Januari 2003) dan di Tokyo (Juni 2003), Anggota Tim Konsultasi Ahli Badan Pembinaan Hukum Nasional, BPHN (2002-sekarang), Anggota Komite Nasional Kebijakan Governance, Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), dan dalam rangka kerjasama internasional di bidang AML Regime untuk kawasan Asia-Pasifik diangkat sebagai Co-Chair (Ketua Bersama) Asia Pacific Group (APG) periode 2006-2008 bersama-sama dengan Mr. Mick Keelty, Kepala KeKapolri (1968-1971)
Kapolri (1968-1971)
polisi
an Federal Australia (Australian Federal Police/AFP).

Dia juga terbilang kreatif dalam menulis. Karya tulis antara lain "PPATK: Tugas, Wewenang dan Peranannya Dalam Memberantas Tindak Pidana Pencucian Uang", Jurnal Hukum Lihat Daftar Tokoh Pengusaha
Lihat Daftar Tokoh Pengusaha
bisnis
Vol. 22, No. 3 Tahun 2003, dan buku Rahasia Bank: Privasi Versus Kepentingan Umum yang diterbitkan oleh Program Pascarjana FHUI, 2003. Penulis: Pemimpin Redaksi Tokoh Indonesia
Pemimpin Redaksi Tokoh Indonesia
Ch. Robin Simanullang
| Bio TokohIndonesia.com

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 02 Sep 2011  -  Pembaharuan terakhir 13 Mar 2012

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini
Beri Komentar

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Sponsorship

Jika Anda merasa terbantu/senang dengan keberadaan situs ini, mohon dukung kami dengan membeli paket sponsorship. Semua dana yang kami terima akan digunakan untuk memperkuat kemampuan TokohIndonesia.com dalam menyajikan konten yang lebih berkualitas dan dukungan server yang lebih kuat. Dukungan Anda juga memungkinkan kami membuka konten seluas-luasnya kepada publik. Silakan beli paket sponsor dengan aman via paypal (kartu kredit). Bila Anda ingin mentransfer via bank, silakan lihat informasi rekening kami di halaman kontak.

Sponsor Bronze
Sponsor Bronze: US$50
Sponsor Silver
Sponsor Silver: US$250
Sponsor Gold
Sponsor Gold: US$500


Nama para Sponsor akan kami tempatkan di halaman khusus 'Sponsor'. Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi kami via Telp/SMS ke 0852-15333-143 atau e-mail ke sponsor@tokohindonesia.com.
 

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: