WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia
Gambar QR sudah tersimpan sebelumnya.

Mengurusi Perempuan dan Anak-anak

Mengurusi Perempuan dan Anak-anak
Linda Gumelar| TICOM IMAGES | Hotsan

Sebelum menjabat sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabinet Indonesia Bersatu II (2009-2014), ia pernah menjadi Ketua Kongres Wanita Indonesia (Kowani), Ketua Dewan Pembina Yayasan Kesehatan Payudara, Dewan Pembina Yayasan Onkologi Anak Indonesia dan anggota DPR dan MPR periode 1992-1997. Sebagai menteri, perempuan yang pernah divonis menderita kanker ini harus mengatasi setumpuk persoalan seperti kekerasan, pelecehan, sampai perdagangan perempuan dan anak-anak.

Menteri PPPA, 2009-2014
Lihat Curriculum Vitae (CV) Linda Gumelar

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Linda Gumelar

Linda Gumelar, putri keempat dari enam bersaudara ini terlahir dalam keluarga birokrat. Ayahnya H. Ahmad Tahir bekerja di TNI AD dan sempat menjabat sebagai Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi, sementara ibunda Linda, Hj. Rooslila Tahir pernah menjadi anggota DPR RI dan anggota Dewan Kesenian, selain juga dikenal sebagai seniman dan wartawati. Ibunya juga banyak bergerak di organisasi perempuan dan aktivis bahkan punya sekolah di Medan. Bakat kepemimpinan dan berorganisasi inilah yang kemudian diwarisi Linda dari kedua orang tuanya itu.

Istri Ketua Normalisasi PSII Agum Gumelar ini lahir di Bandung, 15 November 1951 dengan nama Linda Amalia Sari. Nama depannya diambil dari bahasa Spanyol yang artinya manis. Sedangkan Amalia artinya anak yang diharapkan beramal baik dalam ilmu, selalu memperhatikan orang yang sedang kesulitan. Sedangkan Sari artinya inti. Meski kedua orangtuanya memangku jabatan yang cukup penting, Linda dididik agar senantiasa bersikap rendah hati. Ketika ayahnya diangkat menjadi Panglima, ia diajarkan untuk selalu menerapkan pola hidup yang sederhana. Semua fasilitas jangan dipakai, misalkan ayahnya memakai ajudan, anaknya jangan ikut-ikutan.

Seperti anak tentara pada umumnya, wanita berdarah campuran Jawa-Batak-Padang ini sejak kecil sudah terbiasa hidup berpindah-pindah. Dari Bandung, Linda yang saat itu masih berusia dua tahun diboyong orangtuanya hijrah ke Jakarta. Linda kemudian disekolahkan di SD Cikini. Baru sekitar tiga tahun menetap di ibukota, ayah Linda diangkat menjadi atase militer di Roma, Italia, selama setahun. Linda pun melanjutkan pendidikan dasarnya di sana. Sekembalinya dari luar negeri, keluarga Linda kembali ke Jakarta dan tinggal di Perumahan Deplu. Kemudian, ibunya mendapat rumah di Panglima Polim, yang hingga kini menjadi kediamannya bersama keluarga. Linda dan saudara kandungnya yang lain disekolahkan di SD Kwitang V, Jakarta Selatan, yang letaknya tak jauh dari rumah.

Silakan LOGIN untuk membaca kelanjutannya
© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 30 Jun 2011  -  Pembaharuan terakhir 02 Mar 2013

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Tito Karnavian

Tokoh Monitor

Buku Pilihan

thumb

Dalam The Carrot Principle, berdasarkan studi kasus dari berbagai perusahaan - termasuk Disney, DHL, KPMG, dan Pepsi Bottling Group - penulis bestseller Gostick dan Elton memperlihatkan bagaimana manajer yang hebat memimpin dengan akselerator (penghargaan) "wortel", bukan dengan "cambuk", dalam meningkatkan produktivitas, keterlibatan, retensi, dan kepuasan pelanggan.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: