WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Pengawal Kode Etik Jurnalistik

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Pengawal Kode Etik Jurnalistik
RH Siregar | e-ti | repro

Dunia pers Indonesia kembali berduka. Salah satu putra terbaiknya, Robinson Hamonangan Siregar (76), atau yang lebih dikenal dengan RH Siregar SH, meninggal dunia, Senin 14 Januari 2008 pukul 03.30 WIB, di RS Metropolitan Medical Centre, Kuningan, Jakarta. Almarhum dirawat sejak Minggu dini hari, karena penyakit asmanya kambuh.

Dewan Redaksi Suara Pembaruan
Lihat Curriculum Vitae (CV) RH Siregar

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) RH Siregar

QR Code Halaman Biografi RH Siregar
Bio Lain
Click to view full article
Yanti Nisro
Click to view full article
Kwee Tek Hoay
Click to view full article
Muhammad Mahendradatta
Click to view full article
Jakob Sumardjo
Click to view full article
Iravati M Sudiarso
Click to view full article
Sudharmono
Click to view full article
Oscar Lawalata

Menurut salah seorang anaknya, Ny Mona Rajagukguk-Siregar, pihak keluarga membawa almarhum ke rumah sakit karena suhu badannya cukup tinggi. "Papi sempat menolak dibawa ke rumah sakit. Tetapi karena badannya panas, kami tetap membawa papi ke rumah sakit," ungkapnya.

Saat ini, jenazah disemayamkan di rumah duka, Jalan Bangka II Nomor 23, Jakarta Selatan, dan menurut rencana akan dimakamkan di TPU Kampung Kandang, Jakarta Selatan, Rabu (16/1). Sebelum dimakamkan, jenazah akan disemayamkan di Gereja HKBP Hang Lekiu, Jakarta Selatan.

Hingga akhir hayatnya, almarhum RH Siregar masih menjabat sebagai Ketua Dewan Kehormatan Persatuan Lihat Daftar Wartawan
Lihat Daftar Wartawan
wartawan
Indonesia (PWI) Pusat, dan Sekretaris Dewan Redaksi Harian Suara Pembaruan. Selain itu, pernah dipercaya menjadi Wakil Ketua Dewan Pers (2000-2006).

Mantan Ketua Dewan Pers, Atmakusumah Astraatmadja menilai, sosok RH Siregar adalah orang yang tidak pernah pensiun. "Beliau selalu bekerja dalam kondisi apapun. Ketekunan dan semangatnya, patut menjadi contoh Lihat Daftar Wartawan
Lihat Daftar Wartawan
wartawan
-Lihat Daftar Wartawan
Lihat Daftar Wartawan
wartawan
saat ini," katanya.

Atmakusumah, yang sudah belasan tahun bekerja sama dengan almarhum, tidak meragukan konsistensi RH Siregar dalam penegakan kode etik jurnalistik. "Dalam rezim apa pun, beliau selalu memiliki tekad untuk menegakkan kode etik tersebut," ujar dia.

RH Siregar, yang lahir di Pematang Siantar, Sumut, 11 Januari 1932, memulai kariernya sebagai wartawan Harian Sinar Harapan pada Oktober 1963.

Ketika Sinar Harapan dibredel dan berganti nama menjadi Suara Pembaruan, RH Siregar pernah dipercaya menjadi Wakil Pemimpin Redaksi hingga pensiun pada 1 Januari 1991. Setelah pensiun, almarhum banyak menulis opini. Selain itu, juga dipercaya memberi masukan ke Redaksi Suara Pembaruan melalui forum Dewan Redaksi.

Kurang lebih setahun terakhir, kesehatan almarhum menurun. Meski demikian, beliau tetap aktif menjalankan tugasnya, di antaranya aktif menulis apabila diminta oleh Redaksi, serta menghadiri rapat Dewan Redaksi yang diadakan setiap bulan pada Rabu pekan keempat. Pada rapat terakhir Rabu, 28 November 2007, almarhum ikut hadir, dan itu merupakan perjumpaan terakhir almarhum dengan jajaran Redaksi Suara Pembaruan.

RH Siregar dikenal tegas dan teliti dalam melaksanakan tugasnya. Tapi, dia juga lembut dan penuh perhatian. Maka tidak heran kalau para wartawan, yang pernah menjadi anak buahnya mengenangnya sebagai sosok yang patut diteladani.

Dia hampir selalu memberikan tugas peliputan kepada jajarannya secara terurai, sehingga mudah dipahami. Ia menuangkan penugasan itu dalam term of reference (ToR) secara lengkap, mulai dari masalah yang diliput, arah peliputan, batas waktu, hingga pokok-pokok pertanyaan yang harus diajukan kepada narasumber. [Suara Pembaruan, 14 Januari 2008] TI

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 14 Jan 2008  -  Pembaharuan terakhir 24 Feb 2012
Si Doel Wagub Banten Pakar Jaminan Sosial

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Majalah Tokoh Indonesia Edisi 42

Tokoh Monitor

Jual Buku Biografi Hukum Romli Atmasasmita

Buku Pilihan

thumb

Kontradiksi Radikal yang Memotori Kesuksesan di Pabrikan Terbaik Dunia.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: