WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Wartawan Senior Tempo

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Wartawan Senior Tempo
Yusril Djalinus | e-ti

Yusril Djalinus, akrab dipanggil YD, redaktur senior dan salah satu pendiri majalah Tempo, meninggal akibat stroke Senin, 2 Februari 2009. Jenazah pria kelahiran Jakarta, 12 Agustus 1944, itu dimakamkan di Pemakaman Pasar Senen, Purwakarta, Jawa Barat. Yusril meninggalkan seorang istri, tiga anak, dan empat cucu.

Wartawan dan salah satu pendiri majalah Tempo
Lihat Curriculum Vitae (CV) Yusril Djalinus

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Yusril Djalinus

QR Code Halaman Biografi Yusril Djalinus
Bio Lain
Click to view full article
Mochtar Riady
Click to view full article
Agus Suhartono
Click to view full article
Sindudarsono Sudjojono
Click to view full article
Sutomo
Click to view full article
Bung Hatta
Click to view full article
Anton Apriyantono
Click to view full article
Abdurrahman Wahid

Ratusan pelayat mengiringi kepergiannya dari rumah duka di Jalan Koresponden V Nomor 359, Kompleks PWI, Cipinang Muara, Jakarta Timur.

Menurut Reno Yusril, anak ketiga Yusril, serangan stroke yang dialami ayahnya terjadi pada Kamis lalu. Saat itu, seusai berolahraga di treadmill, Yusril masuk kamar mandi dan lama tidak keluar. "Kami pun curiga," kata Reno. Saat kamar mandi dibuka, ia melanjutkan, "Terlihat Bapak terduduk sambil mengorok."

Sebelum stroke menyerang, menurut Reno, tekanan darah Yusril melonjak lebih dari 120 mmhg. "Mungkin itu penyebabnya," kata Reno. Untuk mengatasi gangguan itu, Yusril sempat dirawat di Rumah Sakit Mitra Internasional, Jatinegara, Jakarta Timur. Namun, nyawanya tak tertolong.

Goenawan Mohamad, akrab dipanggil GM, yang bersama-sama Yusril dan kawan-kawan mendirikan majalah Tempo pada 1971, sangat kehilangan atas kepergian sahabatnya itu. Dalam pidato melepas keberangkatan jenazah Yusril, Goenawan mengaku pernah berharap agar dia meninggalkan Yusril lebih dulu. "Tapi ternyata almarhum meninggalkan kita lebih dulu," ujarnya, seraya menahan tangis.

Yusril Djalinus bergabung dengan Tempo pada tahun 1971 sebagai reporter olah raga dan pendidikan. Hingga akhir usianya, almarhum masih aktif di Tempo sebagai komisaris.

Menurut Pemimpin Redaksi Majalah Tempo Toriq Hadad, almarhum memegang peran penting di Tempo saat menjadi Kordinator Reportase. "Kala itu beliau turun langsung mengumpulkan bahan liputan dari koresponden di seluruh Indonesia," ujarnya.

Pada 1976, Yusril menjadi koordinator reportase, suatu tugas yang sama sekali baru di Tempo. Bahkan pada saat itu tak ada modelnya di mana pun. Selanjutnya, pada awal 1983, Yusril menjadi redaktur pelaksana.

Dalam buku Wars Within karya Janet Steele, Goenawan Mohamad menyebut Yusril merupakan arsitek sistem organisasi di Tempo. Ia juga merancang sistem koordinator reportase, unit khusus peliputan berita Tempo. Dari pikiran dan tangan dialah kemudian lahir Pusat Data & Analisa Tempo serta Tempo Interaktif--Tempo edisi online yang ramai diakses di akhir masa Presiden Republik Indonesia Kedua (1966-1988)
Presiden Republik Indonesia Kedua (1966-1988)
Soeharto
-- yang menjadi pionir berita Internet di Indonesia.

Setelah Tempo terbit kembali pada 1998, Yusril menjabat Lihat Daftar Direktur
Lihat Daftar Direktur
Direktur
pemasaran. Begitu bersemangatnya, dia selalu memompakan semangat kepada tim iklan. Sampai-sampai Yusril mendapat julukan "Kick YD"--meminjam istilah sebuah acara di televisi. Dalam rapat terakhir pemasaran, beberapa waktu lalu, ia mengirim sebuah pesan pendek, "Saya berterima kasih kepada Anda semua. Saya tidak lagi ikut rapat mulai sekarang. I love you all. TI, Koran Tempo, 3 Februari 2009 dan Tempointeraktif.com

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 03 Feb 2009  -  Pembaharuan terakhir 24 Feb 2012
Dicemooh Kala Nyatakan Ada Teroris Komandan Korpaskhas Tni Au

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Jusuf Kalla

Tokoh Monitor

Buku Pilihan

thumb

PAKET EKSPEDISI KOMPAS (Laporan Jurnalistik): Bengawan Solo, Anjer-Panaroekan, Ciliwung, Tanah Papua

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: