WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Buku Adalah Kekayaannya

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Buku Adalah Kekayaannya
Mudji Sutrisno | TICOM IMAGES | Hotsan

Andaikata Anda bertanya berapa kekayaan Dr. FX Mudji Sutrisno, sebuah jawaban praktis akan Anda terima. Romo Mudji atau mas Mudji, akan menyodorkan sebuah buku, bukan buku daftar kekayaan, melainkan buku yang berisi catatan judul buku yang dimilikinya. "Inilah kekayaan saya," papar dosen STF Driyarkara, Jakarta ini. Sebagai penggembala umat, praktis sebagian terbesar penghasilannya diserahkan ke gereja.

Dosen, Penulis
Lihat Curriculum Vitae (CV) Mudji Sutrisno

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Mudji Sutrisno

QR Code Halaman Biografi Mudji Sutrisno
Bio Lain
Click to view full article
Suryadharma Ali
Click to view full article
Probosutedjo
Click to view full article
Bernard Kent Sondakh
Click to view full article
Tika Bisono
Click to view full article
Rudolf Tendean
Click to view full article
Theresia Esi Samkakai
Click to view full article
DI Panjaitan

Ia terpilih menjadi salah seorang anggota Komisi Pemilihan Umum. Namun, karena tidak bisa merangkap tugas sebagai dosen, ia bersama Imam Budidarmawan Prasodjo, memilih mundur dari keanggotaan KPU untuk bisa lebih berkonsentrasi mengajar dan pelayanan sosial lainnya.

Lahir di Solo, 12 Agustus 1954, ia dikenal sebagai figur berpenampilan sederhana. Gemar mengenakan sandal atau sepatu sandal, jarang ditemui mengenakan sepatu. Andaikata mengenakan pakaian resmi, Romo Mudji juga sulit ditemukan mengenakan dasi. Bahkan saat dilantik menjadi anggota KPU, sekalipun mengenakan jas, Romo Mudji tak mengenakan dasi.

Walau berpenampilan sederhana, Doktor Filsafat dari Universitas Gregoriana, Roma ini ilmuwan yang kritis, serta budayawan yang amat peduli dengan persoalan persoalan kebangsaan. la juga dikenal sebagai ilmuwan yang memiliki kemampuan menterjemahkan konsep konsep yang sulit dicerna masyarakat awam, menjadi sebuah bahasa tutur yang gampang dicerna. Dalam berbicara, banyak digunakan ilustrasi atau analogi untuk memudahkan seseorang memahami apa yang disampaikan.

KPU, bagi penulis belasan buku ini, sebenarnya bukan hal yang baru. Pada Pemilu 1999, Romo Mudji menjadi anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum. Keberadaan sebagai anggota Panwas Pemilu, secara tidak langsung telah membuka akses dengan KPU sebagai penyelenggara Pemilu 1999. Persentuhan itu, tak urung, memberinya banyak masukan mengenai isi perut KPU.

Pemahaman mengenai pelaksanaan pemilu, komitmen untuk menegakkan dan mengembangkan demokrasi, serta ketegasan dalam menarik batas independensi diakui kalangan DPR. Romo Mudjipun lolos saat uji kelayakan calon anggota KPU. la berada di urutan 9 dari 22 calon yang lolos seleksi dengan mengantongi nilai 25.

Setelah sempat aktif bekerja beberapa bulan sebagai anggota KPU, akhirnya ia terpaksa mengundurkan diri karena tidak bisa rangkap tugas sebagai dosen. Ia memilih lebih baik sebagai dosen saja daripada menjadi anggota KPU. e-ti, KPU

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 04 Feb 2003  -  Pembaharuan terakhir 20 Jun 2012
Pengabdian Anggota Bpk Pewawancara Tokoh Kaliber Dunia

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Majalah Tokoh Indonesia Edisi 42

Tokoh Monitor

Buku Pilihan

thumb

Kontradiksi Radikal yang Memotori Kesuksesan di Pabrikan Terbaik Dunia.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: