WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia
Gambar QR sudah tersimpan sebelumnya.

Penemu Plastik Ramah Lingkungan

Penemu Plastik Ramah Lingkungan
Wiwik S Subowo | TOKI | rpr

Peneliti polimer dari Pusat Penelitian Fisika Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), ini memperoleh gelar profesor riset, atas ketekunannya meneliti dan menghasilkan temuan plastik ramah lingkungan karena bisa terurai—dengan bahan campuran pati jagung terlapisi dan polietilen, yaitu polimer sintetis berbasis petroleum.

Peneliti Polimer dari Pusat Penelitian Fisika LIPI
Lihat Curriculum Vitae (CV) Wiwik S Subowo

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Wiwik S Subowo

Prof Dr Wiwik Sringatin Subowo (64), dikukuhkan sebagai guru besar riset dalam sidang yang dipimpin Ketua LIPI Prof Dr Umar A Jenie dan Wakil Ketua LIPI Prof Dr Lukman Hakim, Kamis (23/3/2006).

Temuan ini penting mengingat plastik yang kita gunakan sehari-hari umumnya tidak mudah terurai dan penggunaannya kian meluas karena aspek manfaatnya yang besar. Namun, karena sifatnya yang tidak terdegradasi (tidak terurai), plastik menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan. Limbah plastik jadi masalah besar di kota-kota besar. Hanya sebagian kecil limbahnya dapat didaur ulang, sisanya jadi pencemar lingkungan.

Dr Wiwik melakukan penelitian sejak menjadi mahasiswa S-3 Institut Teknologi Bandung bidang Fisika Material atau Polimer (1980), tentang "Pertumbuhan Indeks Karbonil pada Proses Degradasi Polipropilen oleh Iradiasi Sinar Ultraviolet". Hal itu membawa Wiwik meraih gelar doktor (1986) berpredikat sangat memuaskan.

Temuan plastik baru ini dapat terurai hingga 25 persen dalam waktu setahun karena menggunakan bahan organik dan memiliki pori lebih lebar. Wiwik juga menemukan bahan pengganti serat kaca (glass wool) dan sterofoam, berupa material teknis densitas rendah berbahan baku serat kapok. Ini adalah peredam suara dan lapisan peredam benturan pada helm.

Wiwik mendapat paten formula plastik ramah lingkungan Poliblen Pesicorn (Poly Ethyl Silicon Oil Corn) itu tahun 2003. Sejak bekerja di LIPI (1972) Wiwik terlibat dalam kerja sama penelitian ASEAN-Jepang sebagai koordinator proyek.

Ia bekerja sama dengan National Institute of Materials and Chemical Research Tsukuba Jepang. TI, Kompas, 25 Maret 2006

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 25 Mar 2006  -  Pembaharuan terakhir 25 Feb 2012

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Tito Karnavian

Tokoh Monitor

Jual Buku Sutiyoso Sang Pemimpin

Buku Pilihan

thumb

Buku contekan superkomplit yang membahas detail-detail sastra. Mencakup pembahasan sejarah sastra, prosa, puisi, drama, majas, peribahasa, kamus, roman sastra, dan profil sastrawan.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: