WELCOME: Selamat datang di situs gudang pengalaman. Database Tokoh Indonesia terlengkap yang tengah dikembangkan menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia online.

KIRIM BIOGRAFI: Sudahkah Anda punya "Rumah Biografi" di Plasa Web Tokoh Indonesia? Silakan Kirim Biografi dan CV Anda ke redaksi@tokohindonesia.com

PERTANYAAN: Bila Anda punya pertanyaan untuk TokohIndonesia.com, silakan hubungi kami dengan menggunakan FORM KONTAK yang disediakan.

LOGIN: Anda harus login agar bisa mengakses semua konten dan fitur di TokohIndonesia.com. Bila login bermasalah, silakan Refresh (Ctrl + F5) browser Anda.

TELL THE WORLD: Don't forget to Bookmark/Share TokohIndonesia.com

Berita Pilihan TokohIndonesia.com memilihkan (menyaring) berita-berita terbaik dan relevan dari beberapa portal berita di Indonesia. Berita di-update setiap jam.
Facebook TokohIndonesia.com Twitter TokohIndonesia.com YouTube TokohIndonesia.com Google Plus TokohIndonesia.com Berita Tokoh - Aplikasi Android Tokoh Indonesia

Guru Jadi Senator

  • zoom in
  • zoom out
  • font color
  • bold

Guru Jadi Senator
e-ti | mi

Prof Dr H Mohamad Surya, Anggota DPD 2004-2009 asal Jawa Barat. Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) periode 1998-2003 dan 2003-2008, ini lahir di Kuningan, 8 September 1941. Dosen IKIP Bandung (1966-2004) ini mengawali karir sebagai Guru SR (SD) di Kuningan (1958-1962). Kemudian menjadi Guru SPGb/SMA di Bandung (1966-1973).

Anggota DPD 2004-2009
Lihat Curriculum Vitae (CV) Mohamad Surya

Silakan Login untuk melihat CV Lengkap

Tutup Curriculum Vitae (CV) Mohamad Surya

QR Code Halaman Biografi Mohamad Surya
Bio Lain
Click to view full article
Rara
Click to view full article
Bibit Samad Rianto
Click to view full article
Raden Dewi Sartika
Click to view full article
Mathias Muchus
Click to view full article
Martiono Hadianto
Click to view full article
Feisal Tanjung
Click to view full article
Pance Pondaag

Alumni S1 IKIP Bandung (1965) ini telah menjadi - Anggota dan Pengurus PGRI sejak 1958-2004. Semasa mahasiswa dia aktif sebagai Anggota HMI (1963-1968). Isterinya Dra Hj Siti Suminah Surya M.Pd juga seorang pendidik. Mereka dikaruniai lima orang anak.

Mohamad Surya kembali terpilih sebagai Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Kongres XIX PGRI, yang berakhir hari Sabtu (12/7/2003) malam, di Semarang, Jawa Tengah, juga memilih Kusrin Wardoyo sebagai Sekretaris Jenderal PGRI. Mohamad Surya sebelumnya adalah Ketua Umum PB PGRI periode 1998-2003. Sedangkan Kusrin adalah salah satu ketua dalam PB PGRI 1998-2003.

Kongres, yang berlangsung mulai tanggal 8 Juli 2003 hingga tanggal 12 Juli 2003 di Hotel Patra Jasa Semarang, tersebut memilih 20-an orang untuk duduk dalam PB PGRI periode 2003-2008. Ketua dalam PB PGRI, antara lain WDF Rindo Rindo, Rusli Yunus, Ana Suhaina dan Alwi Nurdin.

Kongres XIX PGRI diikuti sekitar 1.400 peserta dari seluruh provinsi di Indonesia. Berbeda dengan kongres PGRI sebelumnya, kongres kali ini dirasakan lebih dinamis. Sidang pengesahan tata tertib persidangan pada tanggal 9 Juli 2003 misalnya, berlangsung lebih lama daripada yang dijadwalkan, karena banyaknya interupsi maupun usulan dari peserta.

"Sekarang, sudah tidak ada lagi peserta kongres yang duduk terkantuk-kantuk di kursi selama sidang berlangsung. Semua begitu antusias mendengarkan dan melihat siapa pun yang tengah berbicara," kata Sudharto, Ketua Panitia Kongres XIX PGRI, saat menyampaikan pidato penutupan kongres. Dalam kepengurusan, Sudharto menjabat sebagai Ketua PGRI Jateng.

Paling lambat tahun 2005
Kusrin saat menyampaikan pernyataan sikap Kongres PGRI mengatakan, sesuai Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, PGRI mendesak pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk menyediakan sarana dan dana pendidikan sekurang-kurangnya 20 persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), di luar gaji tenaga pendidikan dan pendidikan kedinasan, paling lambat tahun 2005.

PGRI juga mendesak pemerintah untuk menindaklanjuti Undang-Undang (UU) tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) dengan memberikan jaminan konstitusional bagi terselenggaranya pendidikan nasional dalam bentuk antara lain peningkatan akses bagi masyarakat untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi dengan biaya yang relatif murah.

Nasib guru yang bekerja di daerah konflik juga menjadi perhatian. Karena itu, PGRI meminta pemerintah pusat dan daerah, serta aparat keamanan untuk memberikan jaminan keamanan kepada guru dalam menjalankan tugasnya, terutama yang bertugas di daerah konflik dan di daerah terpencil.

Kepada para guru, PGRI mengimbau agar mereka menggunakan hak politiknya dalam pemilu mendatang. "Yaitu dengan menentukan pilihan terhadap wakil rakyat dan calon presiden/wakil presiden," ujar Kusrin.

Wakil rakyat dan presiden/wakil Lihat Daftar Presiden Republik Indonesia
Lihat Daftar Presiden Republik Indonesia
Presiden RI
yang dipilih harus memiliki kualifikasi antara lain mempunyai kualitas kepemimpinan yang utuh dan memiliki visi yang jelas dalam menempatkan pembangunan sumber daya manusia pada umumnya serta pendidikan pada khususnya sebagai prioritas program, dengan guru sebagai titik sentralnya. TI

© ENSIKONESIA - ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA
Ditayangkan oleh redaksi  -  Dibuat 08 Apr 2005  -  Pembaharuan terakhir 27 Feb 2012
Aktris Pilihan Sutradara Ternama Sang Pendekar Garuda Indonesia

Baru Dikunjungi

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Favorit Saya

Anda harus login untuk menggunakan fitur ini

Update Data & Sponsorship

Dukungan Anda, Semangat Kami

(1) Promosikan website ini kepada publik. (2) Gunakan fitur Sindikasi TokohIndonesia.com. (3) Pasang Iklan di TokohIndonesia.com (4) Dukungan Dana sebagai sponsor (5) Memberitahu redaksi bila ada data/informasi yang salah/kurang akurat. (6) Beri pendapat Anda di kolom komentar. (7) Dukungan Data berupa biografi singkat, foto close up terbaru minimal 1 lembar ukuran 3R/4R dan riwayat hidup/CV terbaru. Kami juga akan dengan senang hati menyebut nama Anda sebagai kontributor.

Update Konten/Saran

Bila Anda (Sang Tokoh) atau Kerabat/Rekan dari Tokoh ingin:

  • Menambah (Daftar) Tokoh
  • Memperbaharui CV atau Biografi
  • Menambah Publikasi (Wawancara, Opini, Makalah, Buku)
  • Menambah RSS Feed situs pribadi/Twitter
  • Menambah Galeri Foto
  • Menambah Video
  • Menjadi Member
  • Memasang Banner/Iklan
  • Memberi Dukungan Dana
  • Memberi Saran

Contoh Penggunaan

Anda bisa melihat halaman ini untuk mendapatkan gambaran, hal apa saja yang bisa ditambah:

Rumah Presiden SBY

Rumah Presiden Soekarno

Rumah Megawati Soekarnoputri

Silakan menghubungi kami di:

  • Telp/SMS: 021-32195353, 0852-15333-143
  • Email:
  • Atau gunakan FORM KONTAK ini

Anda tidak memiliki hak akses yang cukup untuk memberi komentar

 
Majalah Tokoh Indonesia Edisi 42

Tokoh Monitor

Jual Buku Biografi Hukum Romli Atmasasmita

Buku Pilihan

thumb

Cara santai memahami SPT Tahunan Pajak Penghasilan Orang Pribadi. Buku ini memberikan panduan praktis pajak dan mudah. paling mudah. dapat dipahami awam (bahkan pelajar dan mahasiswa). dan bentuknya KOMIK.

Note: Berhubung stok lama, bagian pinggir buku menguning.

KPK Observer

Like and Support Us

Subscribe Today!

Dapatkan berita dan penawaran terbaru seputar Tokoh Indonesia langsung di e-mail Anda. E-mail akan dikirim sekali sebulan sehingga tidak akan menjejali inbox Anda. Kami juga tidak akan membagi e-mail Anda kepada siapapun.
Terima kasih sudah mendaftar!
Domain for sale: