WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Sutradara Indonesia yang Dikenal Dunia

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Sutradara Indonesia yang Dikenal Dunia
Garin Nugroho | TokohIndonesia.com | Balifilm.com

Garin Nugroho bernama lengkap Garin Nugroho Riyanto lahir di Yogyakarta, 6 Juni 1961. Dia produser dan sutradara film Indonesia yang terbilang dalam dunia sinema dunia. Beberapa karyanya masuk nominasi festival film internasional.

Sutradara dan Produser Film
Lihat Curriculum Vitae (CV) Garin Nugroho

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Garin Nugroho

QR Code Halaman Biografi Garin Nugroho
Bio Lain
Click to view full article
Nyonya Meneer
Click to view full article
Haryono Suyono
Click to view full article
Sutoyo Siswomiharjo
Click to view full article
Antarina SF Amir
Click to view full article
Achmad Tirtosudiro
Click to view full article
Achmad Sujudi
Click to view full article
Sutan Syahrir
BERITA TERBARU

Dia pun berhasil meraih sejumlah piala, diantaranya FIPRESCI dari Festival Film Internasional Berlin 1996 untuk film Bulan tertusuk Ilalang (1995), Silver Leopard Video di Festival Film Internasional Locarno 2000 untuk Puisi Tak Terkuburkan (2000), Special Jury Prize di Festival Film Internasional Tokyo 1998 untuk Daun di Atas Bantal (1998), film terbaik Asia di Osian's Cinefan Festival ke-7 lewat Rindu Kami Padamu (2006).

Dia sutradara yang kreatif dan produktif. Beberapa karyanya, antara lain: Under The Tree (2008), Opera Jawa (2006). Serambi (2006), Rindu Kami Padamu (2004), Aku Ingin Menciummu Sekali Saja (2002), Rembulan di Ujung Dahan (2002) (TV), Layar hidup: Tanjang priok/Jakarta (2001), Puisi Tak Terkuburkan (2000), Daun di Atas Bantal (1998), My Family, My Films and My Nation (1998), Bulan Tertusuk Ilalang (1995), Dongeng Kancil untuk Kemerdekaan (1995), Surat untuk Bidadari (1994), Air & Romi (1991), Cinta dalam Sepotong Roti (1991), Tepuk Tangan (1989), dan Gerbong Satu,Dua (1984).

Selain aktif sebagai sutradara, Garin juga aktif mengamati masalah sosial budaya, sehingga dia pantas disebut sebagai seorang pengamat komunikasi sosial budaya. Dia juga kerap menulis kolom di berbagai media. Di antaranya: "Jangan Bohong Dong, Lu Udah Gue Percaya!' yang dirilis TokohIndonesia.com, yang diterbitkan Harian Media Indonesia di bawah judul 'Awas, Komunikasi Politik SBY!'. Kolom ini mengulas berbagai instruksi Presiden Republik Indonesia Keenam (2004-2014)
Presiden Republik Indonesia Keenam (2004-2014)
Presiden SBY
yang tidak terealisir. Sebuah catatan yanmg menunjukkan bahwa komunikasi politik SBY dipenuhi pengingkaran-pengingkaran alias paradoks.

"Sebutlah `instruksi tanpa pelaksanaan, pertumbuhan tanpa kemanusiaan, prosedur tanpa pemecahan masalah, dan wacana elite tanpa ruang publik'. Tulis Garin: "Bisa diduga jargon `kebohongan publik' menjadi wadah paling tepat dari beragam pengingkaran dan paradoks tersebut. Itulah sebuah pesan yang sesungguhnya di dalamnya mengandung komunikasi politik dengan kritik pedas, bahasa akrab untuk rakyat melakukan kontrol, serta elite politik tidak lagi melayani kekuasaan, tapi melayani publik. Atau dalam bahasa gaul rakyat, "Eee jangan bohong dong, lu udah gue percaya!"

Garin juga aktif mengamati masalah sosial budaya, sehingga dia pantas disebut sebagai seorang pengamat komunikasi sosial budaya. Dia juga kerap menulis kolom di berbagai media. Di antaranya: "Jangan Bohong Dong, Lu Udah Gue Percaya!'

Dia juga pernah menulis Megawati Opera Sabun I - III. "Megawati Opera Sabun II segera dimulai, ketika kekuatan politik di sekitarnya mulai berubah, khususnya ketika pemilu terasa tak lama lagi, dan berbagai manuver lawan politik telah mulai terbaca pergerakannya. Sementara, tokoh-tokoh utama politik Indonesia, pada periode Megawati Opera Sabun I, telah mengalami berbagai peristiwa yang melahirkan berbagai pencitraan baru, sebutlah Presiden Republik Indonesia Keempat (1999-2001)
Presiden Republik Indonesia Keempat (1999-2001)
Gus Dur
hingga Ketua Dewan Pembina Partai Golkar
Ketua Dewan Pembina Partai Golkar
Akbar Tandjung
maupun citra militer. Inilah babak baru Megawati di tengah bangunan baru dramaturgi sosial politik Indonesia," tulis Garin.

Garin juga peduli masalah lingkungan hidup. Paling tidak hal ini tercermin dalam filmnya yang ke-10, bertemakan lingkungan, UNDER THE TREE. Dia juga suka mengumpulkan benda-benda seni yang unik dan antik dari berbagai tempat di Indonesia dan luar negeri. Di rumahnya, dia menyimpan barang-barang seni berupa lukisan-lukisan dan pajangan-pajangan unik dan antik dari Indonesia dan luar negeri. Jika tak sedang sibuk, Garin suka berada di rumah bersama keluarganya dan mengamati benda-benda seni koleksinya itu.

Tak ada gading yang tak retak. Ungkapan ini berlaku bagi setiap orang, tak terkecuali Sutradara dan Produser Film
Sutradara dan Produser Film
Garin Nugroho
. Dia pernah tersandung masalah. Helena Donatella, istri kedua Garin yang dinikahi secara sirih pada Juli 2005, menuntut pengakuan status ayah kepada Garin untuk anak yang dilahirkannya bernama Donegar Ezarian Nugroho. Helena sampai harus melaporkannya ke Komnas PA tanggal 19 Oktober 2006. Helena, mengaku melakukan ini hanya untuk kepentingan status anaknya agar bisa mendapatkan pengakuan, sehingga bisa memperoleh akta kelahiran dan masa depan sang anaknya tidak kabur. Bio TokohIndonesia.com | rbh

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh cross  -  Dibuat 17 Jan 2011  -  Pembaharuan terakhir 25 Oct 2012
Satgas Mafia Hukum Jadi Wamen Bintang Baru Gokar Indonesia

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Majalah Tokoh Indonesia Edisi 42

Tokoh Monitor

Buku Pilihan

thumb

Tubuh manusia merupakan keseluruhan struktur fisik organism manusia. Tubuh manusia terdiri atas kepala, leher, batang badan, 2 lengan dan 2 kaki.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: