WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Doktor Pencucian Uang Pertama

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Doktor Pencucian Uang Pertama
Yenti Garnasih © TokohIndonesia.com - crs

Dr. Yenti Garnasih, SH, MH, lahir di  Sukabumi, 11 Januari 1959. Dosen hukum pidana bidang ekonomi dan tindak pidana khusus Fakultas Hukum Trisakti ini menjadi doktor pertama Indonesia dalam bidang pencucian uang. Gelar doktor itu diraihnya di Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI) tahun 2003 setelah melakukan studi pustaka di Washington University dengan sedikitnya 500 dokumen.

Dosen Hukum Pidana Universitas Trisakti
Lihat Curriculum Vitae (CV) Yenti Garnasih

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Yenti Garnasih

QR Code Halaman Biografi Yenti Garnasih
Bio Lain
Click to view full article
Dewiq
Click to view full article
Abdurrahman Wahid
Click to view full article
Kasim Ghozali
Click to view full article
Setia Simangunsong
Click to view full article
Tya Setiawati
Click to view full article
Erwin Sudjono
Click to view full article
Hoegeng
BERITA TERBARU

Yenti tertarik dengan masalah pencucian uang (money laundering) sejak tahun 1992. Pengetahuannya mengenai masalah pencucian uang itu diperdalam dengan mencermati secara intens sewaktu mengambil kuliah doktoral di Universitas Indonesia. Ketertarikannya atas masalah pencucian uang, semakin tinggi tatkala dirinya sebagai seorang Lihat Daftar Tokoh Perempuan
Lihat Daftar Tokoh Perempuan
wanita
dari negara yang belum memiliki undang-undang antipencucian, datang ke AS seorang diri untuk belajar masalah pencucian uang. Mengejar ilmu tentang kejahatan, membaca seluk-beluk penjahat, dan putusan-putusan pengadilan.

Setelah menyelesaikan kuliah teori di UI, tahun 2001 Yenti berangkat ke AS untuk mencari data mengenai praktik pencucian uang di negara tersebut. Dia pun melakukan studi pustaka di Washington University. Sedikitnya 500 literatur dia baca untuk dijadikan bahan menyelesaikan studi S3 di Universitas Indonesia. Yenti memilih melakukan kajian literatur di negara Paman Sam itu, selain karena kajian atau tulisan mengenai tindak pidana pencucian uang di Indonesia masih sangat terbatas, juga karena negara itu yang pertama kali di dunia yang memiliki undang-undang antipencucian uang.

Pada waktu Yenti ke AS kebetulan akhir musim dingin. Dalam kondisi itu, dia setiap hari dari jam 09.00 sampai jam 23.00 dengan tekundan ulet meneliti jurnal-jurnal dan putusan pengadilan tentang money laundering. Selain melakukan kajian tentang praktik pencucian uang di AS, Yenti juga mencari tahu apa penyebab kegagalan negara adidaya itu dalam menerapkan hukuman terhadap pelaku kejahatan pencucian uang. Berbagai literatur dan putusan pengadilan dibaca dan dikumpulkannya, ada sekitar 600 jurnal dan 200 kasus persidangan tentang pencucian uang. Agar semua dokumen itu bisa dibawanya pulang ke Tanah Air, maka semua pakaiannya ditinggal di AS.

Kebiasaan selama berbulan-bulan menekuni bahan tulisan mengenai pencucian uang tersebut terbawa hingga setelah dia pulang ke Tanah Air. Dia terus memburu artikel mengenai kejahatan pencucian uang. Lalu, pengetahuannya mengenai pencucian uang itu pun dibagikan ke publik dengan menulis artikel di media massa. Bahkan, Yenti pun meluncurkan bukunya berjudul Kriminalisasi Pencucian Uang setebal 400 halaman. Buku itu diangkat dari disertasi doktor yang dipertahankannya di depan dewan penguji, dengan promotor Prof Erman Radjagukguk. Istri Brigjen TNI Bambang Prasetyo dan ibu dua anak, Ratna dan Jedi, ini pun mendorong pemerintah untuk membuat undang-undang pencucian uang.

Sebenarnya, saat masih kecil hingga remaja, Yenti tidak bercita-cita menjadi dosen dan doktor bidang pencucian uang. Bahkan, semasa SMA, dia ingin menjadi Lihat Daftar Penyanyi
Lihat Daftar Penyanyi
penyanyi
dan penari. Maklum, Yenti yang menikmati masa remaja di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, hidup dengan tata krama Jawa. Ayahnya yang mantan bupati Purworejo dan ibu seorang guru, mengasuhnya dengan tata krama jawa untuk luwes bergaul dan akrab dengan kesenian Jawa.

Selepas menyelesaikan SMA, Yenti melanjut ke Fakultas Hukum Universitas Pakuan, hingga memperoleh gelar Sarjana Hukum (S1). Kemudian dia menyelesaikan S2 dan S3 di Universitas Indonesia dengan beasiswa dari Universitas Trisakti. Dia dosen tetap pada Fakultas Hukum Universitas Trisakti, Jakarta. Mata kuliah yang diasuhnya adalah ilmu hukum tindak pidana di bidang ekonomi dan tindak pidana khusus. Dia juga aktif di Pusat Studi Hukum Pidana (PSHP) Universitas Trisakti dan Study Center for Nationality, Human Rights and Democracy Universitas Trisakti. Bio TokohIndonesia.com | crs

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 30 Oct 2003  -  Pembaharuan terakhir 28 Feb 2012
Si Abang Advokat Lokomotif Demokrasi Benahi Uki Luar Dalam

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Majalah Tokoh Indonesia Edisi 42

Tokoh Monitor

Jual Buku Sutiyoso Sang Pemimpin

Buku Pilihan

thumb

Kamus ini memuat lebih dari 2000 entri yang berhubungan erat dengan dunia televisi dan film.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: