WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Wartawan Olahraga

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Wartawan Olahraga
e-ti | dok-kompas

Mantan Redaktur Desk Olahraga Kompas Valens Gowa Doy, yang berhasil membuat berita olahraga Kompas dipandang tinggi oleh masyarakat, khususnya masyarakat olahraga Indonesia, itu meninggal dunia dalam usia 61 tahun di Rumah Sakit Sanglah, Denpasar, Bali, Selasa 3 Mei pukul 22.15, karena sakit jantung.

Wartawan Olahraga
Lihat Curriculum Vitae (CV) Valens Gowa Doy

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Valens Gowa Doy

QR Code Halaman Biografi Valens Gowa Doy
Bio Lain
Click to view full article
Nyonya Meneer
Click to view full article
Agus Suhartono
Click to view full article
Yusril Yusuf
Click to view full article
Titi Qadarsih
Click to view full article
Sabar Subadri
Click to view full article
Sinta Darmariani
Click to view full article
Zulkaidah boru Harahap

Mengikuti perkembangan kondisinya di RS Sanglah yang semakin lama semakin memburuk, rasanya sulit untuk percaya bahwa Valens akan kalah secepat itu, mengingat dia dikenal sebagai orang yang berkepribadian kuat dan pantang menyerah. Semangatnya seperti tidak pernah padam.

Valens meninggalkan seorang istri, Elsa Doy, dan dua anak, Maria Magdalena Elva Doy dan Alexander Valsa Doy. Valens dilahirkan di Boawai, Kabupaten Flores, Nusa Tenggara Timur.

Ia terjun ke dunia jurnalistik sejak muda dan tahun 1973-1992 ia bekerja di harian Kompas. Setelah pensiun dari Kompas Valens masih sempat aktif sebagai Lihat Daftar Wartawan
Lihat Daftar Wartawan
wartawan
Pos Kupang dan menjadi pemimpin redaksi Suara Timor Timur di Dili. Terakhir ia dipercaya menjadi konsultan di sebuah media massa di Jakarta.

Menurut rencana, jenazah almarhum akan dikremasi di Denpasar hari Kamis atau Jumat. "Ini sesuai dengan keinginan almarhum sebelum meninggal," ujar salah seorang kerabat dekat almarhum.

Doy dikenal sebagai orang yang memiliki pribadi yang unik. Di mata rekan-rekannya Valens dikenal sebagai pekerja keras dalam arti yang sebenar-benarnya. Ia selalu bekerja secara total sehingga sering kali ia menginap di kantor jika sedang meliput peristiwa-peristiwa besar. Urusan keluarga dan urusan rumah tangga menjadi prioritas yang kesekian, apalagi kepentingan dirinya. Ia tetap memaksakan diri untuk bekerja walaupun dalam keadaan sakit. Valens sering harus dipaksa pulang oleh pimpinan karena tetap bekerja saat sedang sakit.

Menjadi anak buahnya sungguh tidak mudah. Irama kerjanya sangat sulit diikuti. Tidak jarang Valens mengadakan rapat perencanaan untuk kegiatan esok hari pada pukul 02.00.

Penampilannya sederhana. Namun, jika sudah berbicara, orang akan dengan mudah menangkap bahwa kepribadiannya sangat hangat.

Valens juga sangat temperamental. Ia mudah marah, tetapi juga cepat melupakannya jika orang yang melakukan kesalahan kepadanya meminta maaf. Ia pun mudah meminta maaf jika menyadari bahwa dirinya melakukan kesalahan.

Sebagai atasan, ia menuntut semua anak buahnya bekerja sekeras dirinya. Dan sebagai balasan, ia berusaha untuk memerhatikan seluruh kepentingan anak buahnya. Salah seorang anak buahnya sempat terharu ketika seusai mengirim berita pertandingan olahraga dari luar kota dengan teleks, tiba-tiba ada teleks balasan yang isinya ucapan selamat ulang tahun dari Valens.

Itulah Valens. Ia selalu mempunyai cara sendiri dalam menunjukkan perhatiannya. Meskipun caranya itu tidak selalu dipahami oleh orang-orang yang berhubungan dengannya.

Sebagai seorang Lihat Daftar Wartawan
Lihat Daftar Wartawan
wartawan
, Valens sangat istimewa. Laporan dan tulisannya selalu menarik dibaca. Lewat laporannya ia tidak hanya menuliskan hasil dan jalannya pertandingan saja, ia juga mencoba merangkum suasana pertandingan serta emosi pemain dan penonton ke dalam laporannya. Dengan demikian, orang yang membaca laporan atau tulisannya serasa "ditarik" ke pertandingan yang dilaporkan atau dituliskannya.

Ia selalu memperoleh Adinegoro, penghargaan tertinggi di bidang jurnalistik, jika ia mengikutsertakan laporan atau tulisannya dalam lomba penulisan untuk Lihat Daftar Wartawan
Lihat Daftar Wartawan
wartawan
.

Kini Valens tidak ada lagi di antara kita. Kita hanya bisa berharap akan lahir wartawan-wartawan yang memiliki kemampuan menulis seistimewa Valens. "Selamat jalan rekan. ti/kompas 4/5/2005

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 04 May 2005  -  Pembaharuan terakhir 27 Feb 2012
Memasak Dengan Cinta Tangguh Menghadapi Penjara Dan Pembuangan

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Majalah Tokoh Indonesia Edisi 43

Tokoh Monitor

Buku Pilihan

thumb

Komik strip yang bekisah tentang seorang pemuda yang bernama Lotif.

Catatan Tuhor.com: Lotif muncul perdana di Koran Tempo Minggu pada 15 Mei 2005. Buku legendaris ini layak dimiliki oleh siapa saja terutama pencinta komik strip karena isinya menyentil isu-isu sosial dan politik dengan ringan, cerdas dan jenaka.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: