WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Si Pelukis Avant Garde

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Si Pelukis Avant Garde
e-ti | rusli

Rusli, pelukis senior yang sejajar dan seangkatan dengan pelukis Affandi, Sudjojono dan Hendra Gunawan. Dia dikenal sebagai tokoh pembaharu seni lukis Indonesia. Di samping juga konsistensinya untuk mempertahankan prinsip-prinsip dalam berkesenian, yakni kesederhanaan, baik dalam lukisan maupun dirinya.

Pelukis
Lihat Curriculum Vitae (CV) Rusli

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Rusli

QR Code Halaman Biografi Rusli
Bio Lain
Click to view full article
I Gusti Ketut Pudja
Click to view full article
Yana Julio
Click to view full article
Aris Rahman & Humaira
Click to view full article
Budi Harsono
Click to view full article
Mochtar Riady
Click to view full article
Pongki Barata
Click to view full article
Lola Amaria
BERITA TERBARU

Bagi Rusli, melukis bukan sekadar sebuah profesi, melainkan lebih tepat sebagai panggilan hidup dan pengabdian. Sebagai pelukis, Rusli memunyai karakter yang khas dalam karya-karyanya. Meski lukisan-lukisannya tampak sederhana, baik dalam garis, bidang, maupun warna, selalu tampak menarik.

Lukisan-lukisannya yang selalu berlatar putih adalah pengejawantahan dari sebuah kosmos. Bisa dilihat dari sapuan warna-warna tropisnya yang terbentuk dari bermacam garis sekali jadi. Sebagai bentuk pemahaman yang sangat kental darinya pada alam dan kehidupan. Karena bahasa garis itu pula, banyak orang yang tak gampang mencerna dan memahami lukisannya. Sehingga, seorang temannya, Budayawan, Novelis, Cerpenis, Dosen
Budayawan, Novelis, Cerpenis, Dosen
Umar Kayam
, menyebut Rusli sebagai pelukis Avant Garde. Sebutan yang telah memopulerkan karya-karya Rusli.

Rusli lahir 1916 di Medan, Sumatra Utara. Ia dilahirkan dari keluarga kroni perkebunan tembakau. Ia menamatkan HIS di Medan dan melanjutkan sekolahnya di MULO Wakil Presiden Republik Indonesia (1972-1978)
Wakil Presiden Republik Indonesia (1972-1978)
Yogyakarta
. Usai menamatkan sekolah, ia melanjutkan pendidikan di Fakultas Kala Bhawana Art Department pada Santiniketan University of Rabindaranath Tagore, India. Selama lima tahun, ia menekuni bidang seni lukis murni, seni patung, dan filsafat seni Timur.

Sepulang dari India, Rusli memasuki kancah revolusi fisik merebut kemerdekaan. Tak ikut berperang secara fisik, melainkan melalui pendidikan sebagai guru Taman Siswa Wakil Presiden Republik Indonesia (1972-1978)
Wakil Presiden Republik Indonesia (1972-1978)
Yogyakarta
. Selain itu, ia juga aktif dalam aktivitas berkesenian, dengan menjabat sebagai Ketua Seniman Masyarakat dan Ketua Seniman Indonesia Muda di Wakil Presiden Republik Indonesia (1972-1978)
Wakil Presiden Republik Indonesia (1972-1978)
Yogyakarta
. Setelah kemerdekaan, Rusli menjadi kepala bagian kesenian pada pendidikan Tentara KeLihat Daftar Menteri
Lihat Daftar Menteri
Menteri
an Pertahanan Republik Indonesia. Ia juga menjadi dosen di Akademi Seni Rupa Indonesia di Yogyakarta.

Sejak 1953, Rusli telah mengikuti pameran lukisan di benua Eropa. Ia melawat ke Roma, Den Haag, dan Amsterdam. Selain itu, ia aktif mengadakan pameran tunggal di berbagai kota di Indonesia. Rusli, yang telah menekuni dunianya lebih dari enam puluh tahun ini, dinilai sangat konsisten dan punya sikap tegas dalam berkarya. Prinsip berkesenian baginya adalah bagian hidup yang selalu diperjuangkan dan berusaha agar terus maju.

Kini Rusli telah memasuki usia senja, 87 tahun. Usia yang telah membuatnya tak berdaya untuk melukis lagi, dan sudah berlangsung sejak tiga tahun silam. Terlebih karena kondisi kesehatannya mulai menurun. Namun, Rusli masih bergairah mengikuti perkembangan seni rupa di Tanah Air. Meski tanpa tepuk tangan, Rusli telah menunjukkan dirinya sebagai pelukis yang sulit dicari tandingannya. e-ti/metrotv, minggu 27/4/2003

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 08 May 2005  -  Pembaharuan terakhir 27 Feb 2012
Merangkai Keberagaman Ahli Gizi Yang Pandai Memasak

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Majalah Tokoh Indonesia Edisi 42

Tokoh Monitor

KPK Observer

Buku Pilihan

thumb

Wastafel, selain fungsinya untuk mencuci tangan, wajah, atau benda kecil lainnya, ternyata juga dapat mempercantik tampilan interior rumah jika diatur dan dipikirkan dengan baik.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: