WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia
Gambar QR sudah tersimpan sebelumnya.

Pakar Jaminan Sosial

Pakar Jaminan Sosial
Hasbullah Thabrany | TokohIndonesia.com | DokPri

Prof. dr. Hasbullah Thabrany, MPH, Dr.PH, pria kelahiran Jakarta, 21 Mei 1954, yang akrab dipanggil Jack Bhull. Guru Besar Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat UI dan Pendiri/Ketua Umum PAMJAKI (Perhimpunan Ahli Manajemen Jaminan dan Asuransi Kesehatan Indonesia), ini memfokuskan keahlian pada Bidang asuransi kesehatan dan jaminan sosial.

Guru Besar FKM UI
Lihat Curriculum Vitae (CV) Hasbullah Thabrany

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Hasbullah Thabrany

Jack Bhull, menamatkan pendidikan dokter dari FKUI tahun 1980. Setahun kemudian, dia melanjutkan pendidikan di University of California di Berkeley, Amerika Serikat hingga meraih gelar Master of Public Health dan Doctor of Public Health. Disertasinya berjudul Health Insurance and the Demand for Medical Care in Indonesia.

Saat belajar di universitas terkemuka di dunia tersebut, dia juga mengambil pendidikan profesi dari Health Insurance Association of America dan berkerja pada Rand Corporation di Santa Monica, California, suatu lembaga penelitian bergengsi di dunia. Selain itu, dia juga mengikuti banyak kursus singkat dalam bidang social insurance dan social security di beberapa Negara seperti di Jerman, Filipina, dan Muangtai, yang diyakininya sebagai sistem yang paling cocok untuk Indonesia yang memungkinkannya terwujud keadilan sosial, equity egaliter.

Mantan Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat UI, ini telah meninjau dan memelajari sistem asuransi kesehatan nasional di Amerika, Kanada, Belanda, Jerman, Jepang, Korea, Taiwan, Filipina, dan Muangtai. Dia memperjuangkan keadilan ini dengan prinsip setiap orang harus mendapatkan pelayanan medis, ketika sakit, sesuai dengan kebutuhan medisnya terlepas dari status sosial-ekonomi, ras, atau aliran politik.

Mantan Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat UI, ini telah meninjau dan memelajari sistem asuransi kesehatan nasional di Amerika, Kanada, Belanda, Jerman, Jepang, Korea, Taiwan, Filipina, dan Muangtai. Dia memperjuangkan keadilan ini dengan prinsip setiap orang harus mendapatkan pelayanan medis, ketika sakit, sesuai dengan kebutuhan medisnya terlepas dari status sosial-ekonomi, ras, atau aliran politik.

Setelah menuntut ilmu kebijakan kesehatan, kekhususan ekonomi kesehatan, dia menyadari bahwa ilmu asuransi kesehatan sangat tidak difahami di Indonesia. Dia pun merasa terpanggil dan memulai menyebarkan ilmu asuransi kesehatan dengan menawarkan kuliah asuransi kesehatan dan kursus asuransi kesehatan dalam rangka pendidikan profesi menggunakan modul-modul pendidikan profesi dari American Health Insurance Plans.

Kemudian, Hasbullah mendirikan organisasi PAMJAKI (Perhimpunan Ahli Manajemen Jaminan dan Asuransi Kesehatan Indonesia) tahun 1998 di mana dia menjadi Ketua
Umum PAMJAKI sampai kini. Tujuan Umum PAMJAKI adalah untuk menghasilkan sumber daya manusia profesional bidang asuransi kesehatan yang mempunyai pengetahuan dan keterampilan manajemen asuransi kesehatan, dan mampu mengamalkan keahliannya secara profesional. Sementara Tujuan Khususnya adalah (1) Menyelenggarakan ujian dan tutorial gelar profesi jenjang Ajun Ahli Asuransi Kesehatan; dan (2) Menyelenggarakan ujian dan tutorial gelar profesi jenjang Ahli Asuransi Kesehatan.

Pada tahun 2002, dia bergabung dalam Tim Sistem Jaminan Sosial Nasional yang dibentuk oleh Presiden Megawati untuk menyusun cetak biru sistem jaminan sosial di Indonesia yang kini telah diwujudkan dalam UU Sistem Jaminan Sosial Nasional. Kemudian, dia diusulkan oleh Menko Kesra untuk menjadi Ketua Dewan Jaminan Sosial Nasional, semacam Majelis Wali Amanat untuk sistem jaminan sosial di Indoneisa. Dalam Profil Guru Besar UI, disebut mimpi Hasbullah Thabrany adalah mewujudkan agar setiap orang di Indonesia memiliki asuransi kesehatan dan pension.[1]

Dia telah menulis banyak artikel di dalam jurnal ilmiah maupun surat kabar atau majalah nasional tentang pelayanan kesehatan dan asuransi kesehatan. Juga telah menulis buku atau chapter dalam buku "Rahasia Sukses Balajar (1993)", "Introduksi Asuransi Kesehatan (1996)", "Rasional dan perhitungan pembayaran kapitasi (1996", "Asuransi Kesehatan: Pilihan Kebijakan Nasional (1998)"Konsep dan Cara Pembayaran Kapitasi (1999)", "Asuransi Kesehatan Indonesia (2000)", "Health Insurance System in Indonesia (2004)", "Pendanaan Kesehatan dan Alternatif Mobilisasi Dana di Indonesia (2005)", "Social Health Insurance: Case Study in Indonesia (2005)", dan "Asuransi Kesehatan Nasional". Puluhan karya ilmiah telah diterbitkannya di dalam jurnal nasional dan internasional. Tian Son Lang | Bio TokohIndonesia.com |

Footnote:
[1] Profil Guru Besar UI, Prof. dr. Hasbullah Thabrany, MPH, Dr.PH, http://www.ui.ac.id/download/guru_besar/Prof_dr_Hasbullah_Thabrany_MPH_Dr_PH.pdf

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 20 Jul 2011  -  Pembaharuan terakhir 23 Feb 2012

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Tito Karnavian

Tokoh Monitor

Buku Pilihan

thumb

Buku ini hadir untuk menjawab seputar permasalahan yang sering terjadi pada perabot rumah.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: