Wikipedia

Kompas

Tempo

Antara

YouTube

WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOWONGAN: TokohIndonesia.com yang berkantor di Jakarta membuka kesempatan kerja sebagai Account Executive. Lamaran dikirimkan ke sdm at tokohindonesia.com

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com if you CARE

Berita Tokoh Monitor

KPK-Hukum

Bisnis-Entrepreneur

Internet-Social Media

Budaya-Sastra

Mancanegara

Olahraga

Gaya Hidup

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Suhu Pengobatan Tradisional

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Suhu Pengobatan Tradisional
Prof. Hembing | tokohindonesia | repro

Sekitar tahun 90-an, pria keturunan Tionghoa ini menarik perhatian publik saat membawakan acara bertajuk "Hidup Sehat Cara Hembing" di layar kaca. Sebagai pakar pengobatan tradisional dan akupuntur, ia telah banyak mengantar pasiennya menuju kesembuhan berkat obat-obatan natural ramuannya. Penerima The Star of Asia Award ini juga banyak menulis tentang kesehatan, akupuntur, chikung, obat tradisional dan tanaman obat-obatan.

Pakar pengobatan tradisional dan akupuntur
Lihat Curriculum Vitae (CV) Prof. Hembing

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Prof. Hembing

QR Code Halaman Biografi Prof. Hembing
Bio Lain
Click to view full article
Ciputra
Click to view full article
Adolf Jouke Sondakh
Click to view full article
Angelique Widjaja
Click to view full article
Ahmad Dhani
Click to view full article
Andrias Wiji Setio Pamuji
Click to view full article
Kamir Raziudin Brata
Click to view full article
Soeparno Prawiroadiredjo

Hembing Wijayakusuma lahir di sebuah rumah kontrakan sederhana yang terletak di Jalan Serdang Gang Sado, Medan pada 10 Maret 1940. Semasa kecil, ia sering sakit-sakitan dan dianggap tidak memiliki harapan hidup lagi. Keadaan semakin bertambah buruk dengan kehidupan keluarganya yang pas-pasan. Oleh sebab itu, atas inisiatif sang nenek, Hembing pun "dibuang" alias diberikan kepada orang lain. Untungnya, L.T. Kwan, ibunda Hembing segera "meminta" kembali putranya itu. Untuk menebus kesalahannya, sang nenek yang ahli pengobatan tradisional di Medan, akhirnya menurunkan semua ilmunya kepada Hembing. Gayung pun bersambut, Hembing sangat antusias menimba ilmu pada neneknya dan ia belajar dengan tekun. Hingga pada akhirnya, warisan dari sang neneklah yang menentukan jalan hidupnya.

Sejak kecil, anak keenam dari sebelas bersaudara ini memang sudah tertarik pada dunia pengobatan. Suatu ketika, Hembing kecil mencoba ''menganalisa'' komposisi balsam (obat gosok), kemudian mencoba meramu balsam sendiri dengan bahan-bahan yang terdapat di dapur ibunya. Ketika ayahnya, yang penjahit mengeluh pusing, Hembing memberi balsam buatannya. ''Eh, ternyata sembuh,'' katanya mengenang, seraya terkekeh seperti dikutip dari situs pdat Tempo.

Saat usianya baru genap 15 tahun, ia sudah mahir mengobati orang. Dalam memberikan pengobatan, ia tak pernah memilih pasien. Siapa saja bisa datang dan berobat kepadanya. Hal ini diakuinya berkat ajaran H.S. Chong, sang ayah dan agama Islam yang dianutnya. Kadang, ia juga tak segan menyelipkan pesan-pesan agama dalam pengobatannya atau berceramah soal pengobatan dalam kegiatan agama. Hembing mengaku sejak kecil sudah terbiasa dengan ajaran Islam. Begitu pula dalam pergaulan sehari-hari, ia tak pernah memilih kawan, ia tak sungkan menjalin kedekatan dengan masyarakat kelas bawah bahkan ia pernah mendapat julukan Kaipang Pangcu atau ketua persatuan gelandangan dan pengemis.

Hembing yang kini dikenal sebagai suhu pengobatan tradisional telah banyak mengantar pasiennya menuju kesembuhan berkat obat-obatan natural ramuannya. Ia juga dikenal sebagai penulis buku tentang kesehatan yang produktif. Sedikitnya 70-an judul buku berhasil ditulisnya, di antaranya Impotensi (Sinar Agung, 1979), Frigiditas (Sinar Agung, 1985), dan Pengobatan Murah (Sinar Agung, 1985), Ramuan Lengkap Herbal Taklukkan Penyakit, Penyembuhan Dengan Terung, Penyembuhan Dengan Labu Parang, 10 Menit Menuju Sehat dengan Terapi Refleksi Telapak Tangan, Psikoterapi Anak Autis, Teknik Bermain Kreatif non Verbal & Verbal, serta 10 Menit Menuju Sehat dengan Terapi Tulang Belakang.

Hembing menempuh pendidikan dari tingkat SD hingga SMA di kota kelahirannya. Setelah tamat SMA pada tahun 1958, ia menuntut ilmu pengobatan tusuk jarum di Chinese Medical Institute - Chinese Pharmacology and Acupuncture, Hongkong dan lulus tahun 1970. Berkat ketekunannya, suami dari Lilian Kusumawati (almh) ini dikukuhkan sebagai guru besar bidang pengobatan timur pada Universitas Won Kwang, Korea Selatan, pada 28 Februari 1976.

Dua tahun berselang, pendiri bagian akupunktur, FK UISU, Medan ini hijrah ke Jakarta. Di ibukota ia mendirikan Klinik Akupuntur Wijayakusuma di bilangan Jalan KS Tubun Jakarta Pusat. Di ruang prakteknya, Hembing menerima puluhan pasien setiap hari kerja. ''Syukurlah, akupuntur sudah diterima sebagai pengobatan alternatif,'' kata ayah tiga anak ini.

Di tahun 90-an, Hembing berkesempatan memandu sebuah acara yang tayang setiap akhir pekan, bertajuk "Hidup Sehat Cara Hembing". Sesuai namanya, program televisi yang tayang di RCTI itu memuat resep dan tips pengobatan menggunakan obat-obatan herbal yang selama puluhan tahun dipelajarinya.

Hembing yang kini dikenal sebagai suhu pengobatan tradisional telah banyak mengantar pasiennya menuju kesembuhan berkat obat-obatan natural ramuannya. Ia juga dikenal sebagai penulis buku tentang kesehatan yang produktif. Sedikitnya 70-an judul buku berhasil ditulisnya, di antaranya Impotensi (Sinar Agung, 1979), Frigiditas (Sinar Agung, 1985), dan Pengobatan Murah (Sinar Agung, 1985), Ramuan Lengkap Herbal Taklukkan Penyakit, Penyembuhan Dengan Terung, Penyembuhan Dengan Labu Parang, 10 Menit Menuju Sehat dengan Terapi Refleksi Telapak Tangan, Psikoterapi Anak Autis, Teknik Bermain Kreatif non Verbal & Verbal, serta 10 Menit Menuju Sehat dengan Terapi Tulang Belakang. Selain itu, atas permintaan banyak pihak, pria bergelar profesor ini membukukan buku-bukunya sebagai panduan kesehatan dan kecantikan, salah satunya diberi judul Cantik Cara Hembing. Ia telah membuktikan bahwa kesehatan, kebugaran, kecerdasan dan kecantikan dapat terjaga dengan ramuan alami.

Hembing juga menghasilkan buku di luar dunia kesehatan terutama yang berbau sejarah, seperti Muslim Tionghoa Cheng Ho Misteri Perjalanan Muhibah di Nusantara, dan Pembantaian Massal 1740. "Untuk bisa mencapai posisi seperti sekarang, saya harus melalui perjuangan yang cukup keras," katanya.

Hembing yang pernah menjadi pengawas kesehatan Gubernur Raja Pejuang Batak melawan Kolonialis Belanda
Raja Pejuang Batak melawan Kolonialis Belanda
Sumatera Utara
, Marah Halim Harahap, juga dikenal aktif di berbagai lembaga akupuntur internasional, antara lain pernah menjabat sebagai wakil presiden World Academy Society of Acupuncture yang berpusat di Seoul, Korea Selatan, serta menjadi Penasehat pada Societe Italiana di Agopunctura Italia.

Hembing mengatakan, dengan kembali maraknya gerakan kembali ke alam (back to nature), kecenderungan penggunaan bahan obat alam (herbal) di dunia semakin meningkat. Dalam paparan berjudul "Kekayaan dan Pengembangan Tanaman Obat Indonesia" pada Seminar Warisan Budaya dan Ekonomi Kreatif dalam rangkaian "Pekan Produk Budaya Indonesia 2007" di Jakarta, Hembing menjelaskan gerakan kembali ke alam itu dilatarbelakangi perubahan lingkungan, pola hidup manusia, serta perkembangan pola penyakit.

Menurut Hembing, slogan back to nature menunjukkan minimnya efek negatif penggunaan herbal serta secara ekonomis menarik minat masyarakat kembali menggunakan obat-obatan bahan alami. Herbal memiliki efek samping yang lebih rendah dibanding obat-obatan kimia karena obat herbal bersifat alamiah, dan penelitian tanaman berkhasiat obat secara ilmiah menunjukkan bahwa tanaman itu mengandung zat atau senyawa aktif yang terbukti bermanfaat bagi kesehatan.

Hembing mengutip data WHO bahwa perawatan kesehatan sekitar 80 persen penduduk dunia memanfaatkan obat tradisional bersumber dari ekstrak tumbuhan. Peningkatan kebutuhan obat herbal itu merupakan peluang besar bagi Indonesia dalam pengembangan budidaya dan agriLihat Daftar Tokoh Pengusaha
Lihat Daftar Tokoh Pengusaha
bisnis
tumbuhan obat maupun industri pengolahannya pada skala yang cukup besar. "Saat ini produksi obat tradisional dan fitofarmaka berkembang dengan pesat sehingga kebutuhan tumbuhan obat untuk bahan baku industri tersebut juga meningkat tajam," kata Hembing yang juga menjadi pengurus Yayasan Tarumanegara ini.

Di tengah kesibukannya sehari-hari dalam mengembangkan obat-obatan tradisional, penerima penghargaan Bintang Jasa Utama dari Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono ini juga tidak berhenti meneliti berbagai kemungkinan baru di dunia pengobatan akupuntur. Misalnya, ia mencoba menggunakan sengatan lebah sebagai pengganti tusukan jarum dan mendalami Qi Gong (baca: Ci Kung), seni olah napas Cina yang mulai dikembangkan sebagai terapi. eti | muli, red

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 31 Mei 2011  -  Pembaharuan terakhir 15 Mar 2012

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini
Beri Komentar

Facebook

TIKomen

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Sponsorship

Jika Anda merasa terbantu/senang dengan keberadaan situs ini, mohon dukung kami dengan membeli paket sponsorship. Semua dana yang kami terima akan digunakan untuk memperkuat kemampuan TokohIndonesia.com dalam menyajikan konten yang lebih berkualitas dan dukungan server yang lebih kuat. Dukungan Anda juga memungkinkan kami membuka konten seluas-luasnya kepada publik. Silakan beli paket sponsor dengan aman via paypal (kartu kredit). Bila Anda ingin mentransfer via bank, silakan lihat informasi rekening kami di halaman kontak.

Sponsor Bronze
Sponsor Bronze: US$50
Sponsor Silver
Sponsor Silver: US$250
Sponsor Gold
Sponsor Gold: US$500


Nama para Sponsor akan kami tempatkan di halaman khusus 'Sponsor'. Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi kami via Telp/SMS ke 0852-15333-143 atau e-mail ke sponsor@tokohindonesia.com.
lazada
 

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: