WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Ahli Bedah Bisnis

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Ahli Bedah Bisnis
Rhenald Kasali | TokohIndonesia.com

Ulasan-ulasan bisnisnya yang tajam dan tak njelimet telah banyak menginspirasi orang. Peraih penghargaan Satya Lencana Karya Satya 10 tahun dari Presiden RI ini ingin mengubah cara berpikir masyarakat Indonesia yang masih sangat birokratis menjadi berjiwa entrepreneurship dan leadership.

Pakar Manajemen, Guru Besar FEUI
Lihat Curriculum Vitae (CV) Rhenald Kasali

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Rhenald Kasali

QR Code Halaman Biografi Rhenald Kasali
Bio Lain
Click to view full article
Moerdiono
Click to view full article
Edwin Soeryadjaya
Click to view full article
Sidrotun Naim
Click to view full article
Soeparno Prawiroadiredjo
Click to view full article
Ryan Lalisang
Click to view full article
Syafii Maarif
Click to view full article
Karlina Leksono Supelli
BERITA TERBARU

Bagi Pakar Manajemen, Guru Besar FEUI
Pakar Manajemen, Guru Besar FEUI
Rhenald Kasali
, Lihat Daftar Tokoh Pengusaha
Lihat Daftar Tokoh Pengusaha
bisnis
adalah bagaimana membuat sesuatu menjadi hal yang luar biasa. Dalam pengembangan Lihat Daftar Tokoh Pengusaha
Lihat Daftar Tokoh Pengusaha
bisnis
, ia menegaskan bahwa pola pikir kewirausahaan sangat diperlukan, bukannya keberuntungan. Kewirausahaan bukanlah ada dengan sendirinya melainkan harus diciptakan.

Menurutnya, keberuntungan sebenarnya adalah ketika kesempatan bertemu dengan persiapan. Artinya, keberuntungan sendiri tampaknya mempunyai sifat yang sama dengan kewirausahaan yang pada dasarnya "diciptakan". Keberuntungan tidak akan datang dengan sendirinya. Keberuntungan ada karena ada usaha sebelumnya. Dari sinilah dapat dipahami betapa pentingnya latihan yang terus menerus dan pantang menyerah oleh mereka yang ingin terjun ke dalam dunia Lihat Daftar Tokoh Pengusaha
Lihat Daftar Tokoh Pengusaha
bisnis
.

Akan tetapi, seorang wirausahawan harus melakukan reinvestasi. Baginya, tujuan orang berwirausaha bukan untuk menjadi kaya, karena kaya hanyalah akibat. Rhenald menyatakan bahwa seorang wirausahawan yang hanya menjadikan kekayaan sebagai tujuan utama dalam berwirausaha adalah bentuk pengkhiatan terhadap kewirausahaan.

Dalam salah satu bukunya, Myelin: Mobilisasi Intangibles sebagai Kekuatan Perubahan, Rhenald menyatakan bahwa myelin (muscle memory) sebagai faktor penting untuk menjembatani gagasan yang dihasilkan "brain memory" agar bisa sampai di tujuan dengan "mengendarai" myelin yang terlatih. Artinya, tidak ada keraguan atas kecerdasan sumber daya manusia Indonesia. Sebagai contoh, sudah banyak anak-Pencipta Lagu Anak-anak
Pencipta Lagu Anak-anak
anak Indonesia
yang memenangi olimpiade fisika atau matematika dunia. Namun, Rhenald menegaskan bahwa pengetahuan saja tidaklah cukup untuk meraih kesuksesan. Kunci kesuksesan adalah terus berlatih. Semakin sering berlatih maka jaminan untuk sukses semakin nyata.

Rhenald Khasali adalah seorang akademisi dan praktisi bisnis yang lahir di Jakarta pada 13 Agustus 1960. Ia termasuk salah satu ahli bedah bisnis yang piawai di negeri ini, setidaknya dalam bidang iklan dan pemasaran.

Namun, siapa menyangka kalau si ahli bedah bisnis ini pernah tinggal kelas ketika hendak naik kelas lima sekolah dasar. Tak ayal, peristiwa itu membuatnya sangat terpukul. Belum lagi rasa malu yang harus ditanggungnya. Pasalnya, waktu itu ia menganggap orang yang tidak naik kelas adalah orang bodoh. Untunglah, perasaan itu tak berlarut-larut dirasakannya. Justru ia mulai berintrospeksi dan berbenah diri serta semakin giat belajar. Putra pasangan Samuel Kasali dan Sonya Andrea Kelin ini mengaku, kalau tidak ada peristiwa itu, mungkin dirinya tidak akan berubah.

Terlebih lagi, kehadiran orangtuanya yang tak pernah absen mendampinginya di saat-saat sulit. Bimbingan serta kasih sayang selalu dicurahkan untuk Rhenald kecil. Misalnya, kalau mau ujian di sekolah, orang tua terutama sang ibu selalu mengajaknya berdoa. "Doa orang tua saya itu sederhana sekali, kalau memang anak saya itu mampu, berikan dia kesempatan," tutur Rhenald menirukan doa yang senantiasa dipanjatkan Sonya, ibunda tersayangnya.

Sebagai guru besar, pria bergelar Ph. D. dari University of Illinois ini terbilang produktif dalam menghasilkan tulisan. Buku-buku yang ditulisnya laris manis dan selalu menjadi incaran kalangan pebisnis dan dikoleksi oleh banyak mahasiswa. Beberapa buku yang telah dihasilkannya antara lain berjudul Sembilan Fenomena Bisnis, Sukses Melakukan Presentasi, Change!, Recode Your Change DNA, serta masih banyak lagi.

Sonya akan sangat marah dan cemas bila Rhenald membolos sekolah. Oleh karena itu, untuk memompa semangat putranya, ia berusaha memberikan yang terbaik untuk buah hatinya. Rhenald masih ingat betul bagaimana ibunya sering menjemputnya di sekolah dan memboncengnya dengan sepeda. Lalu, masih menggunakan sepeda kayuhnya, sang ibu suatu hari mengajak Rhenald ke Pasar Taman Puring, Kebayoran, untuk membeli sepatu bekas. "Saat itu ibu memang hanya mampu membelikan sepatu bekas karena anaknya lima orang," kata Rhenald mengenang.

Perjuangan ibunda tercintalah yang berandil besar hingga Rhenald dapat mencapai karirnya seperti sekarang ini. Selain dikenal luas sebagai akademisi dan praktisi bisnis, ia juga menjadi pengajar di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dan Ketua Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi di universitas yang sama. Pada 4 Juli 2009, predikatnya bertambah setelah resmi dilantik sebagai guru besar bidang Ilmu manajemen di Fakultas Ekonomi UI. Selain tercatat sebagai dosen di UI, Rhenald juga menjadi dosen terbang di Program Magister Manajemen Universitas Sam Ratulangi, Universitas Tanjung Pura, Universitas Udayana, dan Universitas Lampung.

Sebagai guru besar, pria bergelar Ph. D. dari University of Illinois ini terbilang produktif dalam menghasilkan tulisan. Buku-buku yang ditulisnya laris manis dan selalu menjadi incaran kalangan pebisnis dan dikoleksi oleh banyak mahasiswa. Beberapa buku yang telah dihasilkannya antara lain berjudul Sembilan Fenomena Bisnis, Sukses Melakukan Presentasi, Change!, Recode Your Change DNA, serta masih banyak lagi.

Rhenald juga telah berhasil mengkoleksi sederet penghargaan dari kerja kerasnya sebagai akademisi, penulis, dosen, maupun praktisi bisnis. Penghargaan tersebut antara lain Satya Lencana Karya, Penghargaan "Kreativitas", Dosen Terbaik FEUI 2003, dan lain sebagainya.

Rhenald berujar, jika dimasa kecilnya sang ibu amat berperan dalam menumbuhkan semangatnya, kini ketika sudah menikah dan mengajar di UI, pengobar semangatnya adalah sang istri tercinta, Elisa. Misalnya, saat ia mau berhenti bekerja lantaran terlalu banyak intrik, Elisa melarangnya. Menurut ibu dari Fin dan Adam itu, kampus bukan cuma dunia idealisme namun juga merupakan tempat orang meniti karir dan mencari nafkah, sehingga kepentingannya beragam. Dengan kata lain, ada persaingan yang harus dipahami secara arif.

Sementara dalam mendidik anak, meski sebagai praktisi di dunia bisnis, Rhenald tak ingin mendorong dua buah hatinya agar mengikuti jejaknya. Menurut Rhenald, Fin dan Adam mempunyai masa depan sendiri karena mereka hanyalah titipan Tuhan. Baginya, yang terpenting adalah bagaimana mendidik keduanya agar menjadi manusia yang bermoral baik, bisa menghidupi diri sendiri serta berguna bagi orang lain. Makanya, di sekolah pun Rhenald tak pernah menuntut anak-anaknya supaya mendapat peringkat sepuluh besar. "Saya tidak mau anak-anak saya menghabiskan energi hanya untuk mengejar ranking," ucap sarjana ekonomi lulusan UI ini.

Baginya, pendidikan kepekaan sosial bagi anak-anak jauh lebih penting ketimbang ilmu pengetahuan. Karena itu, ia pun memboyong keluarganya tinggal di kampung, bukan di sebuah kompleks perumahan. Dengan tinggal di lingkungan seperti itu, anak-anaknya bisa bergaul dengan anak-anak di kampung yang notabene berasal dari keluarga strata menengah ke bawah. Dengan begitu, ia berharap bisa mengajak anak-anaknya untuk melihat realitas sosial yang ada di sekitarnya.

Di sela-sela kesibukannya, Rhenald mengisi waktu luangnya dengan berkebun. Ia memiliki sebidang tanah di rumahnya di bilangan Pondok Gede, di timur Jakarta. Di atas lahan seluas 300 meter persegi itu, ia menanami aneka pohon buah-buahan, antara lain, mangga, jambu, nangka, rambutan, dan delima. e-ti | muli

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 16 May 2011  -  Pembaharuan terakhir 14 Mar 2012
Terasah Lewat Elfa S Singer Membangkitkan Nasionalisme Lewat Seni

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Majalah Tokoh Indonesia Edisi 42

Tokoh Monitor

Buku Pilihan

thumb

Kita akan mengetahui tentang masalah pembagian harta warisan berserta hal-hal lain di dalamnya yang masih bersangkutan dengan masalah harta warisan. Buku ini juga dilengkapi dengan contoh-contoh yang memudahkan pembaca untuk mengetahui, mempelajari serta menerapkannya secara otodidak.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: