Wikipedia

Kompas

Tempo

Antara

YouTube

WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOWONGAN: TokohIndonesia.com yang berkantor di Jakarta membuka kesempatan kerja sebagai Account Executive. Lamaran dikirimkan ke sdm at tokohindonesia.com

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com if you CARE

Berita Tokoh Monitor

KPK-Hukum

Bisnis-Entrepreneur

Internet-Social Media

Budaya-Sastra

Mancanegara

Olahraga

Gaya Hidup

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Penulis Spesialis Roman

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Penulis Spesialis Roman
Mira W | e-ti | tabloidnova.com

Ia termasuk novelis roman terproduktif di zamannya. Berkat karyanya, banyak penggemar novel di Indonesia yang tertular menjadi penulis.

Penulis, Dosen dan Dokter
Lihat Curriculum Vitae (CV) Mira W

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Mira W

QR Code Halaman Biografi Mira W
Bio Lain
Click to view full article
Zaenal Soedjais
Click to view full article
AM Fatwa
Click to view full article
Maswadi Rauf
Click to view full article
Jajang C Noer
Click to view full article
Adi Sasono
Click to view full article
Yongki
Click to view full article
Paulus Indra
BERITA TERBARU

Bicara soal novel populer Tanah Air, tentunya nama Mira W tak bisa begitu saja dilupakan. Ia dikenal sebagai penulis yang produktif menghasilkan novel-novel bertema cinta nan romantis. Pengarang bernama asli Mira Widjaya ini menjelma menjadi salah satu legenda novel terpopuler di Indonesia. Puluhan judul novel telah membanjiri dunia novel populer, bahkan beberapa di antaranya sudah dicetak ulang berkali-kali.

Bagi dokter lulusan Universitas Trisakti Jakarta ini, menulis adalah kegemaran, sedangkan dokter adalah panggilan jiwa. Mira W mengawali karir menulisnya dari menulis sebuah cerpen yang dimuat di majalah-majalah ibukota seperti Femina, Mendirikan sekolah wanita di Jepara dan Rembang
Mendirikan sekolah wanita di Jepara dan Rembang
Kartini
, Dewi dan lain-lain sejak tahun 1975 dengan nama M.Wijaya.

Keberhasilannya yang pertama tersebut telah melecut semangat Lihat Daftar Tokoh Perempuan
Lihat Daftar Tokoh Perempuan
wanita
kelahiran Jakarta 13 September 1951 ini untuk terus menulis. Dua tahun berselang setelah sukses menulis cerpen, ia menulis cerita bersambung (cerber) di majalah Dewi dengan judul Dokter Nona Friska. Cerber itu kemudian dibukukan dengan judul Kemilau Kemuning Senja dan pernah difilmkan dengan judul yang sama. Novelnya yang kedua berjudul Sepolos Cinta Dini, pernah dimuat sebagai cerber di harian Kompas tahun 1978, kemudian dibukukan oleh Gramedia.

Darah seni yang mengalir di tubuh Mira boleh jadi diwarisinya dari sang ayah, Othiel Widjaya, yang di masanya dikenal sebagai seorang produser film. Tak pelak, sejak kecil Mira sudah akrab dengan dunia seni. Ia terbiasa melihat film-film garapan sang ayah.

Cerpen pertamanya yang berjudul Benteng Kasih dimuat dalam majalah Femina tahun 1975 dengan imbalan Rp3.500. Karena saking bahagianya, honor pertama yang ia dapat tidak digunakannya melainkan diabadikannya dalam sebuah frame kaca dan dipajangnya.

Karena kebiasaan tersebut, Mira kecil bisa membedakan mana film yang benar-benar bagus dan mana yang tidak. Sehingga ia tak hanya menjadi penonton namun juga bisa menjadi seorang kritikus film. Meski telah mengenal dunia film sejak kecil, bungsu dari lima bersaudara ini masih enggan untuk menulis skenario atau pun terjun di dunia film. Kemampuan bekerja di dunia film justru menurun pada kakak sulungnya yang kini telah menjadi sutradara.

Mira lebih menyukai dunia sastra. Ia sudah belajar menulis sejak masih kanak-kanak, meski hanya beberapa lembar. Suatu saat, salah seorang guru menyukai tulisan Mira dan kemudian membacakan cerita itu di depan kelas. Tanpa sepengetahuannya, cerita itu dikirimkan ke sebuah majalah anak-anak. Upaya gurunya itu tak sia-sia, cerita karya Mira pun dimuat. Mengetahui hal itu, Mira kecil sangat senang, lalu lembaran majalah yang memuat tulisannya itu pun diguntingnya dan disimpan untuk jimat. Sepenggal kisah manis itulah yang menjadi titik balik seorang Mira W dalam memacu semangat menulisnya.

Bagi Mira, menulis bukanlah pekerjaan yang sulit. Karena proses kreatif yang selama ini ia lakoni pun tergolong tidak rumit. Cukup menyimpan ide dalam pikiran. Kemudian ditata dan dibenahi dari awal hingga akhir. Ia wujudkan dalam bentuk tulisan, lalu ia beri nama tokoh, watak, dan latar belakang yang jelas. Setelah itu cerita itu ia endapkan hingga ia benar-benar yakin. Setelah semua betul-betul matang, karya itu ia perhalus dalam bentuk kata-kata. Jika sudah selesai, ia pun mulai mencari judul yang sesuai.

Dalam setiap cover novelnya, bunga menjadi ciri khas Mira W. Bunga dipilih untuk menyesuaikan dengan judul novelnya yang puitis dan romantis, seperti Jangan Dustai Cintaku, Bukan Cinta Sesaat, Jangan Ucapkan Cinta, dan masih banyak lagi. Romantisme yang menjadi unsur utama tulisan Mira W membuat pembacanya yang sebagian besar Lihat Daftar Tokoh Perempuan
Lihat Daftar Tokoh Perempuan
wanita
begitu menunggu buku-bukunya.

Proses kreatif Mira W cukup sederhana dan mudah. Baginya, itu semua berkat bakat dalam tahap belajar. Walaupun telah menghasilkan banyak karya, Lihat Daftar Tokoh Perempuan
Lihat Daftar Tokoh Perempuan
wanita
yang juga berprofesi sebagai dosen merangkap dokter klinik Universitas Prof.Dr.Moestopo ini mengaku masih belajar pada karya-karya beberapa penulis terkenal seperti NH. Dini, YB Mangunwijaya, Agatha Christie, Pearl S. Buck, dan Harold Robbins.

Novel-novel karya Mira W yang mengangkat tema percintaan dan romantisme yang banyak diminati masyarakat juga pernah dibuat ke dalam versi film dan sinetron. Beberapa novelnya yang pernah difilmkan di antaranya: Di Sini Cinta Pertama Kali Bersemi, Kemilau Kemuning Senja, Permainan Bulan Desember, Dari Jendela SMP, Tak Kupersembahkan Keranda Bagimu dan Ketika Cinta Harus Memilih. Sedangkan Bukan Cinta Semusim, Cinta Pertama Kali Bersemi, Seandainya Aku Boleh Memilih, hingga Cinta, pernah disinetronkan dengan pemeran utama Desy Ratnasari dan Primus Yustisio. Novelnya, Di Sini Cinta Pertama Kali Bersemi, mencapai oplah 10.000 dan mengalami lima kali cetak ulang.

Di setiap novelnya, Mira W selalu menampilkan seorang Lihat Daftar Tokoh Perempuan
Lihat Daftar Tokoh Perempuan
perempuan
sebagai tokoh utamanya. Meski demikian, Mira mengaku tak bermaksud menyampaikan pesan tertentu bagi kaumnya.

Tema percintaan yang menjadi spesialisasi Mira memang terkesan sederhana dan ringan karena dekat dengan kehidupan sehari-hari. Meski begitu, banyak kritikus menilai karya Mira sebagai sastra pop yang tidak sembarangan. Salah satu kehebatan Mira W adalah banyak penggemar novel di Indonesia yang ternyata tertular menjadi penulis. e-ti | muli

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh sira  -  Dibuat 29 Des 2010  -  Pembaharuan terakhir 11 Jul 2012

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini
Beri Komentar

Facebook

TIKomen

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Sponsorship

Jika Anda merasa terbantu/senang dengan keberadaan situs ini, mohon dukung kami dengan membeli paket sponsorship. Semua dana yang kami terima akan digunakan untuk memperkuat kemampuan TokohIndonesia.com dalam menyajikan konten yang lebih berkualitas dan dukungan server yang lebih kuat. Dukungan Anda juga memungkinkan kami membuka konten seluas-luasnya kepada publik. Silakan beli paket sponsor dengan aman via paypal (kartu kredit). Bila Anda ingin mentransfer via bank, silakan lihat informasi rekening kami di halaman kontak.

Sponsor Bronze
Sponsor Bronze: US$50
Sponsor Silver
Sponsor Silver: US$250
Sponsor Gold
Sponsor Gold: US$500


Nama para Sponsor akan kami tempatkan di halaman khusus 'Sponsor'. Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi kami via Telp/SMS ke 0852-15333-143 atau e-mail ke sponsor@tokohindonesia.com.
lazada.co.id
 

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: