WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia
Gambar QR sudah tersimpan sebelumnya.

Ilmuwan Politik yang Tak Tergoda Politik Praktis

Ilmuwan Politik yang Tak Tergoda Politik Praktis
Rusadi Kantaprawira | TI | Rpr

Di kalangan mahasiswanya, Dosen Unpad yang jadi anggota KPU (Komisi Pemilihan Umum), ini digelari sebagai ilmuwan politik yang tak tergoda politik praktis. Sebagai ilmuwan, ia juga tak tergiur dengan kepentingan- kepentingan sesaat suatu kelompok kepentingan, termasuk partai politik. Ia ilmuwan yang independen dan nonpartisan.

Anggota KPU
Lihat Curriculum Vitae (CV) Rusadi Kantaprawira

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Rusadi Kantaprawira

Ada satu hal yang tak bisa disembunyikan Dr. Rusadi Kantaprawira tatkala berbicara. Dikenal sebagai figur yang halus, santun dan teratur tatkala berbicara, serta menguasai beberapa bahasa, Rusadi rupanya tak bisa menyembunyikan aksen Sundanya.

Lahir di Bandung 59 tahun lalu, Rusadi pada mulanya mendalami bidang hukum. Alumni Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat, Universitas Padjadjaran ini, pernah mengikuti Post Graduate di Rijksuniversiteit di Leiden Belanda tahun 1989/1990. Dua tahun sepu­lang dari Belanda, ia meraih gelar doktor ilmu politik di Unpad.

Disertasi penulis buku teks 'Sistem Politik Indonesia' ini memang soal pemilu. Disertasi berjudul 'Pengaruh Pemilihan Umum terhadap Perilaku Politik Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia:Dimensi Budaya Politik dan Budaya Hukum' diraih dengan predikat cum laude.

Sebagai salah satu ahli yang mendalami pemilu, ia direkrut sebagai tim pakar RUU Pemerintahan Daerah, Departemen Kehakiman serta menjadi anggota tim revisi paket Undang Undang Politik yang dibentuk Departemen Dalam Negeri. Pengalaman, kemampuan dan integritasnya sebagai ilmuwan telah melempangkan jalan untuk melewati mekanisme uji kelayakan sebagai anggota KPU.

Rusadi yang juga Kepala Pusat Studi dan Pengkajian Masalah Asia, Afrika, ASEAN dan Negara-negara Berkembang Unpad ini, rupanya demikian larut dengan dunia keilmuan. Koleganya mengingatkan agar ia menyiapkan persyaratan administratif sebagai guru besar, karena Rusadi dinilai tak menyentuh soal itu. Sebagai dosen senior, pangkat PNS Rusadi ternyata tak sesuai dengan senioritasnya.

Saat meninjau museum KPU, ia tertarik pada deretan buku-buku berbahasa Belanda, yang seolah tak pernah disentuh. "Tolong buku ini dipelihara dengan baik," kata Rusadi pada petugas museum. Konon di lingkungan KPU sulit menemukan figur yang mampu berbahasa Belanda dengan baik. Keberadaan Rusadi, sekaligus, juga mengisi kekurangan ahli yang bisa berbahasa Belanda. TI, KPU

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 04 Feb 2003  -  Pembaharuan terakhir 28 Feb 2012

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Tito Karnavian

Tokoh Monitor

Jual Buku Sutiyoso Sang Pemimpin

Buku Pilihan

thumb

Buku ini membahas 56 efek plug-in populer yang paling sering dipakai. Mudah diikuti sehingga Anda akan membuat ratusan efek memukau dalam waktu singkat.

Bonus: CD

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: